Friday Pause: It’s Our Birthday Today!

25

It’s our birthday today!

Yes, hari ini, tepat satu tahun yang lalu, email Catch Me Up! untuk pertama kalinya terkirim. Waktu itu, pelanggan kita baru 11 orang, dan as strange as it may sound, berita pertamanya Catch Me Up! adalah soal Ahmad Dhani. Yes, Ahmad Dhani.

Today, nearly 40k subscribers later, we look back with a grateful heart for the past year that we’ve spent together. Buat para pembaca yang udah langganan sejak satu bulan, dua bulan, enam bulan, atau bahkan, merupakan satu dari 11 subscribers pertama Catch Me Up!, our “thank you” note is an understatement. You’ve made the past year unbelievably amazing, magical, exhilarating, and we wouldn’t have it any other way. Let’s make more memories together.

With our heartfelt thank you,

Team Catch Me Up!


IMPORTANT REMINDER!

Please don’t let us be the sad cat!
Biar kita bisa ngerayain ulang tahun CMU! bareng-bareng (virtually…) jangan lupa ikut kuis #CMUTurnsOne ya gengs! Caranya gampang banget! kamu tinggal mention kami di Twitter atau Instagram (mau feed atau story, bebas!) soal kenapa kamu suka sama Catch Me Up! Terus tag dua orang temen kamu deh, untuk kamu ajakin subscribe juga. Postingan yang paling kreatif bakal dapet merchandise CMU! yang jenisnya bisa kamu pilih sendiri. Yuk… ditunggu sampe hari Minggu ya

 


Kangen makan di restoran? Here’s your “new normal” guide…

Gone are the days of endless scrolling on your Go-Food or GrabFood app, karena soon enough, kamu udah mulai bisa makan di restoran. YEAY!

HOWEVER, kamu harus inget bahwa makan di restoran itu bisa meningkatkan risiko kamu tertular Covid-19. Kenapa? First, mau gak mau kamu harus buka masker karena harus makan. Kedua, jarak yang berdekatan di dalam ruangan bikin praktek physical distancing kamu jadi minimum.

Nah, tapi kalo kamu udah kangen banget mam di restoran, kami punya tips biar kamu bisa teteup stay safe. Cusss!

  • Sebelum memutuskan masuk ke restoran, kamu harus inget bahwa orang yang terinfeksi Covid-19 bisa aja nggak memperlihatkan gejala apa-apa di enam hari pertama dirinya terinfeksi. Jadi meskipun kamu liat orang-orang udah mulai sans ke luar rumah, don’t let your guard down. Tetep stay safe, dan kalo bisa banget sih ya stay @home dulu deh. But, if you must.
  • feet aka 1.8 meter is the magic word. Pastikan bahwa jarak kamu sama orang lain adalah at least 1,8 meter pas lagi makan. Perlu diingat bahwa makin dekat jaraknya, makin besar risiko kamu terpapar Covid-19. Oh iya, hindari juga duduk deket-deket kipas angin, karena udara bergerak yang dikeluarkannya bisa bikin droplet aka partikel virus (dari yang positif) bisa terbang… sampe jauh.
  • Walaupun karyawan restoran yang melayani kamu udah pake masker, tapi tetep, kamunya atau lawan bicara kamu yang ngobrol, makan, atau minum bisa tetep menyebarkan virus. Nah untuk mengantisipasi hal ini, pastikan restoran yang kamu kunjungi punya penghalang antara kamu dan lawan bicaramu, something like plexiglass, kaca bening, atau layar transparan.
  • Terus, sendok-garpunya harus pake yang sekali buang nggak? Enggak. Alat-alat makan yang secara reguler dicuci akan mematikan virusnya, jadi kamu nggak perlu minta alat makan yang disposable.
  • Inget buku menu di restoran yang suka kamu baca lama-lama kalo lagi awkward di first date kamu? Nah ini agak tricky, karena misalnya buku menunya pernah kena kontak sama orang yang terinfeksi Covid-19, misalnya kamu megang buku menunya, kamu bisa tertular. Solusinya, coba mam di restoran yang buku menunya disposable aka sekali pakai. Yes, disposable menu. Nothing surprising anymore, rite?
  • Huge no-no buat makan hot pot bareng-bareng. Jadi emang cara makan hot pot di mana sup-nya ditaro di tengah-tengah terus kamu bisa nyampur-nyampurin sendiri bahan mentahnya ini sangat berisiko menyebarkan Covid-19. Karenanya di berbagai restoran di China maupun Hong Kong, opsi makanan ini udah ditiadakan. Tapi kalo kamu emang kangen makan hot pot apalagi menjelang musim hujan gini, coba minta personal pot ya. Jadi gausah nyelup bareng-bareng.
  • Terus, bisakah kamu terinfeksi Covid-19 dari makanan yang disajikan di restoran? Jawabannya enggak, karena jalur masuknya beda. Sebagai virus yang menyerang sistem pernapasan, Covid-19 menginfeksi saluran pernapasan, bukan jalur makanan kamu. Jadi aman yha.
  • Kalo memungkinkan, coba cari restoran yang punya outdoor seating. Hal ini tentunya bisa meminimalisir risiko kamu kena Covid-19 karena sirkulasi udara yang lebih banyak. Meski begitu, pastikan tetep pake pelindung mata dan kalo nggak lagi nyuap, tetep pake masker ya!
  • Jangan ajak orang tua kamu ke restoran. Yep, senior citizens aka orang tua masih harus jauh-jauh dulu dari restoran karena mereka yang paling vulnerable kena Covid-19.

For the Love of Memes…

 

What’s the weirdest thing you’ve done during this quarantine?


Hi, here comes your quaran-tips. Dig in.

  • Being in quarantine bukan berarti kamu nggak bisa ngerayain ultah dong! Here are some tips on how you can blow candles while social distancing. Fun times guaranteed!
  • Kecapean setiap abis video conference? Ini ada 3 hal yang bisa kamu lakukan untuk ngurangin rasa capek abis online meeting.
  • Udah selesai nonton The World of the MarriedGoblinItaewon Class? Tenang aja gengs, kamu gaakan kehabisan bahan binge watching drama Korea karena bakal ada empat drakor yang keluar di bulan Juni ini. Check the list here.
  • Selain Covid-19 dan rasisme, satu lagi pandemi yang banyak terjadi akhir-akhir ini tentunya adalah stress dan anxiety. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi keduanya, salah satunya dengan melakukan beberapa gerakan ini.
  • Lebih sering ngirim email di masa pandemi ini, sampai bingung harus ngetik apa lagi? Like harus nyapa dan udahan gimana lagi? Nih ada beberapa tips cara ngirim emal di masa pandemi yang bisa kita coba.
  • Masih di rumah aja dan nggak tau lagi harus ngapain? Coba ikutan kelas online gratis aja gengs!  Ada kelas fotografi, bikin web, main musik, dan lain-lain. Kuy langsung cek kelas-kelasnya aja di sini!
  • WFH bikin berat badanmu naik? It’s OK. You are facing a pandemic so your main goal is to stay alive, not skinny. After all, we all want that extra bite of chocolate, right? Nah, pas udah datang waktunya untuk kamu coba get back in shape lagi, ini ada tips yang bisa kamu lakukan goal kamu tercapai.
  • Ketiduran mulu pas nonton tayangan “Dear Class of 2020” yang berlangsung selama hampir lima jam? Nih ada rangkuman kata-kata inspiratifnya. Dari Obama, Beyonce, sampe Taylor Swift. Get ready to be inspired!

Quote of the day
“There will be times in your life when you question your own decisions, whether it be about your major or your profession, whether you have made the right choice, whether you are doing well, or walking the path of failure. And when you do, remember: You are the leader of your own life.”
J Hope, BTS-

Hi! it’s team Catch Me Up! signing out! Thanks for celebrating our birthday together and see you again next week!


Angel’s Stories 

1. Hai mas-mbak Catch me Up! Angel’s Story kali ini aku tujukan buat kalian. Terima kasih banget untuk terus mengupdate berita COVID-19 ini tanpa bikin cemas. Aku masih pelajar SMA dan beberapa guru di sekolah kasih tugas homelearning ini untuk buat esai atau tugas apapun tentang COVID-19 dan aku selalu ambil informasi di CMU ini krn aku yakin banget informasi kalian valid. Once again, Thanks a million, mas-mbak :))
–Siswi SMA, 17th-

2. Gara gara baca Angel’s Stories di CMU! 5× seminggu aku jadi sangat termotivasi untuk ikut berbuat kebaikan sebisa ku. Sampe2 aku ketagihan traktir Abang Ojol ;D terharu sekaligus sedih tiap mereka doain aku, padahal bantuannya sangat ga seberapa tapi ternyata sangat berarti buat mereka. Mudah mudahan mereka, kita dan semua yg terdampak wabah ini bisa selalu dalam perlindungan Tuhan dan dalam keadaan sehat wal afiat. Big thanks for CMU! karena sudah inisiatif share Angel’s Stories-nya. Aku yakin satu kebaikan pasti akan memunculkan banyak kebaikan lainnya 🙂
-someone who’s still learning-

3. Jadi kan sekarang lagi musimnya pendaftaran UTBK SBMPTN buat temen-temen yang berjuang mau masuk kampus nih. Nah ternyata banyak dari mereka yang kebingungan gimana caranya buat ngebayar uang pendaftarannya karena emang ga semua bank bisa. Kebetulan gua ada M-Banking salah satu bank mitra yg bisa dipake buat ngebayar uang pendaftaran ini. Yaudadeh gua tawarin aja ke mereka yang butuh bantuan ini, jadi mereka transfer dulu ke rekening gua terus gua bayarin deh tuh uangnya. Dan ya gua seneng aja gitu bisa ngebantu mereka yang lagi berjuang buat dapetin mimpinya, kecil sih yang gua lakuin, mereka juga bakal lupa pasti. Tapi ya gua seneng aja waktu mereka bilang makasih banget ke gua, bahkan kadang gatau kenapa gua nangis aja tiba2 wkwk. Ditambah doa baik dari mereka yang bikin gua makin semangat untuk berbuat baik lagi kedepannya dan jadi motivasi juga buat gua biar bisa dapetin jakun tahun ini. Hehe doain gua yakk semoga bisa dapet jakun tahun ini!!
-Camaba UI-

(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience first hand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)