Corona Updates, Calon Pendamping Joe Biden, Sampah Medis di Laut, Kebijakan L’oreal

71

Hi, good morning.

It’s the last Monday of June 2020 and the day after tomorrow, we will officially get into the second half of the year. Whoaaa who could’ve imagined that you can reaaallly just stay at home for three months straight? For that, we want to congratulate you for making it this far, and want to let you know that we will be with you throughout this journey. So, let’s cheers virtually, with a cup coffee. Happy Monday, everyone. 


Here’s another update on Covid-19

Hi! It’s another Covid-19 round up for you. And as usual, we start from …

National updates…

  • Per kemarin, total kasus positif Covid019 di Indonesia adalah 54.010 kasus, 22.936 orang sembuh, dan 2.754 orang yang meninggal.
  • Finally a good news, bahwa per kemarin, jumlah pasien yang sembuh dalam sehari sampai 1.027 pasien. Ini merupakan rekor tertinggi dalam sehari.
  • Kangen berenang di swimming pool? Don’t worry because kolam renang udah boleh dibuka lagi untuk umum, tapi ada syaratnya. Air kolam renang harus pake disinfektan klorin 1-10 ppm atau bromin 3-8 ppm, jadi pH air sampe 7,2 – 8.
  • Bagi yang ikutan Car Free Day di Bunderan HI kemarin, FYI minggu depan nggak ada CFD lagi gengs. Tapi warga masih boleh olahraga di kawasan itu, bedanya ya mobil sama kendaraan bermotor lainnya bakal tetap lewat sana. Lokasi CFD juga bakal terbagi di berbagai wilayah di Jakarta, untuk menghindari penumpukan di Thamrin-Sudirman.
  • Tangerang Raya memperpanjang PSBB lagi sampai 12 Juli 2020, dan itu pun lihat kondisi nanti, apakah udah bisa dilonggarin atau belum.
  • Jawa Timur adalah provinsi peringkat pertama dengan kasus positif terbanyak di Indonesia, even higher than DKI Jakarta! Jatim punya kasus 11.508, sedangkan DKI Jakarta ada 11.114 kasus.
  • Di Sumatera Utara, total pasien positif corona sampai 1.467 orang per Minggu (28/6). Jumlah yang paling banyak ada di Kota Medan (960 pasien).
  • Saat ini, Kalimantan Timur masih berstatus darurat Covid-19. Jadi meskipun udah memasuki fase ‘new normal’ bukan berarti kondisi udah nggak darurat lagi. Karenanya, masyarakat diminta untuk tetap disiplin melakukan protokol kesehatan. Saat ini, Kaltim punya 494 kasus positif.

Global updates:

  • Per 28 Juni 2020, total kasus Covid-19 positif di dunia adalah 10.015.904 kasus, dan 499.486 orang meninggal.
  • Negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (2.511.725 kasus), Brazil (1.313.667 kasus), Russia (633.542 kasus), India (528.859 kasus) dan United Kingdom (311.739 kasus).
  • Turki memberlakukan ‘partial curfew’ bagi calon mahasiswa yang lagi ujian masuk universitas. Partial curfew-nya dimulai jam 9:30 pagi sampai 6:30 malam. Selain itu, para pelajar juga dibolehin pake transportasi umum.
  • Sebuah pulau di Yunani, namanya Kos, bakal ngasih liburan gratis buat 170 dokter dari Jerman mulai hari ini, setelah penerbangan berjalan normal kembali. Menurut keterangan dari menteri pariwisatanya, disebutkan bahwa liburan gratis ini adalah merupakan bentuk apresiasi bagi para dokter yang telah berjuang menghadapi virus Covid-19 di Jerman.
  • WHO menyebut kalau penambahan kasus Covid-19 di Filipina adalah penambahan tercepat di wilayah Pasifik Barat. Dari tanggal 16 Juni-28 Juni, penambahan kasus di Filipina mencapai 9.655 kasus.
  • Korea Selatan bakal segera ngebolehin beberapa penonton/fans untuk menonton pertandingan olahraga.
  • Presiden Iran Hassan Rouhani menyebut bahwa pemakaian masker wajah bakal diwajibkan di beberapa wilayah, mulai hari ini.
  • Swiss baru aja mengkarantina 300 orang yang terdampak dari adanya infeksi corona baru di sebuah klub malam di Zurich. Setidaknya ada 5 pengunjung klub tersebut yang positif per Jumat (26/6) kemarin.
  • Mexico mencatat 4.410 kasus baru per Sabtu (27/6) kemarin, jadi total kasus di Mexico adalah 212.802 kasus.
  • India mencatat 19.906 kasus baru per Minggu (28/6) dalam sehari, ini merupakan jumlah penambahan kasus tertinggi dalam sehari.
  • Di Tiongkok, ada 17 kasus corona baru, 14 di antaranya adalah transmisi lokal di Beijing. Menurut National Health Commission (NHC), total kasus di Tiongkok adalah 83.500 kasus.

Who’s singing “I need a girl, to run, run, run…”

First of all, I think it’s “Ride, ride, ride”. Second, It’s P. Diddy.

Wrong and wrong. We’re actually talking about Joe Biden.
 
Joe whooo?
Biden. OK a little background here, November nanti, kalo jadi, Amerika Serikat bakal menggelar pemilu presidennya. Dan kayak yang kamu udah tau, di Amerika cuma ada dua partai, yaitu Partai Demokrat dan Partai Republik. Meaning, bakal cuma ada dua calon presiden juga, yaitu kalo dari Partai Republik adalah sang petahana Donald Trump, dan kalo dari Partai Demokrat, Joe Biden.
I still have no idea who Joe Biden is.
Yha gpp mari kita kenalan. Jadi Biden ini adalah seorang politisi senior AS asal Partai Demokrat yang sekarang umurnya 77 tahun. Di tahun 1988 lalu, Biden pernah mau maju jadi capres, terus kalah. Di 2008 maju lagi, terus kalah lagi. In between, dia jadi anggota DPR dari kampung halamannya, Negara Bagian Delaware…
 
OK go on…
Nah abis kalah pas nyapres di tahun 2008 itu, Biden kemudian ditunjuk jadi capres sama Presiden Obama. Dia kemudian jadi cawapres/bff-nya Obama sejak tahun 2009 sampe 2017.
I see…
Nah fast forward four years later, Biden maju lagi nih jadi capres, dan lagi-lagi, dari Partai Demokrat. Dia kemudian ikut pemilihan internal partai (namanya konvensi/kaukus) dan jeng jeeeeng Biden yang keluar sebagai pemenang. Dengan begitu, maka udah hampir fix nih, Biden yang bakal maju jadi capres dari Partai Demokrat. Rencananya Agustus nanti, Biden bakal menerima pencalonan resmi dari Partai Demokrat secara virtual.
 
When are you going to talk about the “I need a girl” part?
Now. Jadi dalam konvensi internal Demokrat yang berjalan selama berbulan-bulan, Biden udah sering ngomong bahwa dia bakal memilih cewek sebagai wakil presidennya. Biden bilang, banyak politisi cewek yang mampu untuk jadi cawapres, dan nanti kalo kepilih presiden, dia juga mau kabinetnya diisi oleh banyak perempuan.
Interesting. So who are the candidates?
Biden is still in the “picking” mode, tapi beberapa nama kayak Senator dari Massachusetts Elizabeth Warren, Senator asal Minnesota Amy Klobuchar, dan Senator asal California Kamala Harris masuk sebagai kandidat kuat cawapresnya Biden.
OK. Anything else I should know?
Well, Biden sih bilang dia baru bakal ngumumin siapa cawapresnya pada awal Bulan Agustus mendatang. In the meantime, if you want to know more about the woman that Biden may or may not choose, here are the possible candidates.

For when you should be mindful about your masks…

Yep, now that masker jadi barang wajib kamu sehari-hari, jangan lupa untuk membuangnya secara mindful ya gengs!

Emang kenapa?
Karena seiring dengan mewabahnya Covid-19 di seluruh dunia, jumlah sampah medis yang dibuang ke laut juga bertambah banyak. Menurut lembaga konservasi laut asal Prancis, namanya Opération Mer Propre (Operation Clean Sea), jumlah sampah medis yang ada di laut Mediterania bisa jadi lebih banyak daripada jumlah ubur-ubur.
 
Oh no…
Yep, jadi dari hasil operasi pembersihan lautnya, OMP menemukan bahwa 5% dari limbah yang ada di laut adalah sampah medis dari Covid-19. However, dengan masih berlangsungnya penyebaran wabah ini, diprediksi maka jumlah sampah medisnya juga bakal bertambah secara cepat.
 
OMG terus gimana 🙁
Menurut OMP sih, emang perlu kesadaran aja untuk orang-orang biar nggak buang sampah sembarangan ke laut (regardless jenis sampahnya), also untuk menggalakkan penggunaan sarung tangan dan masker yang bisa digunakan berulang-ulang, dibanding yang disposable aka langsung buang.
 
But, it’s only in the Mediterranean Sea, right?
Nggak juga beb. Di Hong Kong, sebuah organisasi konservasi laut juga, namanya OceansAsia pada Bulan Februari lalu mengumumkan bahwa telah terjadi peningkatan sampah medis secara signifikan yang dibuang di bibir pantai. Belum lagi, di negara-negara Asia, emang secara kultur mereka suka pake masker, bahkan sebelum Covid-19. Jadi pas Covid terjadi ada sekitar 7 juta penduduk Hong Kong yang pake masker, either sekali atau dua kali dalam sehari. Kebayang kan tuh jumlah sampahnya kayak apa…
 
So, what can we do?
Again, kalo untuk pemakaian sehari-hari yang nonmedis, kamu diimbau untuk pake masker maupun sarung tangan yang bisa dipake berulang-ulang. Selain itu, tetep yang paling penting kesadaran bersama untuk nggak buang sampah sembarangan, sehingga sampahnya juga nggak berakhir di laut. Gitu.

 


What’s showing some progress?

L’Oreal.

Yep, perusahaan kecantikan terbesar di dunia itu minggu lalu baru aja ngumumin bahwa mereka bakal menghapus kata-kata kayak “putih”, “cerah”, dan “terang” dari semua produk krim malamnya. Keputusan ini disampaikan L’Oreal menyusul protes global terkait marketing “kulit putih” atau “kulit cerah” yang biasa ditemukan di pasar-pasar kecantikan di Asia dan Afrika. Selain L’Oreal, beberapa hari sebelumnya, perusahaan Unilever juga baru aja ngumumin bahwa mereka akan menghilangkan kata “cerah” dari produknya, sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk “merayakan semua warna kulit”. FYI, L’Oreal dan Unilever adalah dua produsen produk kecantikan terbesar di Asia, Afrika, dan Karibia yang kerap memproduksi kosmetik maupun skincare yang “memutihkan”, atau “mencerahkan”. Hal ini tentunya mengundang kritikan global, seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat bahwa warna kulit apa aja cantik kok. YEAY.

 
Now singing: coz you’re amazing, just the way you are….

“She had a dog-friendly carrot cake.”

Gitu kata pemilik seekor anjing golden retriever tertua di dunia, bernama Jennifer dan Steve Hetterscheidt ketika merayakan ulang tahun ke-20 buat anjingnya yang bernama Augie. Selain dapet carrot cake, pasangan tadi juga merayakan ulang tahun Augie dengan memberikan makanan kesukaannya kayak blueberry, roti dan pasta, serta mendekor rumah dengan pernak-pernik anjing. Meski begitu, tetep aja Augie gabisa makan banyak-banyak karena dia udah tua. Jadi yaa harus jaga kesehatan. See Augie’s heartwarming birthday pictures here
 
What’s the sweetest thing you’ve done for your pup? We’ll wait.

Angel’s Stories 

1.Beberapa hari ini suka kesel liat di twitter, orang udah mulai berkerumun. Eh nemu twitnya @adionooo “Minat baca rendah? Kalo ada aksesnya ya tinggi”. Di twitnya ada video anak kecil baca buku di tengah kebun. Mang Adi juga cerita di masa pandemi ini, ia kesusahan buka lapak baca buku gratis. Hati langsung hangat, kepikiran orang yang biasanya mudah dapet akses belajar aja jadi sulit di tengah pandemi apalagi yang dari awal sulit. Langsung deh donasi di kitabisa.com. Meskipun gak banyak, tapi seneng banget liat hari minggu kemarin anak2 itu dapet buku baru. Semoga masa pandemi ini cepet berlalu, jadi Mang Adi bisa lanjutin misi literasinya.
-(Orang Baik)-

2. Hari ini setelah pulang Jumatan, lewat toko yang di depannya nyediain makan siang gratis untuk siapa pun. Jadi orangnya nyediain satu etalase di depan kiosnya berjualan dan siapa pun boleh ambil makanannya. Pas aku lewat, sederet bungkus nasi masih tersedia gitu mungkin ada untuk 10-12 porsi. Ternyata kata ayah yang sudah sering lalu lalang lewat sini, setiap jumat memang orangnya rutin nyiapin hal ini. Setelah diinget-inget, waktu bulan puasa dan di etalase yang sama juga selalu disediain takjil dan bukaan buat siapa pun, gratis bebas ambil. Hebat yaa orangnya ternyata mempertahankan perbuatan baik tersebut sampai sekarang ini🥺 Cuma mau menyampaikan terima kasih untuk siapa pun penjual tersebut. Terima kasih sudah hadir memberikan cerita hangat lewat kebaikan yang menjadi inspirasi bersama. Semoga bisa berbalik menjadi amal yang terbaik baginya kelak. Salut banget!♥️
-Naufal, Kelurahan Sukatani, Depok-

3.  Kemarin, jadwal di kerjaan lagi padat banget. Meet dari pagi sampai siang, terus lanjut meet bahasan lainnya siang sampai sorenya. Sebenernya WFH sih, meet online. Tapi justru itu saya jadi kepikiran; untung ya saya udah selesai kuliah. Walaupun harusnya wisuda kemarin April (dan akhirnya ga diwisuda karena pandemi hiks), tapi bersyukur banget di saat-saat kayak gini sudah menyelesaikan studi. Soalnya dulu waktu kuliah jadwalnya padet banget. Beneran yang dari jam 7-17 nonstop. Ga kebayang aja sih kalau harus kuliah online kayak gitu kayaknya akan capek bgt, mata apalagi, gatau saya sanggup engga nerima materinya. Ga kebayang.Lalu jadi merasa teman-teman yang masih kuliah-kuliah online sangat keren, kuat, dan hebat sih. Saya salut banget sama teman-teman. Semoga selalu dikuatkan ujian-ujian dalam belajar di masa pandemi ini!! Semangat!
-F, masih di rumah aja-

(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience first hand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)


Catch Me Up! Recommendations

Did you know that colors are more than just ‘mejikuhibiniu’?