Pilkada Serentak, Haji Tetap Dilaksanakan, Fitur Baru Apple, Badak Putih Selatan dan Teknologi

74

Hello, Wednesday!

Now as offices are reopening, good luck on resuming back to your “new normal” life. Now you can read us in your commute to the office again. You can ask “udah baca Catch Me Up! belum hari ini?” to your coworkers during a coffee break again. You can avoid that awkward silence by talking about pilkada serentak while waiting for the meeting to start again.

Oh how we love waking up with you this morning. Happy reading <3


For when “The Politician” is your favorite show on Netflix…

Gambar: imdb.com

Tossss.
Now please welcome, the biggest drama in politician’s life: Election aka pemilu.

HAH kenapa drama?
Well, you can’t be a politician if you are not running for election, can you? Nah, speaking of elections, Indonesia jadi nih, menggelar Pilkada Serentak pada 9 Desember nanti.

Remind me again what it is..
Pilkada, stands for Pemilihan Kepala Daerah, adalah momentum ketika kamu nyoblos pemimpin di daerah kamu, baik wali kota, bupati, maupun gubernur untuk masa lima tahun ke depan. Serentak yhaa dilakukan bersamaan yaitu di 270 provinsi/kabupaten/kota di seluruh Indonesia dalam satu hari. So it’s actually pretty much a huge thing…

What? Tapikan ada coviiiid…
Iya itulah makanya kemarin, panitia pemilu aka Komisi Pemilihan Umum aka KPU baru saja menerbitkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang bakal berlaku di daerah-daerah yang bakal menggelar Pilkada nantinya.

OK, kayak gimana sih protokolnya?
Before we get there, a little background dulu, tadinya Pilkada Serentak 2020 ini bakal digelar pada 23 September mendatang, tapi ya karena si Rona, akhirnya ditunda sampe Desember. Terkait hal ini, tentu jadwalnya juga jadi ngaret juga. Salah satu tahapan yang jadwalnya jadi mundur adalah masa kampanye yang bakal berlangsung sejak 26 September sampe 5 Desember mendatang.

Terus kalo pas Hari-H nyoblosnya?
Yha ada protokol baru juga. Kata Ketua KPU Mas Arief Budiman, kalo untuk proses nyblosnya sih sama aja, cuma dalam pelaksanaannya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, kayak wajib pake masker pas ke TPS, cuci tangan, pengukuran suhu tubuh, sampe dikasih sarung tangan sekali pake buat megang kertas suara atau alat coblos.

Terus pas celup tintanya juga bisa sambil pake sarung tangan dong, heeee
Gabisa. Jari kamu teteup harus ditandain kalo udah nyoblos, caranya dengan kalo sebelumnya kamu mencelupkan jari ke botol tinta, nanti mah tintanya yang ditetes pake sedotan ke jari kamu.

OK. Now Catch Me Up! on Pilkada Serentak 2020…
Jadi dari total 270 daerah, rinciannya adalah 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota yang bakal menggelar Pilkada tahun ini. Kamu juga bisa ngecek apakah daerahmu menggelar Pilkada di sini (or simply by checking if you’re starting to see the unfamiliar faces in every corner of your city?).

FYI, adapun beberapa nama yang digadang-gadang bakal maju jadi calon kepala daerah kali ini ada Gibran Rakabuming, anaknya Pak Jokowi yang mau maju di Pilwalkot Solo, dan keponakannya Pak Prabowo, Mbak Rahayu Saraswati yang kabarnya sih, mau maju di Pilwakot Tangerang Selatan. Meski begitu, nama-nama ini belum pasti maju yah, karena namanya politik, dinamikanya cepet banget berubah, kayak mood kamu. MEHEHEHE kepastian baru bisa diketahui ketika mereka daftar secara resmi ke KPU sebagai calon kepala daerah yang jadwalnya adalah dari 4-6 September nanti.

Decisions…decisions…


For when you take so long to decide what’s for dinner…

Gambar: apnews.com

Saudi Arabia can relate.
Tapi instead of dinner, haji.

Hah gimana maksudnya?
Jadi setelah berbulan-bulan warga muslim di seluruh dunia H2C aka harap-harap cemas soal ibadah haji bakal jadi digelar apa enggak tahun ini, Arab Saudi akhirnya ngumumin keputusannya kemarin. FYI, ini timing-nya cuma lima minggu sebelum musim haji dimulai bulan depan.

Terus keputusannya apaaaa?
Keputusannya ya jadi. Ibadah haji jadi dan boleh digelar, tapi…. dengan jumlah terbatas dan aturan social distancing yang ketat. Soal haji ini, Indonesia sih udah dari bulan lalu ngumumin bahwa tahun ini kita nggak bakal ngeberangkatan jemaah haji.

Ok, so why should I know about this?
Well, it’s the biggest gathering in the world dengan jumlah jemaah mencapai lebih dari dua juta orang tiap tahunnya. Selain itu, haji ini juga mendatangkan devisa sampe US$6 milyar buat pemerintah Arab Saudi setiap tahunnya, dan FYI lagi, sejak negara ini berdiri 90 tahun yang lalu, ibadah haji nggak pernah ditiadakan atau di-cancel.

I see, so tahun ini juga nggak di-cancel?
Enggak, tapi ya itu tadi, jumlahnya bakal dikurangin banget jadi sekitar seribu orang. Terus para jemaah juga wajib melakukan isolasi diri sebelum dan sesudah ritual haji, dan yang paling penting nih gengs, yang boleh haji cuma warga (all nationalities!) tapi buat yang udah ada di Arab Saudi aja…

HAH maksudnya?
Iya jadi untuk jemaah internasional aka yang dateng dari negara lain pake pesawat gitu tetep ga diizinkan mendarat untuk menjalankan ibadah haji. Menurut Menteri Kesehatan Arab Saudi Dr. Tawfiq Al-Rabiah, kebijakan ini diambil karena negara lain juga banyak yang menutup perbatasannya, so Saudi Arabia is no exception.

I see, ok. Anything else?
Meski memberlakukan berbagai kebijakan kayak lockdown dan penutupan berbagai fasilitas publik, namun Arab Saudi merupakan salah satu negara dengan angka penderita Covid-19 tertinggi di Timur tengah, dengan total 161.000 kasus positif dan 1.307 kematian.


Calling all Apple lovers…

Gambar: techcrunch.com

Yeppp if you are a huge fan of Apple (not literally), chances are, kamu pasti tau bahwa kemarin, Apple baru aja menggelar WWDCStands for Worldwide Developer Conference 2020.

Yea I know but I fell asleep.
Same.

So, anything you wanna tell me?
Yep, a couple of things. Pertama, secara lagi pandemi, seluruh kegiatan WWDC digelar secara virtual. FYI, dalam acara ini, Apple memperkenalkan berbagai fitur terbaru dan berbagai update di iOS, MacOS dan software lainnya.

Tell me more.
OK. Jadi pertama, kita bahas soal iOS 14 dulu ya. Jadi dalam hal interface aka menu, iOS baru ini bakal bisa ngumpulin app yang paling sering kamu pake secara otomatis, sekaligus juga ngelompokin berbagai aplikasi berdasarkan kategori. Kamu juga bisa video call-an sambil buka aplikasi lain di iPhone mu tanpa perlu menutup fitur video. Jadi nanti videonya tetep main pas kamu buka app lain.

Whoaaaa
Terus paling penting nih, kamu juga bisa nge-pin percakapan paling pentingmu di posisi paling atas di fitur message. Kamu juga bisa matiin notif grup klo terlalu berisik, dan iOS baru ini bisa ngasih notif cuma pas nama kamu di-mention.

Apa lagi apa lagi…
In case you are living in New York, San Fransisco, Los Angeles, Beijing dan Shanghai, aplikasi peta-nya iOS juga bakal dilengkapi sama track bersepeda. WOW ugha.

Terus buat MacOS?
Nah, kalo kamu pengguna Mac, maka nama OS-nya adalah Mac Big Sur (zuzur kayak nama burger mcd heee) yang fiturnya juga gajauh beda sama iOS 14. Misalnya, fitur control centre yang bikin kamu bisa ngatur sounds, brightness, dark mode, dan wifi cuma dalam satu klik aja. Selain itu, Safari di MacOS ini juga bisa mendeteksi kalo password kamu ada yang bocor.

Olrite. Anything else?
Salah satu fitur yang juga dihighlight dalam WWDC ini adalah peningkatan perlindungan terhadap data. Jadi kalo kamu nggak mau nge-share lokasi spesifik ke suatu app, kamu bisa pake fitur approximity aka kira-kira. Jadi app-nya cuma bakal bisa tau area kamu di mana, not the exact place of where you are. 

Shuddup and take my money! 


Who’s giving some hopeful updates?

Gambar: cnn.com

The southern white rhino.
Yep, kamu pasti udah bosen denger berita soal hewan ini atau hewan itu terancam punah karena pemburuan oleh manusia. Nah, namun ternyata fenomena sebaliknya terjadi pada southern white rhino aka badak putih selatan.

Jadi diketahui bahwa jenis badak yang tinggal di Taman Nasional Hluhluwe Imfolozi (HiP), Afrika Selatan itu merupakan jenis badak yang pada akhir abad 19 lalu terancam punah dengan sisa populasi kurang dari 50 ekor saja. Namun di tahun 2011 lalu, angka ini naik sampe lebih dari 17 ribu ekor, thanks to upaya konservasi serius yang dilakukan sama taman nasional tersebut. Jadi kayak badak jenis lainnya, Southern White Rhino juga banyak diburu karena culanya yang kaya akan keratin dan sering dibikin campuran obat-obatan tradisional di berbagai negara.

Nah, untuk melindungi para badak ini Taman HiP sampe mengeluarkan anggaran mencapai US$600 ribu untuk menginstall program super canggih dalam upaya konservasinya. Selain pemasangan video di mana-mana, HiP juga masang pagar yang bisa ngasih sinyal ke pusat informasi kalo ada pergerakan yang mencurigakan, dan dengan adanya helikopter, para park rangers bisa mencapai tempat tujuan cuma dalam waktu 7 menit aja. Dengan teknologi ini, HiP dikenal sebagai “Smart Park” dan berhasil menghentikan perburuan southern white rhino dari sebelumnya 10-15 ekor per bulan jadi gaada sama sekali.


“Tunjukkan sikap tegas dan sabar.” 

Kata Gubernur DKI Jakarta Pak Anies Baswedan pas lagi pidato di acara pelepasan 2.000 aparatur sipil negara (ASN) sebagai petugas pengawas PSBB transisi yang digelar kemarin. Kata Pak Anies, dua ribu petugas itu nggak sepadan sama 11 juta warga yang diawasi, tapi beliau meyakinkan bahwa para petugas pengawas ini adalah garda terdepan dalam melindungi masyarakat dari Covid-19.

When you are waiting in line and someone cut you off…


Angel’s Stories 

1. Jadi beberapa hari lalu saya sama pasangan keliling kota untuk kasi makanan ke tukang-tukang becak yang mangkal. Kebanyakan tukang becak ini kesehariannya tidur di becaknya. Ada yang nerima sambil nangis karena beberapa hari gak makan dan kondisi hujan jadi pas nerima sambil gemeteran kedinginan dan kelaparan. Bukan besar atau kecil pemberian kita tapi perhatian kita yang mereka butuhkan.
-Anonymous, Mojokerto-

2. Me and my friend punya project bagi2 sembako buat yg berhak. Dana juga berasal dari temen2 donatur. Kita bagi sembako tiap minggu, dan Alhamdulillah jumlah nya selalu bertambah dari 17, 28, sampek kemaren 40. Ada beberapa orang yang kita kasih dari tahap 1-3. Salah satunya seorang ibu yg stay at home alone and beliau punya stroke ringan. Di tahap ke-2, teman yang di lapangan video call, katanya beliau pengen ngucapin makasih secara langsung. Terharu lihat beliau bilang makasih sambil berkaca2. Padahal saat itu gue lg meeting online. Hehe.. Pas kmrn tahap 3 kita ke sana lagi. Eh pas mo balik malah dikasih oleh2 biji ketapang setoples sama ibuknya. Ya Allah, berasa punya keluarga baru 😂.
-Bunda Rafa-

3. Aku diem-diem beliin beras (walaupun nggak banyak) di platform e-commerce untuk dikirimkan langsung ke dua temen kantorku karena gaji kami di sektor pariwisata turun 50%, dan ada desas-desus akan mulai ada beberapa yang harus cuti unpaid. Kebetulan di rumahku beras masih cukup banget karena dikirimin saudara dan akan dapat jatah bansos dari pemda. Sementara mereka berdua anak rantau. Huhu.. Walaupun kecil semoga membantu.
-Anonymous-

(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience first hand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)


Catch Me Up! Recommendations

Thinking of starting road cycling? Here are a few quick tips…