Kriminalitas Tinggi

72

For when you need more reasons to be extra careful lately…

Yep, tiati ya guys, karena akhir-akhir ini, angka kriminalitas lagi naik.

Eh?
Iya jadi kata polisi, menjelang pemberlakukan “new normal” ini, angka kriminalitas naik sebesar 38,45 persen pada minggu pertama dan kedua di bulan Juni ini. Rinciannya, ada 4.244 kasus pada minggu ke-23, dan 5.876 kasus pada minggu ke-24. Artinya, ada kenaikan angka kriminalitas sebanyak 1.632 kasus.

That’s a lot of numbers.
Agree. Emang disebutkan oleh kepolisian bahwa lima kasus besar yang paling sering terjadi adalah pencurian, penggelapan, pencurian kendaraan bermotor (curanmor), narkoba, dan perjudian. Dalam tiap kasus ini diketahui peningkatannya ada yang mencapai dua kali lipat.

But how come?
Yha menurut Humas Polri Brigjen Awi Setiyono sih, hal ini nggak lepas dari diberlakukannya kebijakan new normal. Beliau menyebut, seiring dengan meningkatnya aktivitas masyarakat, maka para pelaku kejahatan juga memanfaatkan situasi tersebut untuk melakukan aksinya.

So should I be worried?
Nggak sih. Kata Brigjen Awi, meski angka kriminalitas meningkat, secara umum kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) masih dalam keadaan aman dan kondusif.