Kekerasan Polisi ke Demonstran

52

What’s something that is spreading globally?

Gambar: cnn.com

Covid-19, for sure. 
Well, we’re not talking about it this time. 

Terus apa dong?
The call to end racism and police brutality. Yep, gerakan #blacklivesmatter yang tadinya dimulai di Amerika Serikat kini menyebar ke banyak negara di dunia.

Oh really?
Yep. Ribuan orang di beberapa kota besar di seluruh dunia kayak London, Paris, Roma, Cape Town, Sydney, sampe Seoul dan Tokyo over the weekend melakukan aksi menolak rasisme dan kebrutalan polisi. Let’s take a look around, shall we?

Let’s go

  • Di Bristol, Inggris. Para pengunjuk rasa meruntuhkan patung tokoh lokal abad 16-an, Edward Colston yang tajir dari hasil penjualan budak asal Afrika. Colston dikenal sebagai slave trader yang menculik dan membawa paksa para budak dari Afrika untuk kemudian dijual di Amerika maupun Eropa. Setelah diruntuhkan, patung ini kemudian digulingkan dan dibuang ke sungai. BHAY.
  • Di Washington DC, Amerika Serikat. Wali Kota Muriel Bowser mengecat satu blok di jalanan DC dengan tulisan #blacklivesmatter yang gede banget dengan warna kuning terang. Di AS, para demonstran juga mendesak pemerintah untuk memotong anggaran buat kepolisian.
  • Di Madrid, Spanyol. Para demonstran juga berkumpul di depan gedung kedutaan besar Amerika Serikat untuk memprotes kematian George Floyd yang jadi simbol police brutality akhir-akhir ini.
  • Di Roma, Italia. Warga berkumpul di Piazza del Popolo yang tadinya sepii banget gara-gara lagi lockdown. Dalam aksinya, para demonstran berlutut selama 8 menit, yang merupakan waktu di mana George Floyd ditindihin lehernya sama polisi sampe meninggal karena gabisa napas.
  • Di Jerman. Pertandingan sepak bola yang mempertemukan antara Borussia Dortmund dan Hertha Berlin juga dimulai dengan para pemain yang berlutut untuk menunjukkan solidaritasnya atas aksi #blacklivesmatter. Nggak cuma pas pertandingan, pas lagi latihan, para pemain Bayern Muenchen juga pada pake kaos bertulisan #kartumerahuntukrasisme. Asosiasi sepak bola Jerman DFB sendiri bilang bahwa pihaknya nggak akan memberikan sanksi buat para pemain yang menunjukkan aksi solidaritas terhadap kematian George Floyd.
  • Di Kopenhagen, Denmark, dan Budapest, Hungaria. Warga berkumpul di depan kedutaan besar Amerika Serikat untuk menunjukkan solidaritasnya.
  • Di Tokyo, Jepang. Aksi demonstrasi juga terjadi setelah video sekelompok polisi melakukan aksi kekerasan terhadap seorang imigran Kurdi yang tinggal di Jepang. Akibat kejadian ini, ratusan warga di Tokyo dan Osaka kemudian turun ke jalan dan seorang pelaku udah ditangkap pihak berwenang.
  • Di Seoul, Korea Selatan. Sekitar seratus orang juga turun ke jalan untuk memprotes aksi kekerasan polisi yang terjadi terhadap George Floyd

Oneeee question though: Is it safe during the pandemics?
Yes, sejujurnya emang banyak pihak yang mengkhawatirkan terjadinya penyebaran Covid-19 kalo banyak warga yang turun ke jalan, apalagi kalo nggak mempraktekkan physical distancing. Meski begitu, banyak protokol yang bisa dipraktekkan para demonstran untuk meminimalisir penularan, kayak pake masker, pake face shield, sampe selalu cuci tangan.