Kiwis Bebas Corona

161

Who’s finally being Covid-19 free?

Gambar: euronews.com

New Zealand.
Yep. Semalam, Selandia Baru baru aja mengumumkan bahwa negaranya udah nggak punya kasus Covid-19 lagi, aka virus free. Seiring dengan perkembangan ini, Selandia Baru kemudian menurunkan status darurat kesehatan di negaranya dari level dua ke level satu yang merupakan level terendah.

Keputusan ini diambil setelah nggak ditemukan kasus baru satupun di Selandia Baru selama 17 hari terakhir, dan kasus positif dalam negeri juga udah nggak ada. Hal ini tentunya nggak lepas dari kebijakan lockdown yang berlaku sejak 25 Maret lalu, di mana jumlah kasus positif Covid-19 di negara itu masih sedikit. Hingga update terakhir, New Zealand cuma punya 1.154 kasus positif dan 22 kematian.

FYI gengs, dengan adanya update terbaru ini, maka di New Zealand udah nggak ada lagi social distancing-social distancing-an. Warga udah boleh makan di restoran, udah boleh ngumpul-ngumpul tanpa dibatasi jumlah pesertanya, dan konser maupun pertunjukan juga udah boleh digelar. Adapun peraturan yang masih berlaku adalah perbatasan masih ditutup untuk pendatang dari luar negeri, dan orang NZ yang baru balik ke tanah air tetep harus menjalankan karantina selama 14 hari.

Kita kapan yha…