Corona Updates: 14 Juni 2020

77

Monday is for your Covid-19 roundup. Leggo!

Gambar: cnn.com

Yep, we’re dreaming of the day (when you wake up and find that what you’re looking for has been here the whole time… eiiits, you sing, you lose! sorry Taylor LOL)Anyway, maksudnya dreaming of the day when there is no more Covid-19 recap because this whole situation is over. Tapi ya karena belom jadi kita lanjut deh…

Nationally…

  • Yep, secara nasional, per kemarin, jumlah total kasus positif di Indonesia adalah 38.277 kasus, 21.612 dalam perawatan, 14.531 sembuh, dan 2.134 meninggal.
  • Top five lima daerah dengan kasus Covid-19 terbanyak adalah DKI Jakarta (8.861 kasus), Jawa Timur (7.597 kasus), Sulawesi Selatan (2.707 kasus), Jawa Barat (2.587 kasus), dan Jawa Tengah (1.946 kasus).
  • Udah kangen CFD-an di Bunderan HI? Well, kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, jalur pejalan kaki dan sepeda bakal mulai dibuka lagi minggu depan (kemarin juga udah buka sih gengs), tapi belum boleh ada yang jualan. Also, CFD-nya juga harus tetap menerapkan physical distancing. 
  • Untuk wilayah Tangerang Raya aka Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan, pemerintah berencana untuk memperpanjang PSBB sampai 28 Juni mendatang.
  • Ga lama setelah terjadi insiden pengusiran terhadap kegiatan rapid test di Pasar Cileungsi, Bogor, Gubernur Jawa Barat Kang Ridwan Kamil minta TNI-Polri untuk ikut mengawal kegiatan rapid tests yang dilakukan oleh tim Covid-19. Kata Kang Emil, koordinasi ini dilakukan supaya kejadian yang sama nggak terjadi lagi.
  • Ada enam provinsi di Indonesia yang nggak mengalami penambahan kasus positif Covid-19 per kemarin. Keenamnya adalah Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, Riau, dan Gorontalo.
  • It happened again, pengambilan paksa jenazah pasien Covid 19 oleh warga. Kali ini, insiden terjadi di Pamekasan, Jawa Timur, dan terjadi pada para tenaga medis yang lagi nganterin jenazah untuk dimakamkan dengan protokol Covid-19. Menurut infonya sih, hal ini terjadi karena warga nggak terima jenazah dimakamkan tanpa dimandiin dulu.
  • Menanggapi kejadian penjemputan paksa pasien Covid-19 yang udah beberapa kali terjadi, Kapolri Pak Idham Azis meminta jajarannya untuk menindak tegas para pelaku. Beliau juga minta para penjemput untuk buru-buru dilakukan rapid test.

And globally…

  • Per kemarin, total kasus Covid-19 di seluruh dunia adalah 7.810.630 kasus positif dengan total kematian sebanyak 430.542 orang.
  • Lima negara dengan kasus positif terbanyak adalah Amerika Serikat (2.074.526 kasus), Brasil (850.514 kasus), Rusia (528.267 kasus), India (320.922 kasus), dan United Kingdom (295.828 kasus).
  • Per hari ini, Perancis bakal melonggarkan kebijakan jaga jaraknya karena kasus Covid-19 di negara tersebut telah jauh berkurang. Kata Presiden Prancis Emmanuel Macron, warganya udah boleh bangga karena mereka udah berhasil menyelamatkan banyak nyawa, by our choices, by our action. Gitu katanya.
  • Kemarin, Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence menyebut bahwa angka pasien dan perawatan di rumah sakit untuk pasien Covid-19 di negaranya udah menurun. Padahal, data dari Johns Hopkins University menunjukkan bahwa tengah terjadi kenaikan jumlah pasien Covid-19 di sekitar 17 states di US.
  • Jumlah kematian di Amerika Serikat karena Covid-19 udah mencapai lebih dari 110.000 kasus.
  • Setelah selama hampir dua bulan nggak menemukan satu pun kasus Covid-19, ibu kota Tiongkok, Beijing, kembali mengonfirmasi 43 kasus positif. Seluruh kasus ini diduga ada kaitannya dengan sebuah pasar agrilkultur terbesar di Beijing, namanya Pasar Xinfadi. Akibat penemuan ini, pemerintah setempat kemudian memberlakukan kebijakan lockdown.
  • Presiden Chile Sebastian Pinera baru aja mencopot menteri kesehatannya, Jaime Manalich, karena diduga melakukan manipulasi data Covid-19.
  • Kemarin, India baru aja melaporkan kasus Covid-19 terbanyak dalam 24 jam, yakni 11.929 kasus. Dengan tambahan ini, angka Covid-19 di India adalah 320.922 kasus positif dan 9.195 kematian.
  • Mulai Juli mendatang, Mesir akan membuka kembali semua bandaranya, setelah tutup sejak Maret lalu.
  • Masih inget soal vaksin Covid-19 yang lagi dikembangkan sama Oxford University di Inggris? Nah, perusahaan farmasi asal negara tersebut, namanya AstraZeneca baru aja mencapai kesepakatan sama beberapa negara Eropa kayak Jerman, Italia, Perancis, dan Belanda untuk menyediakan supply vaksin tersebut sebanyak 400 juta dosis, expected to start the production by the end of the year