Corona Updates, Helikopter TNI-AD Jatuh, Minyak Tumpah di Rusia, Wisuda Pake Jet Ski

74

Hi, Monday.

Good morning and welcome back. Crazy that we’re finally getting into the “new normal” phase together. It’s been more than three months since we became a couch potato at home. And returning back to “new normal” feels… weirdly liberating. So if you are among those who are coming back to work today, please remember your new mantra: Jaga jarak. It’s proven to be good for your heart (you know what we mean…) and now your health, too.


Your weekly Covid-19 briefing.

Gambar: cnn.com

Yep. 
It’s Monday, so it’s time for your weekly briefing on Covid-19. Home and beyond. As usual, let’s start from…

Home.

  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di Indonesia adalah 31.186 orang; dengan rincian 10.498 sembuh dan 1.851 meninggal.
  • Daerah dengan kenaikan kasus terbanyak sampe Minggu (7/6) adalah DKI Jakarta (163 kasus), Jawa Timur (113 kasus), Sulawesi Selatan (64 kasus), Papua (59 kasus), dan Jawa tengah (51 kasus).
  • Kemarin, DKI Jakarta mencatat kenaikan kasus tertinggi dalam sehari dengan penambahan 163 kasus, jadi total kasusnya mencapai 8.033 orang. Tapi berita bagusnya adalah, jumlah kasus sembuh di ibu kota juga tercatat merupakan yang tertinggi, yakni 294 orang sembuh. Dengan begitu, total orang yang sembuh di DKI Jakarta jadi 3.130 orang.
  • Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyebut bahwa angkutan umum udah boleh beroperasi dengan syarat kapasitas penumpangnya maksimal adalah 50%.
  • Polda Metro Jaya diketahui telah menghentikan 28.947 kendaraan yang mau masuk DKI Jakarta dalam jangka waktu 11 hari terakhir (27 Mei-6 Juni). Penghentian ini dilakukan karena para pengendara tersebut nggak punya Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).
  • Jumat kemarin, beberapa masjid di ibu kota udah mulai dibuka kembali untuk menggelar Jumatan setelah tutup selama hampir tiga bulan. Meski kembali dibuka, ada berbagai aturan yang wajib dipatuhi para jemaah, kayak wajib physical distancing, wajib pake masker, hingga pengurangan kapasitas.
  • Sembilan kota dan kabupaten di Aceh memprotes kebijakan pemerintah pusat yang masih menetapkan daerah-daerah tersebut sebagai zona merah Covid-19. Menurut daerah-daerah ini, keputusan itu nggak sesuai fakta karena nggak ada lonjakan penambahan kasus yang signifikan.
  • Per Sabtu kemarin, alat penting dalam tahap pemeriksaan Covid-19, namanya Viral Transport Media (VTM), di Papua abis. Akibatnya, petugas nggak bisa dulu melakukan tes swab. Padahal diketahui, jumlah penambahan kasus Covid-19 di Papua setiap harinya masih tinggi.
  • Bali siap buka tempat wisatanya sesuai dengan protokol kesehatan yang diterapkan dalam new normal. Tempat wisata yang sudah ditinjau oleh Pemerintah Bali untuk kembali dibuka adalah: Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Pantai Pandawa, kawasan Pura Uluwatu, pusat perbelanjaan Beachwalk Shopping Center, dan kawasan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) di Nusa Dua.
  • Sumatera Barat akan memulai tahapan new normal pada 8 Juni 2020. Dari 19 daerah di Sumbar, ada dua daerah yang bakal memberlakukan PSBB masa transisi, sebelum akhirnya memberlakukan fase new normal. Dua daerahnya adalah Kota Padang dan Kabupaten Mentawai.

And globally….

  • Per kemarin, total kasus Covid-19 di seluruh dunia adalah 6.927.639 orang, dengan total kematian 400.290 orang.
  • Negara dengan jumlah kasus tertinggi adalah Amerika Serikat (1.920.061 kasus), Brasil (672.846 kasus), Rusia (467.073 kasus), Inggris (286.295 kasus), dan India (248.228 kasus).
  • Over the weekend kemarin, diketahui bahwa jumlah kasus Covid-19 di Arab Saudi meningkat, sehingga jam malam aka curfew di negara tersebut kembali berlaku. FYI gengs, update terbaru diketahui bahwa ada 150 anggota kerajaan Arab Saudi yang positif Covid-19.
  • Seiring dengan makin menurunnya angka penyebaran Covid-19 di Eropa, Spanyol rencananya bakal membuka kembali pariwisata per Juli nanti.
  • Pemerintah Perancis menyebut bahwa virus Covid-19 di negaranya kini udah “under control”, thx to warganya yang pada nurut banget untuk pake masker.
  • Di Inggris, siapa aja yang mau naik kendaraan umum bakal diwajibkan untuk pake masker.
  • Perusahaan farmasi asal Inggris, AstraZeneca, menyebut bahwa kandidat vaksin yang dikembangkan oleh Universitas Oxford kemungkinannya bakal ready pada akhir tahun ini. Selain itu, mereka juga kerjasama dengan India’s Serum Institute untuk memastikan bahwa negara berkembang juga kebagian vaksin-vaksin ini.
  • Minggu lalu, pemerintah Brasil udah memutuskan untuk nggak nge-update lagi jumlah total kasus Covid-19 di negaranya. Jadi Jumatnya, pemerintah setempat menutup website soal jumlah update kasus terbarunya, dan pada Sabtu, website-nya ada lagi, tapi tanpa data jumlah kasus Covid-19 terbaru.

What made people to mourn over the last weekend?

Gambar: cnnindonesia.com

This helicopter crash.
Yep. Sabtu kemarin, terjadi kecelakaan jatuhnya helikopter milik TNI AD di Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah.

Hah kok bisa?
Jadi awalnya, helikopter ini akan melakukan latihan terbang di pusat pendidikan penerbang Angkatan Darat yang ada di Semarang. Nah, pas dicek sih, kondisi pesawat dalam keadaan baik dan nggak ada hal-hal yang mengindikasikan kerusakan…

Go on..
Nah lalu digunakanlah helikopter bertipe MI-17 itu untuk terbang latih. Lalu pas ada di atas perairan Kendal, helikopternya terlihat kehilangan kendali hingga akhirnya jatuh dan terbakar. Kecelakaan ini menyebabkan empat orang prajurit TNI meninggal dan lima lainnya mengalami luka-luka.

Oh no… emang penyebabnya apa sih?
Belum tau, masih diinvestigasi sama pihak-pihak terkait.

Olrite. Anything else?
FYI, helikopter MI-17 ini merupakan produksi Rusia yang merupakan jenis helikopter angkut. Heli ini juga dilengkapi dengan berbagai persenjataan lengkap dan memiliki sistem keamanan yang tinggi ketika berada di lingkungan pertempuran.


Who’s hitting the emergency button?

Gambar: dw.com

Russia.

Why? What happened?
Minyaknya tumpah. Jadi minggu lalu, tepatnya Kamis, Rusia mengumumkan status darurat di beberapa wilayah di Siberia karena terjadi kasus minyak tumpah yang mencemari perairan.

Terus kenapa sampe pasang status darurat?
Karena tumpahannya banyak banget, yaitu sampe 21 ribu ton minyak yang tumpah ke sungai dan alirannya berakhir di Samudera Arktik. Ini adalah jumlah minyak tumpah aka oil spill terbesar yang pernah terjadi di Rusia.

Whoaaaa….
Yep, tumpahan minyak ini sendiri udah mencemari area perairan seluas 14.000 kilometer persegi dan menyebabkan warna perairannya berubah jadi pink. Para ahli menyebut, bakal butuh waktu bertahun-tahun untuk memulihkan kondisi di perairan tersebut.

OMG emang asalnya dari mana si?
Dari area industri yang dikelola oleh perusahaan tambang, namanya Norilsk Nickel. Perusahaan ini merupakan salah satu produsen nikel, tembaga, dan palladium terbesar di dunia. Menurut keterangan dari perusahaan, minyak tumpah ini disebabkan oleh kebocoran yang terjadi di tank penyimpanan.

Terus pemerintah Rusia ada komentar ga?
Ada. Presiden Vladimir Putin menyebut bahwa dia baru tau terjadinya insiden ini dua hari setelah kejadian. Putin kemudian bilang di TV nasional bahwa, masa pemerintah tau kejadian emergency kayak gini dari sosial media?

I see. Anything else?
Terkait kejadian ini, Amerika Serikat sebagai “it’s complicated” partner-nya Rusia menawarkan diri untuk membantu membersihkan bekas-bekas tumpahan minyak tadi. Dalam postingan Twitter-nya, Menlu AS Mike Pompeo bilang bahwa meskipun kedua negara punya banyak perbedaan, tapi AS siap membantu Rusia dalam mengatasi bencana lingkungan yang terjadi akibat tumpahan minyak ini.


Who’s taking graduation to the next level?

Gambar: cnn.com

This high school in Florida.
Yep. Scooch over, online graduation. Here comes the most “niat” graduation in history: upacara wisuda pake jet ski! Jadi ada sekolah di Florida, Amerika Serikat, namanya Somerset Island Prep, yang menggelar upacara wisuda offline buat para siswanya. Tapi secara harus tetap physical distancing, para lulusan ini mengganti ritual naik panggung untuk nerima ijasah dengan naik jet ski. Jadi untuk menerima ijasahnya, para siswa ini bakal naik jet ski untuk nyamperin kepala sekolahnya yang udah nungguin di kapal yang “parkir” di tengah perairan. Setelah nyampe di deket kapal, Pak Kepsek bakal ngasihin ijasahnya pake tongkat demi tetap mempraktekkan physical distancing.

FYI gengs, untuk menjalankan upacara graduation anti-mainstream ini, para wisudawan udah lebih dulu mengikuti les jet ski yang diadakan sebelum wisuda dan pake baju pelampung di balik toganya. Selain itu, meski di tengah perairan, para graduates ini tetep pake masker.

Now singing: We’ll never go out of style….


Thank God, we are leaving the worst part.”

Gitu kata Paus Fransiskus saat berbicara dalam misa mingguannya yang digelar di Vatikan, kemarin. Dalam misa yang dihadiri oleh ratusan orang di Basilika Santo Petrus tersebut, Paus Fransiskus menyampaikan bahwa krisis memang sudah berlalu, tapi beliau mengingatkan warga untuk tetep mengikuti peraturan yang udah ditetapkan pemerintah. FYI, sebagai wilayah yang terletak di Roma, Italia, Vatikan memberlakukan lockdown setelah pandemi Covid-19 menyebar di negara tersebut. Namun seiring dengan makin berkurangnya angka penularan, Vatikan pun kembali menggelar misa secara publik sejak pertengahan bulan lalu.

See? This, too, shall pass…


Angel’s Stories 

1. Sejak WFH, aku jadi lebih sering masak sendiri. sebelumnya ga pernah masak di kos karena biasanya makan di kantor dan makan di luar. Alhasil, tiap beberapa hari sekali ke pasar untuk beli bahan masakan. Pas mau ke pasar, ketemu bapak-bapak yang jualan sayur keliling, dorong gerobaknya. Aku belilah beberapa sayur di bapaknya. By the way, bapaknya jualan sayur ga pake sandal, setiap hari. gatau kenapa sediiih liatnya. Pas mau bayar dan ga ada kembalian, bapaknya nyuruh besok aja bayarnya. Padahal itu baru pertama kali aku belanja sama bapaknya. Bapaknya baik banget dan sepercaya itu. Ini ngebuat aku makin yakin untuk ngelebihin bayar belanjaannya. Yang mau aku bilang, tetaplah jadi orang baik kayak bapak penjual sayur ini. Di kondisi kayak gini, dia bersikap baik bahkan sama orang yang baru ketemu. Sehat sehat ya pak..
-Anonymous-

2. At 10 am, my lecturer just replied terimakasih to my email yang isinya tugas essai pengganti ETS yang aku kirim sekitar jam 8am. It was so heart warming tho. I feel so appreciated. I mean beberapa kali kerjain tugas pesimis aja dosen bakal bacain semua essai dari semua mahasiswa padahal kerjainnya serius. Jadi bikin males nugas. Tapi ternyata masih ada kok yang baca email mahasiswa satu-satu, dibales terimakasih pula(: Tau banget kalo dosen ga cuman ngajar, pasti ada urusan administratif atau apalah yang harus dikerjain dari rumah. Dan beliau masih sempat sempatnya bales terimakasih uwuwu I am so soft. Buat Bu Windiani, terimaksih udah balikin mood belajar mahasiswa yang hobi rebahan ini. Sehat terus ya bu, kangen dijelasin ibu di kelas.
-cho-

3. Not exactly today sih yaa. Jadi minggu lalu, aku ngajak satu temen buat bagi-bagi sembako. Target utamanya sih para pekerja di jalan yang bergantung sama pendapatan harian. Dari rencana cuma berdua dan diem-diem, ternyata kekumpul dana dari donatur buat 60-an paket aja dong :’) and the priceless moment was when we gave it all to those who are in needs, langsung berlimpah doa and we both were berkaca-kaca nahan nangis berbatas jendela mobil. Sama-sama merasakan rasanya bersyukur dan bahagia dalam keterbatasan masing-masing. Minta doanya yaa semua biar kegiatan ini bisa berlanjut ga cuma satu kali ini aja :’)
-Ginc, Bandung-

(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience first hand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)


Catch Me Up! Recommendations

This hand signal signifies domestic abuse. Use it when asking for help via video call without leaving digital trace. Or if you see this, learn how to help, here