Performa Jokowi

81

Who’s just getting back their performance review?

Gambar: katadata.co.id

Pemerintahan Pak Jokowi.

Huh?
Yep, jadi hari Minggu lalu, lembaga survei politik namanya Indikator Politik Indonesia baru aja menyampaikan hasil surveinya. Isinya, kepuasan publik terhadap pemerintahan Pak Jokowi menurun di tengah pandemi Covid-19 ini.

I may or may not be surprised.
Wkkwkwkwk anyway tapi penurunannya nggak signifikan, yaitu turun dari 69,5 persen pada tiga bulan lalu jadi 66,5 persen pada bulan ini. Selain terhadap kinerjanya Pak Jokowi, hasil survei juga menunjukkan bahwa telah terjadi penurunan kepercayaan masyarakat terhadap institusi pemerintah.

Contohnya…
Kayak yhaa kepercayaan terhadap presiden itu turun dari 92,2% jadi 82,8%. Terus juga terhadap intitusi TNI yang turun dari 95,4% jadi 85,5%, dan Polri yang turun dari 85,6% menjadi 79,4%.

Interesting…
Selain itu, survei ini juga meneliti terkait elektabilitas para tokoh nasional (FYI kita Pilpres lagi tahun 2024). Hasil survei menunjukkan bahwa kalo pilpres diadakan saat ini, maka belum ada tokoh yang dominan. Adapun tokoh dengan elektabilitas tertinggi adalah Pak Prabowo (14,1%), Pak Ganjar Pranowo (11,8%), Pak Anies Baswedan 10,4%, Kang Ridwan Kamil (7,7%) dan Pak Sandiaga Uno (6,0%).

Olrite. Anything else?
Finally, let’s touch a little on Covid-19Jadi dari hasil surveinya Indikator ini, diketahui juga bahwa mayoritas warga, yaitu 50,6% menginginkan supaya kebijakan PSBB dilanjutkan. FYI gengs, survei ini dilakukan dengan metode simple random sampling, dengan ukuran sampel 1.200 responden dan memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sebesar ± 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.