Izin Usaha di BKPM

50

What’s not slowing down…?

Gambar: cnnindonesia.com

Definitely my ex. Udah punya pacar baru aja. 
Hah bukan itu…

Terus apa?
Pemberian izin buat investasi usaha di Indonesia. Jadi minggu lalu, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bilang bahwa although lagi pandemik, pemberian izin usaha di lembaganya masih jalan terus. Bang Bahlil bilang, BKPM masih menerbitkan sekitar 4.000-5.000 izin usaha per harinya.

Whooaa banyak juga! Kok bisa?
Menurutnya, hal ini karena sistem layanan perizinan yang berbasis online. Selain itu, keterbatasan gerak karena PSBB bikin perusahaan nggak bisa ke lokasi proyek atau ke instansi lainnya, jadi mereka fokus aja ke internal perusahaan, ngurus-ngurus izin ini dan itu.

Hmm I see… terus?
Lebih jauh Bang Bahlil menjelaskan bahwa awalnya sih BKPM banyak ngeluarin izin untuk sektor perdagangan. Nah sekarang, sektor kesehatan juga banyak minta izin ke BKPM. Jadi, gara-gara Covid-19 banyak usaha-usaha baru di sektor kesehatan yang bermunculan.

Hmmm interesting.
Right. Selain itu beliau juga menjelaskan bahwa ada lonjakan izin usaha di sektor energi, pertambangan, infrastruktur, dan manufaktur. Hal Ini tentunya nggak lepas dari kebijakan pemerintah yang ngasih berbagai insentif ke dunia usaha supaya turut berkontribusi dalam perbaikan ekonomi nasional.

Got it. Anything else?
Well, Bang Bahlil juga menyatakan bahwa target investasi tahun ini yang udah turun jadi turun lagi aka turun dua kali. Jadi awalnya, target investasi tahun ini adalah Rp886 triliun, terus turun jadi Rp 855,6 triliun, terus turun lagi jadi Rp817,2 triliun. Hal ini tentunya karena… yha kamu udah tau lah karena apa. Xixixixi