Black Lives Matter, Corona Updates, Dokter Superhero

135

It’s Tuesday.

Hi, there. If you think you’ve missed sooo many updates from your best friend that you haven’t been video-calling since last week, wait until you read what happened during the weekend. Racism is a serious disease. Not only dehumanizing, but it could also cripple a nation. Now as we just commemorated Pancasila Day yesterday, let’s take it as a reminder that we will do everything we can, in our means, to assure that we will not be subscribing to bigotries, racism, ignorance, and lack of empathy towards each other. Not by race, not by religion, not by the color of their skin, not by anything.


Here is your #blacklivesmatter guide, from A-to-Z.

Gambar: cnnindonesia.com

I am ready. Where do we start?
George Floyd.

Who?
He is a 46-year-old African-American guy dari Minneapolis, Minnesota, yang meninggal karena kekerasan polisi. Dalam video yang viral, terlihat Floyd ditindihin lehernya sama lutut seorang polisi, namanya Derek Chauvin, sampe dia ga bisa napas. Floyd akhirnya meninggal setelah ditindihin selama hampir sembilan menit.

OMG. Give me all the background.
Jadi gini, awalnya Floyd itu beli rokok pake duit US$20 di sebuah swalayan. Pas bayar, si kasir beranggapan bahwa duitnya itu palsu, lalu sesuai protokol, kasirnya kemudian nelepon polisi. Gak lama kemudian, polisi dateng dan Floyd masih di mobil di parkiran, sama dua orang lainnya…

Go on…
Floyd kemudian disuruh turun dari mobil dan tangannya diborgol. Di situlah mulai terjadi tindakan kekerasan yang bikin Floyd kemudian jatuh ke tanah dalam posisi tengkurep, terus lehernya ditindihin sama Chauvin pake lutut. Selama ditindihin itu, Floyd berkali-kali bilang, “I can’t breathe“, tapi polisinya pada diem aja di posisi masing-masing. FYI, ada empat polisi yang di tempat kejadian saat itu.

Terus-terus…
Iya, at some point, Floyd akhirnya berhenti bergerak dan pengunjung yang ngeliat kejadian itu langsung meminta polisi untuk cek denyut nadinya, Ya udah nggak ada. Floyd kemudian dilarikan ke rumah sakit tapi nyawanya udah nggak tertolong.

It’s totally unacceptable.
Totally. Which is why 
puluhan ribu orang di seantero Amerika Serikat turun ke jalan untuk memprotes tragedi ini. Karena suasana yang makin mencekam, saat ini ini ada 40 kota dan 15 negara bagian di Amerika Serikat yang memberlakukan jam malam demi membatasi aksi para pemrotes.

Kenapa mencekam?
Yha karena suasananya udah makin panas. Di beberapa kota, dilaporkan bahwa polisi udah make gas air mata dan peluru karet yang menyebabkan puluhan orang luka-luka. Selain itu, banyak gedung dan toko yang terbakar dan satu orang dilaporkan tewas pas lagi aksi di Detroit, Michigan.

OK, back to George Floyd, terus si polisi yang ngebunuhnya diapain?
Keempatnya dipecat, terus Chauvin is charged with murder. Ga lama abis kejadian itu, dia juga dicerain sama istrinya.

Terus Trump?
Yang terbaru sih kemarin, Trump diketahui sempet ngumpet di bunker bawah tanahnya White House ketika aksi protes di Washington DC berlangsung. Terus seperti biasa, dia juga ngetwit yang awalnya sih minta investigasi menyeluruh atas kasus kematian Floyd. Dua hari kemudian, dia marah-marah di Twitter sama wali kota Minneapolis yang dinilainya nggak punya leadership terkait aksi protes yang berujung kerusuhan. Trump kemudian bilang bahwa kalo nggak bisa ngontrol daerahnya, maka dia bakal ngirim tentara…

Ampuuun…
Yep, to be precise, Trump ngetwit“When the looting starts, the shooting starts.” Ini langsung di-block sama Twitter karena disebut mengglorifikasi kekerasan. FYI, hingga saat ini aksi demonstrasi masih berlangsung di berbagai kota di Amerika Serikat dan bahkan sampe ke kota-kota di luar negeri kayak di Paris dan Amsterdam.

Alrite. Anything else I should know?
Well, to give you context, Amerika Serikat emang punya sejarah panjang soal rasisme, di antaranya terhadap ras Afrika-Amerika. Sejak awal kedatangan mereka ke AS yang kebanyakan sebagai budak, kelompok ini banyak mengalami aksi penyiksaan dan pelanggaran HAM, hingga sejarah diskriminasi yang panjaaang banget. Saat ini, meski secara formal perbudakan dan segregasi udah dihapuskan, aksi diskriminasi dan kekerasan terhadap warga Afrika-Amerika masih banyak terjadi, khususnya yang dilakukan sama polisi. Sebelum kasus Floyd ini terungkap, pada Februari lalu, seorang Afrika-Amerika di Atlanta, namanya Ahmaud Arbery, juga ditembak mati sama seorang mantan anggota kepolisian pas dia lagi jogging karena dikira maling lagi kabur.

#blacklivesmatter…


And your weekly Covid-19 recap…

Gambar: cnn.com

Yep, we have everything you need to know about Covid-19 nationally and globally. Here. Scroll down.

Nationally…

  • Per kemarin, total kasus positif corona di Indonesia mencapai 26.940 kasus, 7.637 orang sembuh, dan 1.641 meninggal.
  • Saat ini, lima provinsi dengan kasus Covid-19 tertinggi adalah DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan.
  • Kasus Covid-19 saat ini udah meningkat dua kali lipat di bulan Mei kemarin, dengan total kasus positif: 16.355 orang. Padahal, total kasus selama bulan April lalu adalah 8.590 kasus.
  • Kemarin, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto bilang bahwa kalau terjadi gelombang kedua wabah Covid-19, rencana “new normal” bisa dibatalin.
  • New normal nggak diterapin di seluruh provinsi/kota, ini daftar wilayah yang boleh menerapkan new normal.
  • Not so good news from East Java. Over the weekend, terjadi kisruh antara Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini terkait bantuan mobil lab yang bakal dipake warganya untuk tes PCR. Inti masalahnya adalah Bu Risma udah nungguin mobil PCR tersebut untuk tes swab warga Surabaya, tapi kemudian mobilnya ternyata cusss ke Tulungagung dan Sidoardjo. Bu Risma marah, and Bu Khofifah was like, “But we don’t have enough testing facilities in those two places!” 
  • Regardless the disagreement between them two, kamu harus tahu bahwa saat ini Jawa Timur merupakan provinsi dengan jumlah kasus Covid-19 tertinggi kedua di Indonesia setelah DKI Jakarta.
  • Kota Tegal di Jawa Tengah adalah satu-satunya daerah di Pulau Jawa yang boleh kembali membuka kegiatan produktif. Hal ini karena tidak ditemukan lagi kasus Covid-19 yang ditemukan di kota tersebut. FYI, Tegal merupakan salah satu kota yang paling duluan local lockdown, walaupun kebijakan ini nggak didukung sama pemerintah pusat. Sampe sekarang, Tegal cuma mencatatkan tiga kasus Covid-19; dengan dua di antaranya sembuh dan satunya meninggal.
  • Pemerintah Kota Sabang, Aceh, menyampaikan bahwa wilayahnya bakal membuka kembali lokasi wisata, termasuk transportasi laut dari Banda Aceh ke Sabang. Keputusan ini diambil seiring dengan akan berlakunya “the new normal” di wilayah tersebut.
  • Kota Palembang rencananya bakal memperpanjang PSBB hingga 14 hari ke depan, mulai dari 3 Juni. Terkait hal ini, Wali Kota Palembang Harnojoyo menyebut bahwa PSBB diperpanjang karena prediksi puncak penularan Covid-19 baru akan terjadi pada minggu pertama bulan Juni.
  • PSBB juga diperpanjang di Kota dan Kabupaten Tangerang, juga Kota Tangerang Selatan, sampai 14 Juni 2020.  Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Banten dan bisa diperpanjang lagi tergantung sikon.
  • Kota Bandung, Jawa Barat, bakal membuka 30 ruas jalan walaupun PSBB masih diterapkan hingga 12 Juni 2020.  Beberapa jalan yang akan dibuka: Jalan Diponegoro, Jalan Dago, Jalan Merdeka, Jalan Lembong, Jalan Tamblong, Jalan Asia Afrika, Jalan Braga, dan Jalan Otista.

Next, internationally…

  • Secara global, total kasus positif Covid-19 hingga kemarin udah mencapai 6.198.167 kasus, dan 372.566 orang meninggal.
  • Per 1 Juni 2020, ada setidaknya 7 negara di Eropa, yang mulai dibuka kembali:
    • Yunani: Penerbangan internasional dibuka lagi dengan jumlah terbatas, dan akan diperbanyak mulai 15 Juni. Ada 29 negara yang diperbolehkan untuk mendarat di dua bandara di Yunani.
    • Perancis: Per hari ini, kafe, bar, restoran, pantai, dan danau bakal kembali dibuka, dengan syarat maksimal cuma 10 orang yang ngumpul-ngumpul.
    • Italia: Per besok, masyarakat udah boleh travelling ke daerah lain dan para pengunjung juga udah boleh mampir ke Italia.
    • Spanyol: Per kemarin, warga Spanyol udah boleh ngumpul-ngumpul, tapi maksimal 15 orang. Selain itu, restoran, bioskop dan museum juga udah mulai dibuka ke berbagai daerah di Spanyol kecuali Madrid. Yep, klo di Madrid, warga masih belum boleh banyak beraktivitas di luar ruangan
    • Inggris: Per kemarin, orang-orang udah boleh ngumpul di tempat terbuka dengan jumlah maksimal enam orang. Anak-anak juga udah boleh ke sekolah atau day care, kalau mereka masih berumur 1-6 tahun.
    • Skotlandia: Guru-guru boleh ke sekolah per 1 Juni untuk mempersiapkan pembukaan sekolah 11 Agustus nanti. Child care juga bakal mulai dibuka lagi per Rabu, 3 Juni, dengan jumlah yang terbatas.
  • Ibu kota India, New Delhi, bakal menutup perbatasannya selama seminggu ke depan. Pemerintah setempat juga menerapkan jam malam yang dimulai dari jam 9 malam sampai 5 pagi. Btw, total kasus di India adalah 190.535 kasus, dengan 5.394 orang yang meninggal.
  • Korea Selatan mencatat 35 kasus positif baru pada 31 Mei kemarin. Sebanyak 24 kasus di antaranya terkait dengan acara kumpul-kumpul keagamaan.
  • Per bulan ini, Saudi Arabia juga bakal melonggarkan peraturan social distancing-nya dan udah mulai membuka kembali masjid-masjid di seluruh negeri, kecuali di Mekkah. Meski begitu, aturan yang menunda umroh dan haji masih berlaku.
  • Sebagai akibat dari Covid-19, pertumbuhan ekonomi di Palestina bakal minus antara 7% hingga 11%. Angka ini drastis banget karena tahun lalu, pertumbuhan ekonomi di negara tersebut cuma naik 1 persen.World Bank memprediksi, angka kemiskinan di Jalur Gaza juga bakal melonjak hingga 64 persen di tahun ini.

When you have a lot of costumes and realized Halloween (will probably) be cancelled…

Gambar: radarbogor.id

Wear it to work.
Itulah yang dilakukan sama seorang dokter asal Bogor, dr. Rollando Erric Manibuy, yang praktek dengan mengenakan kostum superhero. Dokter Erric yang merupakan dokter spesialis bedah tulang itu bilang bahwa idenya muncul gara-gara ngeliat angka penderita Covid-19 di Kota Bogor meningkat. Nah, Pak Dokter ini kemudian menyadari bahwa baju hazmat yang biasa dipake para tenaga kesehatan selama ini bisa terkesan horror di masyarakat, makanya untuk mencoba melawan stigma itu, Pak Dokter mau pake kostum superhero aja. Beliau menyebut, upaya ini dilakukannya supaya suasana rumah sakit bisa lebih ceria, karena sejak pandemi Covid-19 terjadi, masyarakat jadi banyak yang ketakutan.

Hero? Check. Wearing a cape? Check.


“We’re just happy to be here.”

Kata astronot asal Amerika Serikat, Doug Hurley, ketika pesawat luar angkasa yang ditumpanginya, Crew Dragon mendarat dengan selamat di stasiun luar angkasa ISS aka International Space Station. Hari Sabtu, 30 Mei, kemarin Hurley dan rekannya, Robert L. Behnken, meluncur ke luar angkasa dari pangkalan NASA, namanya Kennedy Space Center, yang ada di Florida, Amerika Serikat. Belum ketauan kapan keduanya akan balik lagi ke bumi, though technically, mereka bisa stay di orbit at least selama 210 hari.

Perfect timing. Just… perfect timing. 


Aaaaand just a little meme.

Gambar: @omega.level

Angel’s Stories 

1. Halo CMU! lovers. Ini kejadiannya tepat di Hari Raya Lebaran kemaren. Pas video call sama kakak sambung gue yang udah lamaaaa banget gak bertatap muka langsung. Jadi ceritanya dua tahun lalu kakak gue pernah pinjam uang buat biaya sekolah anaknya dan dia minta maaf belum bisa bayar utangnya karena baru diberhentikan dari tempat kerjanya. Terus gua bilang, “Hutangnya gak usah dibayar, Kak, Insya Allah sudah diikhlaskan.” Seketika kakak gue langsung berkaca-kaca dan bilang makasih dan mendoakan semoga rezekinya makin lancar. Jujur itu bikin gua terharu dan seneng bisa sedikit membantu di masa sulit dan mengingatkan untuk selalu bersyukur.
-Anonymous-

2. Awal semester perkuliahan adalah waktu yang paling berat dalam hidup aku. Semenjak ibu dan ayah cerai aku jadi tinggal sama ibu, bertiga bareng adekku. But, pas awal semester my mom passed away. Jadi aku cuma tinggal berdua sama adekku. Akupun harus jadi tulang punggung keluarga. Yang selama ini hidup enak tiba-tiba down banget apalagi terkait ekonomi. Trus ada suatu waktu aku harus bayar listrik yang udah nunggak 3 bulan. I was so tired, nyari uang gak dapet-dapet. Sampe pada akhirnya aku ke Bagian Kemahasiswaan kampusku and told them what happened karena saat itu aku ngerasa pengen berhenti kuliah. Ternyata salah satu staffnya ada yang dengerin cerita aku dan dia mau bayarin utang listrik aku. Di situ aku langsung nangis dan bahagia karena penderitaan aku selama 3 bulan selesai. Padahal aku sama dia ga kenal sama sekali. Ga nyangka di dalam kesulitan pasti ada kemudahan. Sehat-sehat terus ya, Bu. Jasa Ibu ngga bakal aku lupain.
-Kota Lurus-

3. This happened exactly a day before Eid last week. Jadi, di IG story kan rame tuh orang-orang pada kirim-kirim hampers buat temen-temennya. Sebagai penonton, aku seneng dong liatnya, betapa di waktu yang cukup stressful ini orang-orang masih nyempetin buat berbagi. I actually had zero expectations at that time, karena lagi ga punya banyak uang buat ngirim hampers ke temen-temen yang I consider close. Dan aku pun ga expect bakal ada yang ngirim. Tapi suatu hari, temen deketku tiba-tiba nanyain alamat rumah. I thought she just wanted to pay me a visit someday. Ternyata, di jam menjelang berbuka puasa dateng mas-mas Gojek nganterin hampers atas namaku. Pas liat tulisan tangan pengirimnya, langsung tau kalo itu dari temenku yang nanyain alamat. Bahagia banget sore itu. Semoga kamu murah rezeki selalu, temanku!
-R, Bojongsoang-

(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience first hand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)


Catch Me Up! Recommendations

Losing or gaining weight made simple by counting calories. How? Listen here.