Calon Pendamping Joe Biden

57

Who’s singing “I need a girl, to run, run, run…”

First of all, I think it’s “Ride, ride, ride”. Second, It’s P. Diddy.

Wrong and wrong. We’re actually talking about Joe Biden.
 
Joe whooo?
Biden. OK a little background here, November nanti, kalo jadi, Amerika Serikat bakal menggelar pemilu presidennya. Dan kayak yang kamu udah tau, di Amerika cuma ada dua partai, yaitu Partai Demokrat dan Partai Republik. Meaning, bakal cuma ada dua calon presiden juga, yaitu kalo dari Partai Republik adalah sang petahana Donald Trump, dan kalo dari Partai Demokrat, Joe Biden.
I still have no idea who Joe Biden is.
Yha gpp mari kita kenalan. Jadi Biden ini adalah seorang politisi senior AS asal Partai Demokrat yang sekarang umurnya 77 tahun. Di tahun 1988 lalu, Biden pernah mau maju jadi capres, terus kalah. Di 2008 maju lagi, terus kalah lagi. In between, dia jadi anggota DPR dari kampung halamannya, Negara Bagian Delaware…
 
OK go on…
Nah abis kalah pas nyapres di tahun 2008 itu, Biden kemudian ditunjuk jadi capres sama Presiden Obama. Dia kemudian jadi cawapres/bff-nya Obama sejak tahun 2009 sampe 2017.
I see…
Nah fast forward four years later, Biden maju lagi nih jadi capres, dan lagi-lagi, dari Partai Demokrat. Dia kemudian ikut pemilihan internal partai (namanya konvensi/kaukus) dan jeng jeeeeng Biden yang keluar sebagai pemenang. Dengan begitu, maka udah hampir fix nih, Biden yang bakal maju jadi capres dari Partai Demokrat. Rencananya Agustus nanti, Biden bakal menerima pencalonan resmi dari Partai Demokrat secara virtual.
 
When are you going to talk about the “I need a girl” part?
Now. Jadi dalam konvensi internal Demokrat yang berjalan selama berbulan-bulan, Biden udah sering ngomong bahwa dia bakal memilih cewek sebagai wakil presidennya. Biden bilang, banyak politisi cewek yang mampu untuk jadi cawapres, dan nanti kalo kepilih presiden, dia juga mau kabinetnya diisi oleh banyak perempuan.
Interesting. So who are the candidates?
Biden is still in the “picking” mode, tapi beberapa nama kayak Senator dari Massachusetts Elizabeth Warren, Senator asal Minnesota Amy Klobuchar, dan Senator asal California Kamala Harris masuk sebagai kandidat kuat cawapresnya Biden.
OK. Anything else I should know?
Well, Biden sih bilang dia baru bakal ngumumin siapa cawapresnya pada awal Bulan Agustus mendatang. In the meantime, if you want to know more about the woman that Biden may or may not choose, here are the possible candidates.