Obat Covid 19

88

When there’s finally a good news on Covid-19….

Gambar: chron.com

WHAT WHAT WHAT? Tell me!
OK. Jadi, dalam penelitian terbaru yang dilakukan oleh Universitas Oxford di Inggris, diketahui bahwa obat steroid aka dexamethasone bisa membantu mengurangi risiko kematian buat pasien Covid-19 yang kondisinya udah parah.

And this is a good news because…
Well, steroid is cheap and largely available. Jadi emang selama ini, steroid sering dipake untuk ngobatin berbagai penyakit kayak asma, arthritis, sampe penyakit autoimun.

Ok tell me more…
Nah jadi dalam konferensi pers virtual yang digelar pada Selasa (16/6) lalu, para peneliti menyebutkan bahwa dalam penelitiannya, penggunaan steroid selama 10 hari bisa mengurangi risiko kematian terhadap sebanyak 1/3 pasien yang kondisinya udah parah (Read: Udah harus pake ventilator).

Whoa…
Yep, jadi diketahui bahwa setelah 10 hari dikasih steroid, kondisi pasien membaik secara signifikan while also, nggak ditemukan juga efek samping yang membahayakan atas para pasien ini.

I am sensing a “but”…
Right. But… obat ini nggak ngaruh buat pasien yang penyakitnya ringan. Jadi emang penggunaan steroid dalam mengobati Covid-19 ini paling ngaruh kalo digunakan pada pasien yang kondisi penyakitnya udah parah banget, sehingga bisa meningkatkan harapan hidup mereka. Namun untuk mereka yang nggak membutuhkan ventilator, penggunaan steroid justru bakal mengurangi daya tahan tubuh dalam menghadapi virus.

OK, good to know…