Haji Ditunda, Ekonomi Stagnan, Virtual Walkout Facebook, Risiko Diabetes

106

Hi, Wednesday.

Good morning. It’s June 3rd. Congrats for surviving through the first half of 2020. At this point, maybe you’ve already let go of some plans or targets you set at the beginning of the year. As hopeless as it feels like, let’s just take this year as a (way toooo long) time to self-reflect and get to know yourself more. Rearrange your life goals, reset your priorities, and take a rest as much as you can. Today, let’s learn to let go.


What’s being cancelled this year?

Gambar: aljazeera.com

Dude, EVERYTHING.
True. But the newest update is: 
naik haji.

Hah naik haji juga di-cancel tahun ini?
Yoyoy. Jadi dalam keterangannya kemarin, Menteri Agama Fachrul Razi bilang bahwa perjalanan ibadah haji yang rencananya akan dilakukan tahun ini bakal diundur ke tahun depan.

Why though?
Corona drama. Apa lagi donk? Jadi kata Pak Menag, keputusan ini diambil karena nggak ada kepastian dari Arab Saudi tentang apakah perjalanan ibadah haji udah dibolehin lagi atau belum. Awalnya, katanya kepastiannya bakal dikasih tahu tanggal 20 April, tapi sampai sekarang pun belum ada kepastiannya.

Go on…
Yhaaa kayak hubungan, naik haji juga butuh kepastian bebs. Apalagi ngurusin keberangkatan haji kan butuh waktu yang nggak singkat, karena harus ngurusin tiket, visa, syarat kesehatan, dll. Nah karena belum ada kepastian inilah Pak Menag kemudian memutuskan untuk gak jadi berangkat aja. “Either way we don’t have enough time…” gitu katanya. Be like Pak Menag kalo hubunganmu digantung gebetan.

UNRELATED but THX.
Mehehe. Lanjut ke soal haji ini, Kemenag juga juga menyebut bahwa calon jemaah haji tahun ini yang nggak jadi berangkat bisa melakukan penarikan kembali biaya penyelenggaraan ibadah hajinya (BPIH).  Pengembaliannya sesuai dengan biaya perorangan, karena kan beda-beda nominalnya. Terus, kalau seandainya jemaah tersebut meninggal sebelum pemberangkatan tahun depan, maka nomor porsinya boleh digantiin oleh keluarganya.

Anything else?
Well, jadi aturan ga boleh berangkat haji ini berlaku untuk semua calon jemaah haji, termasuk mereka yang mau naik haji dengan menggunakan visa undangan. Kemenag juga udah mengingatkan bahwa kalo tetep ngotot berangkat, maka calhaj tersebut bisa dihukum pidana atau didenda.

Wait, how bad is the Covid-19 situation in Saudi Arabia?
Pretty badArab Saudi adalah salah satu negara di Timur Tengah dengan jumlah kasus Covid-19 terbanyak, yakni 83,300 kasus positif dan 480 kematian. Sebenernya, sejak Senin lalu negaranya King Salman ini udah sedikit-sedikit melonggarkan kebijakan lockdown-nya yang udah berlangsung selama hampir dua bulan terakhir ini. Masjid-masjid di seluruh negeri juga udah mulai buka, dengan aturan seluruh Saudi Arabia udah kembali buka, kecuali di kota suci Mekah. Hingga saat ini, Arab Saudi juga belum mengubah kebijakannya yang tengah menghentikan sementara seluruh bentuk ibadah haji maupun umrah di the holy cities, aka Mekah dan Madinah.


What’s not gonna see any progress?

Gambar: cnnindonesia.com

My pedekate, for sure.
Mehehehe sorry about that, but we’re actually going to talk about the economic growth.

OH. less fun but go on.
But less broken heart, kan? Wqwq anywaaay jadi dalam keterangannya tadi malam, World Bank memprediksi bahwa akibat Covid-19, pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2020 ini nggak akan tumbuh sama sekali aka bakal stay di 0 persen.

What?
Yep. Menurut ekonom senior Bank Dunia untuk Indonesia, Ralph Van Doorn, hal ini disebabkan oleh adanya aturan PSBB yang berlangsung selama beberapa bulan terakhir ini. Selain itu, terjadi juga pelambatan investasi di Indonesia yang merupakan akibat dari ketidakpastian terkait penyebaran dan penanganan Covid-19 di Indonesia.

Go on…
Hal tadi juga diperparah dengan kondisi ekonomi global yang emang beneran slowing down. Selain itu, Van Doorn juga memprediksi bahwa utang RI bisa meningkat mendekati 37% dari Produk Domestik Bruto (PDB) akibat pandemi. Hal ini disebabkan oleh defisit yang lebih tinggi, pertumbuhan yang lebih lambat, dan nilai tukar rupiah yang melemah…

Terus gimana dong?
Nah masih menurut Van Doorn, untuk menghindari hal-hal tadi, pemerintah diharapkan bisa fokus dulu untuk beresin masalah krisis kesehatannya terlebih dahulu sebelum memulai era new normal. Baru deh setelah penyebaran Covid-19 turun dan stabil, Indonesia bisa memulai aktivitas ekonominya lagi secara bertahap.


Who’s changing its Facebook status to “It’s complicated”?

Gambar: cnn.com

Facebook employees.

What happened?
Jadi over the weekend kemarin, sejumlah karyawan Facebook melancarkan aksi protes terhadap perusahaannya sendiri. Aksi ini dilakukan para karyawan dengan mengkritisi kantornya itu secara terbuka di platform media sosial mereka.

Emang pada protes kenapa?
Karena perusahaannya nggak mengambil langkah apapun dalam menanggapi postingan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di akun Facebooknya. Jadi gini, inget twitnya Trump minggu lalu yang bilang, “When the looting starts, the shooting starts”?

Yes, it’s just last week…
Nah, Trump ngepost tulisan tersebut di Facebook dan Twitter. Kalo Twitter langsung nge-takedown twit tersebut karena dinilai “mempromosikan kekerasan”, Facebook decided to do nothing. Begitu juga sama postingan Trump sebelumnya yang bilang bahwa pemilu via pos bakal rawan kecurangan. Kalo Twitter langsung nandain twitnya sebagai “berpotensi misleading” dan nyediain link buat fact check, Facebook, again, did nothing.

Why though?
Dalam postingan Facebooknya, CEO FB Mark Zuckerberg bilang bahwa dia sebenernya punya respon negatif atas retorikanya Trump, but also, dia juga adalah pemimpin perusahaan yang memegang prinsip kebebasan berpendapat.

I see…
Nah, selain memprotes bosnya lewat media sosial, para karyawan juga kemarin melakukan virtual walkout, aka mogok kerja (virtually) sebagai bentuk protes atas sikap Zuckerberg. Selain itu, beberapa karyawannya juga mengganti foto profile-nya jadi foto icon tombol ‘Like’-nya Facebook, tapi bukannya jempol tangan, tapi kepalan tangan (fist).  Hal ini untuk menunjukkan solidaritas para karyawan Facebook terhadap persoalan #blacklivesmatter.

Alrite. Anything else I should know?
Ga lama setelah menuai kritikan karena kebijakannya tersebut, Zuckerberg pada hari Minggu lalu posting di akun pribadinya bahwa dia bakal menyumbangkan dana sebesar US$10 juta untuk kelompok-kelompok yang memperjuangkan keadilan ras. Hal itu tentunya nggak menghentikan para karyawan Facebook untuk tetep mogok kerja besoknya.


When you or your loved ones are suffering from diabetes…

Gambar: republika.co.id

Take care a little extra.
Karena hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa satu dari sepuluh orang pengidap diabetes yang positif Covid-19 diketahui meninggal dunia hanya dalam jarak waktu tujuh hari sejak dirawat di rumah sakit. Hal ini ditemukan berdasarkan penelitian yang dilakukan di Perancis terhadap 1.300 pasien Covid-19 yang mengidap diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Dari penelitian itu ditemukan bahwa dari seluruh pasien tadi, setelah tujuh hari berada di rumah sakit, 29 persen di antaranya either udah menggunakan bantuan ventilator atau meninggal. Jadi emang gengs, diabetes ini merupakan salah satu penyakit utama yang membuat penderitanya rawan terkena Covid-19. Selain itu, orang yang obesitas juga beresiko tinggi meninggal jika tertular Covid-19. Karenanya, berdasarkan penelitian ini, para ahli medis mengimbau masyarakat untuk memberikan perhatian lebih kepada orang tua berusia di atas 70 tahun yang memiliki obesitas atau menderita diabetes.

Es kopi susu extra gula aren is cancelled…


“We will vote you out in November. @realdonaldtrump

Demikian isi twitnya pencipta lagu-lagu galau legendaris, Taylor Swift, minggu lalu yang ditujukan kepada Presiden AS Donald Trump. Twit Taylor ini muncul setelah beberapa waktu sebelumnya Trump ngetwit “Ketika penjarahan terjadi, penembakan terjadi,” yang diartikan banyak pihak sebagai ancaman untuk menggunakan kekerasan kepada para demonstran. FYI, Taylor ngetwit gini karena bulan November mendatang, kalo jadi, AS bakal menggelar pilpres yang bakal mempertemukan Trump dengan capres dari Partai Demokrat, Joe Biden.

NP: Only the Young…


Angel’s Stories 

1. Aku magang di laboratorium salah satu univ di Solo. Aku mulai magang sejak KLB corona mulai ditetapkan. Awal masuk magang, kampus udah sepi banget karena mahasiswa pada kuliah online semua. Otomatis kucing-kucing di univ ini jadi kelaparan. Ada 4 kucing yang sering main ke kantor ku di Lab. Tapi sekarang udah ngga ada lagi karena diusir mulu sama satpam. Trus aku jadi kepikiran, gimana ya keadaan kucing-kucing itu sekarang? Pas banget abis aku mikirin itu, ada mba-mba nyelonong masuk ke daerah lab. Seniorku nanya, “Ada keperluan apa mba? Apa mau ngelab disini?” Trus si mba jawab, “Kucing yang biasa disini kemana ya mba? Saya mau kasih makan kucing.” Ngga nyangka ternyata di lingkunganku juga masih ada orang-orang yang peduli sama kucing kampus di masa pandemi ini. Semoga kucing yang biasa kesini, ketemu sama si mba entah di sudut kampus bagian mana. Hehe. Dan untuk mbanya, semangat dan terimakasih banyak ya mba, kamu dan temenmu keren banget!
-Dil, Solo-

2. Jadi aku dan beberapa temenku tuh prihatin banget sama kondisi anak-anak zaman sekarang, terutama anak-anak usia TK. Mungkin nggak semua dari kita menyadari kalau anak sekarang itu sebetulnya generasi yang sangat pintar. Sayangnya di era digital seperti ini mereka jadi sangat gampang mengakses informasi yang ga sesuai dengan umur mereka. Jadi aku dan temen-temenku bikin inisiatif, namanya TwinkleSpace, buat anak-anak usia dini, as a digital platform yang pengen anak-anak Indonesia dapet konten hiburan yang edukatif. Kami juga punya kanal konsultasi buat orangtua. Jadi ortu bisa juga nanya-nanya tentang pertumbuhan dan perkembangan anak ke pakar anak yang di platform kami. Nah, karena pandemi COVID-19 ini, aku dan temen-temenku beberapa waktu lalu akhirnya ngadain deh sebuah kegiatan yang dikasih nama Aksi TwinkleSpace Melawan Corona. Alhamdulillah, puji Tuhan, masih banyakkk orang baik di luar sana yang mau kasih sedikit rezekinya untuk disalurkan ke aksi ini. Donasi yang terkumpul nanti kami salurkan ke Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Universitas Airlangga. Thanks banget Catch Me Up! udah ngasih platform kayak Angel’s Stories ini, jadi bikin aku dan temen-temen semangat untuk terus menebar kebaikan. Semoga seluruh orang baik di Indonesia akan mendukung aksi-aksi kami berikutnya yaa, terutama buat tumbuh kembang anak usia dini Indonesia. Karena kami percaya masa depan yang cerah bermula dari asupan yang diberikan ke anak-anak usia dini. Kalo kamu tertarik mau dukung advokasi kami, cek aja IG @TwinkleSpace 😉
-TwinkleSpace, Jakarta-

3. Kemarin ada tukang sol sepatu lewat yang dipanggil karena kami butuh, beliau tentu jadi target penerima sembako orangtuaku. Seharusnya ini jadi kisah kebaikan biasa tentang berbagi, namun Ayah mengajak tukang tersebut berbincang dulu. Ternyata beliau tinggal sendiri, istrinya sudah meninggal, dan anaknya tinggal di Garut. Beliau tidak biasa masak karena waktunya lebih mudah beli jadi saja. Sehingga Ayah berikan uang lebih saja. Senang sekali karena ayah melakukan needs assessment dulu agar bantuan yang diberikan tepat sasaran!
-Z1-

(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience first hand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)


Catch Me Up! Recommendations

If you haven’t seen this video of two toddlers hugging each other while running on the street, do it now. It is heartwarming.