Wuhan Tes Massal

82

Who’s saying “You got a test, you got a test, everybody got a test!”?

Who?
Wuhan. Jadi Ibu Kota Provinsi Hubei di Tiongkok yang merupakan episentrum munculnya virus corona untuk pertama kali ini bakal mengadakan tes untuk seluruh warganya.

What?
Yep. Kebijakan ini diambil setelah pada Senin kemarin, Wuhan yang baru aja keluar dari lockdown selama 76 hari itu menemukan lima kasus Covid-19 baru. Selain itu diketahui bahwa semuanya adalah kasus lokal, aka bukan bawaan dari luar negeri.

Whoaaa go on…
Nah, kasus-kasus baru ini ditemukan setelah Wuhan nggak mengalami penambahan kasus satu pun selama 35 hari. Dengan ditemukannya kasus lokal ini, maka dikhawatirkan kalo sebenarnya virusnya masih menyebar, tapi ya nggak kedeteksi aja…

Terus, terus…
Yha otoritas Wuhan kemudian memutuskan untuk melakukan tes asam nukleat aka nucleic acid tests terhadap seluruh warganya yang jumlahnya kira-kira 11 juta orang dalah jangka waktu 10 hari aja.

Whoaaa ambi yha…
Yhaa begitulah. Program ini kemudian dinamai 10-Day Battle dan bertujuan untuk mendeteksi virus Covid-19 sejak tahap awal. Jadi emang tes asam nukleat itu dilakukan untuk mendeteksi DNA virus, makanya tes ini efektif banget untuk mendeteksi virus sejak awal.

Olrite. Anything else?
Well, nggak cuma di Wuhan, tapi Korea Selatan yang juga baru aja meringankan kebijakan social distancing-nya kembali mengalami kenaikan kasus positif Covid-19. Hari Minggu lalu, Korsel menemukan 34 kasus baru, dan hal ini merupakan penambahan kasus tertinggi dalam satu bulan terakhir. Akibat hal ini, bar dan diskotek yang sempet buka kembali tutup. Fenomena ini juga send warnings to other countries untuk nggak buru-buru melonggarkan kebijakan social distancing-nya, karena bisa jadi Covid-19 Season 2 bakal segera kejadian*looking at you, Indonesia*