Weekly Covid-19 Briefing

70

Monday is for your weekly Covid-19 briefing

Gambar: cnnindonesia.com

Yep, what happened during last week in the Corona-universe? How are other countries doing? Do people still sing in their balcony? Here, here. We have your Covid-19 updates, from A-to-Z.

First, let’s see what’s going on in the world…

  • Hingga kemarin, tercatat bahwa jumlah orang yang terinfeksi virus Covid-19 di seluruh dunia telah menyentuh 3.441.767 kasus, dengan jumlah kematian sebanyak 244.021 orang.
  • Negara yang sampai saat ini memiliki jumlah pasien Covid-19 terbanyak adalah Amerika Serikat dengan 1.133.069 total kasus positif dan lebih dari 66.000 orang meninggal
  • Para pemimpin negara-negara kayak Perancis, Norwegia, Italia, dan Jerman menyatakan bahwa mereka akan mengalokasikan dana sebesar US$8 miliar untuk upaya internasional dalam menemukan vaksin virus corona. Hal ini sejalan dengan komitmen yang sebelumnya udah disampaikan oleh para pemimpin negara-negara G20.
  • Untuk pertama kalinya, Russia melaporkan penambahan tertinggi dalam satu hari atas kasus Covid-19 di negaranya. Kemarin, Rusia mengumumkan bahwa ada 10.633 kasus positif baru, sehingga total kasus Covid-19 di negara tersebut berjumlah 134.687 kasus, yang mayoritasnya berada di Moscow.
  • Setelah lima hari berturut-turut nggak melaporkan satu pun kasus kematian karena Covid-19, warga Tiongkok udah mulai memadati tempat hiburan pas long-weekend kemarin. Meski begitu, makan di restoran masih belum boleh buat warga yang tinggal di Kota Harbin, suatu kota di Tiongkok yang berbatasan langsung dengan Rusia.
  • Seiring dengan makin berkurangnya kasus Covid-19 di Thailand, pemerintah setempat juga udah membolehkan bisnis untuk kembali beroperasi, kayak salon, pasar, dan kereta maupun bus juga udah mulai beroperasi. Also, the alcohol ban is over.
  • Filipina melarang seluruh penerbangan komersial mulai minggu ini untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Cargo flights, medical supplies, utility, and maintenance flights will still be allowed.
  • Mulai 6 Mei mendatang, Korea Selatan juga bakal mulai memperlonggar kebijakan physical distancing-nya, secara angka penularan Covid-19 di negara itu terus menurun. Bisnis udah boleh mulai buka dan warga juga udah boleh kumpul, asal ngikutin aturan physical distancing.

Meanwhile, at home…

  • Per kemarin, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia ada 11.192 kasus, dengan 845 pasien meninggal dan 1.876 sembuh.
  • Dengan penyebaran Covid-19 di tanah air yang terjadi melalui transmisi lokal, ditambah dengan makin sulitnya contact tracing, seorang ahli epidemiologi dari UI, namanya Pandu Riono, menyebut perlu adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar aka PSBB secara nasional. Menurutnya, PSBB daerah kan udah berjalan selama dua bulan, dan perlu ada evaluasi kebijakan.
  • Masih coba-coba pengen mudik? Jangan deh, gengs, karena Dirlantas Polda Metro Jaya udah jaga-jaga di tiga gerbang tol, yakni tol Cikarang Barat, Bekasi, dan Bitung di Tangerang, maupun sejumlah titik di jalan arteri untuk nyuruh kamu puter balik aka gak boleh mudik. Kata polisi, selama operasi yang udah berlangsung selama sembilan hari itu, udah ada hampir 10 ribu kendaraan yang disuruh puter balik.
  • Sad news from our heroes on the front line aka the healthcare providers. Sabtu kemarin, seorang perawat di RSPI Sulianti Saroso meninggal dunia setelah dirinya dirawat selama 20 hari karena terinfeksi Covid-19. Sampai awal Maret lalu, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) mencatat bahwa udah ada 18 perawat yang meninggal dunia karena terinfeksi Covid-19.
  • Feeling stressed out because you haven’t gone out for months? Well, pemerintah katanya lagi mempertimbangkan untuk merelaksasi aka melonggarkan peraturan PSBB, gengs. Menurut Menko Polhukam Mahfud MD, kelamaan disuruh di rumah juga warga bakal stress, dan kalo stress, maka imun mereka akan turun. Karenanya, kata Prof Mahfud, pemerintah bakal merancang pedoman soal relaksasi yang mengatur kembali kegiatan apa yang bisa dilakukan warga.
  • Aturan terkait PSBB di Tangerang Raya yang meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan diperpanjang sampai 17 Mei 2020. Aturan ini diperpanjang karena menurut Gubernur Banten Wahidin Halim, terbukti masih terjadi penyebaran Covid-19 di wilayahnya.
  • Whoaaa some major updates for you who live in West Java! Mulai Rabu mendatang, Provinsi Jawa Barat bakal memberlakukan PSBB provinsi. Keputusan ini udah disetujui sama Menteri Kesehatan Pak Terawan Agus dan akan berlaku di seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat. Menurut Gubernur Jabar Kang Ridwan Kamil, PSBB provinsi ini akan berjalan selama 14 hari yaitu hingga 19 Mei mendatang.
  • Selain Jawa Barat, Provinsi Gorontalo juga akan memulai PSBB yang berlaku sejak hari ini. Kata Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, kebijakan ini akan dimulai dengan sosialisasi pada 4-6 Mei, dan penerapan PSBB secara penuh pada 7 Mei. Rencananya, PSBB akan diterapkan sampai 18 Mei 2020.
  • Kayaknya dalam beberapa bulan ke depan bakal ada ledakan bayi yang baru lahir nih gengs. Karena menurut Kepala BKKBN Pak Hasto Wardoyo, penggunaan KB menurun selama pandemi Covid-19. Pak Hasto menyebut, pada Februari, pengguna alat kontrasepsi dalam rahim (IUD) adalah sejumlah 36.155, dan pada Maret, penggunaannya menurun menjadi 23.383.
  • Kemarin, Pemerintah DI Yogyakarta mengeluarkan Surat Edaran (SE) Gubernur tentang pemeriksaan massal di tiga wilayah; yaitu Kabupaten Sleman, Gunungkidul, dan Bantul. Keputusan ini diambil karena ditemukan adanya penambahan kasus Covid-19 yang signifikan di provinsi tersebut.