Ekonomi Stagnan

95

What’s not gonna see any progress?

Gambar: cnnindonesia.com

My pedekate, for sure.
Mehehehe sorry about that, but we’re actually going to talk about the economic growth.

OH. less fun but go on.
But less broken heart, kan? Wqwq anywaaay jadi dalam keterangannya tadi malam, World Bank memprediksi bahwa akibat Covid-19, pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2020 ini nggak akan tumbuh sama sekali aka bakal stay di 0 persen.

What?
Yep. Menurut ekonom senior Bank Dunia untuk Indonesia, Ralph Van Doorn, hal ini disebabkan oleh adanya aturan PSBB yang berlangsung selama beberapa bulan terakhir ini. Selain itu, terjadi juga pelambatan investasi di Indonesia yang merupakan akibat dari ketidakpastian terkait penyebaran dan penanganan Covid-19 di Indonesia.

Go on…
Hal tadi juga diperparah dengan kondisi ekonomi global yang emang beneran slowing down. Selain itu, Van Doorn juga memprediksi bahwa utang RI bisa meningkat mendekati 37% dari Produk Domestik Bruto (PDB) akibat pandemi. Hal ini disebabkan oleh defisit yang lebih tinggi, pertumbuhan yang lebih lambat, dan nilai tukar rupiah yang melemah…

Terus gimana dong?
Nah masih menurut Van Doorn, untuk menghindari hal-hal tadi, pemerintah diharapkan bisa fokus dulu untuk beresin masalah krisis kesehatannya terlebih dahulu sebelum memulai era new normal. Baru deh setelah penyebaran Covid-19 turun dan stabil, Indonesia bisa memulai aktivitas ekonominya lagi secara bertahap.