Badak Putih Selatan dan Teknologi

56

Who’s giving some hopeful updates?

Gambar: cnn.com

The southern white rhino.
Yep, kamu pasti udah bosen denger berita soal hewan ini atau hewan itu terancam punah karena pemburuan oleh manusia. Nah, namun ternyata fenomena sebaliknya terjadi pada southern white rhino aka badak putih selatan.

Jadi diketahui bahwa jenis badak yang tinggal di Taman Nasional Hluhluwe Imfolozi (HiP), Afrika Selatan itu merupakan jenis badak yang pada akhir abad 19 lalu terancam punah dengan sisa populasi kurang dari 50 ekor saja. Namun di tahun 2011 lalu, angka ini naik sampe lebih dari 17 ribu ekor, thanks to upaya konservasi serius yang dilakukan sama taman nasional tersebut. Jadi kayak badak jenis lainnya, Southern White Rhino juga banyak diburu karena culanya yang kaya akan keratin dan sering dibikin campuran obat-obatan tradisional di berbagai negara.

Nah, untuk melindungi para badak ini Taman HiP sampe mengeluarkan anggaran mencapai US$600 ribu untuk menginstall program super canggih dalam upaya konservasinya. Selain pemasangan video di mana-mana, HiP juga masang pagar yang bisa ngasih sinyal ke pusat informasi kalo ada pergerakan yang mencurigakan, dan dengan adanya helikopter, para park rangers bisa mencapai tempat tujuan cuma dalam waktu 7 menit aja. Dengan teknologi ini, HiP dikenal sebagai “Smart Park” dan berhasil menghentikan perburuan southern white rhino dari sebelumnya 10-15 ekor per bulan jadi gaada sama sekali.