Amazon Investasi Energi Bersih

64

Who’s just showing the earth some commitment?

Gambar: nbcnews.com

Amazon.
Kemarin, perusahaan belanja online terbesar di dunia ini baru aja mengumumkan bahwa mereka bakal mengalokasikan dana sebesar US$2 miliar untuk pengembangan teknologi yang berfokus pada clean energy dan perubahan iklim.

Whoooa kok bisa?
Iya. Karena emang sebagai perusahaan yang bisnis utamanya adalah pengiriman barang, Amazon turut berkontribusi tinggi pada pencemaran lingkungan aka peningkatan zat karbon. Secara gitu, dalam setahun Amazon bisa ngirim sampe 10 milyar paket barang. Jadi kebayang kan zat karbon yang dihasilkan dari shipping barang-barang itu kayak apa?

Kayak apa?
Ya dari laporan perusahaan, diketahui bahwa kegiatan bisnisnya Amazon itu menghasilkan sekitar 51,17 juta metric ton karbon dioksida (yang menyebabkan pemanasan global). Nah kalo dari itung-itungan ini sih, zat karbon yang dihasilkan sama Amazon itu sebanyak yang dihasilkan negara kecil kayak Finlandia.

Now we’re talking.
Great. Amazon sendiri selama ini emang sering mendapat protes dari aktivis pro lingkungan maupun internal karyawannya sendiri soal carbon footprint itu. Makanya pada tahun lalu, Amazon akhirnya mengumumkan terkait carbon footprint-nya. Hasilnya? emisi karbon yang dihasilkan Amazon meningkat sebesar 15 persen dari tahun sebelumnya.

Well, so are they gonna do something about this?
Yep, CEO Amazon yang juga orang paling tajir sedunia Jeff Bezos bilang bahwa perusahaannya itu menargetkan untuk jadi perusahan yang “carbon neutral” pada tahun 2040 mendatang, dan menggunakan 100% renawable energy sepenuhnya pada 2045.