Weekly Covid-19 Briefing, Kim Jong-un Muncul ke Publik, Ramadan Lights Challenge, Britney Spears dan Gym-nya

98

Hi, good morning.

It’s just another Monday where you don’t need to rush out of the door at 6 AM to catch the train (and seating spot!) to get to work. Instead, you are most likely reading this email horizontally, in bed, while wondering what we have for you today. Well, as usual, we have some Catch Up! about the issues over the weekend, oh, and “Drakor”. As cheesy as it sounds, it stands for “Diskusi Ramai Soal Korona”, where our founder interviewed four experts in epidemiology, social assistance, and education to discuss about the obvious. We will have the video up soon on our IGTV, so if you haven’t, please follow us on Instagram @catchmeupid. See you there!


Monday is for your weekly Covid-19 briefing

Gambar: cnnindonesia.com

Yep, what happened during last week in the Corona-universe? How are other countries doing? Do people still sing in their balcony? Here, here. We have your Covid-19 updates, from A-to-Z.

First, let’s see what’s going on in the world…

  • Hingga kemarin, tercatat bahwa jumlah orang yang terinfeksi virus Covid-19 di seluruh dunia telah menyentuh 3.441.767 kasus, dengan jumlah kematian sebanyak 244.021 orang.
  • Negara yang sampai saat ini memiliki jumlah pasien Covid-19 terbanyak adalah Amerika Serikat dengan 1.133.069 total kasus positif dan lebih dari 66.000 orang meninggal
  • Para pemimpin negara-negara kayak Perancis, Norwegia, Italia, dan Jerman menyatakan bahwa mereka akan mengalokasikan dana sebesar US$8 miliar untuk upaya internasional dalam menemukan vaksin virus corona. Hal ini sejalan dengan komitmen yang sebelumnya udah disampaikan oleh para pemimpin negara-negara G20.
  • Untuk pertama kalinya, Russia melaporkan penambahan tertinggi dalam satu hari atas kasus Covid-19 di negaranya. Kemarin, Rusia mengumumkan bahwa ada 10.633 kasus positif baru, sehingga total kasus Covid-19 di negara tersebut berjumlah 134.687 kasus, yang mayoritasnya berada di Moscow.
  • Setelah lima hari berturut-turut nggak melaporkan satu pun kasus kematian karena Covid-19, warga Tiongkok udah mulai memadati tempat hiburan pas long-weekend kemarin. Meski begitu, makan di restoran masih belum boleh buat warga yang tinggal di Kota Harbin, suatu kota di Tiongkok yang berbatasan langsung dengan Rusia.
  • Seiring dengan makin berkurangnya kasus Covid-19 di Thailand, pemerintah setempat juga udah membolehkan bisnis untuk kembali beroperasi, kayak salon, pasar, dan kereta maupun bus juga udah mulai beroperasi. Also, the alcohol ban is over.
  • Filipina melarang seluruh penerbangan komersial mulai minggu ini untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Cargo flights, medical supplies, utility, and maintenance flights will still be allowed.
  • Mulai 6 Mei mendatang, Korea Selatan juga bakal mulai memperlonggar kebijakan physical distancing-nya, secara angka penularan Covid-19 di negara itu terus menurun. Bisnis udah boleh mulai buka dan warga juga udah boleh kumpul, asal ngikutin aturan physical distancing.

Meanwhile, at home…

  • Per kemarin, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia ada 11.192 kasus, dengan 845 pasien meninggal dan 1.876 sembuh.
  • Dengan penyebaran Covid-19 di tanah air yang terjadi melalui transmisi lokal, ditambah dengan makin sulitnya contact tracing, seorang ahli epidemiologi dari UI, namanya Pandu Riono, menyebut perlu adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar aka PSBB secara nasional. Menurutnya, PSBB daerah kan udah berjalan selama dua bulan, dan perlu ada evaluasi kebijakan.
  • Masih coba-coba pengen mudik? Jangan deh, gengs, karena Dirlantas Polda Metro Jaya udah jaga-jaga di tiga gerbang tol, yakni tol Cikarang Barat, Bekasi, dan Bitung di Tangerang, maupun sejumlah titik di jalan arteri untuk nyuruh kamu puter balik aka gak boleh mudik. Kata polisi, selama operasi yang udah berlangsung selama sembilan hari itu, udah ada hampir 10 ribu kendaraan yang disuruh puter balik.
  • Sad news from our heroes on the front line aka the healthcare providers. Sabtu kemarin, seorang perawat di RSPI Sulianti Saroso meninggal dunia setelah dirinya dirawat selama 20 hari karena terinfeksi Covid-19. Sampai awal Maret lalu, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) mencatat bahwa udah ada 18 perawat yang meninggal dunia karena terinfeksi Covid-19.
  • Feeling stressed out because you haven’t gone out for months? Well, pemerintah katanya lagi mempertimbangkan untuk merelaksasi aka melonggarkan peraturan PSBB, gengs. Menurut Menko Polhukam Mahfud MD, kelamaan disuruh di rumah juga warga bakal stress, dan kalo stress, maka imun mereka akan turun. Karenanya, kata Prof Mahfud, pemerintah bakal merancang pedoman soal relaksasi yang mengatur kembali kegiatan apa yang bisa dilakukan warga.
  • Aturan terkait PSBB di Tangerang Raya yang meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan diperpanjang sampai 17 Mei 2020. Aturan ini diperpanjang karena menurut Gubernur Banten Wahidin Halim, terbukti masih terjadi penyebaran Covid-19 di wilayahnya.
  • Whoaaa some major updates for you who live in West Java! Mulai Rabu mendatang, Provinsi Jawa Barat bakal memberlakukan PSBB provinsi. Keputusan ini udah disetujui sama Menteri Kesehatan Pak Terawan Agus dan akan berlaku di seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat. Menurut Gubernur Jabar Kang Ridwan Kamil, PSBB provinsi ini akan berjalan selama 14 hari yaitu hingga 19 Mei mendatang.

 

  • Selain Jawa Barat, Provinsi Gorontalo juga akan memulai PSBB yang berlaku sejak hari ini. Kata Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, kebijakan ini akan dimulai dengan sosialisasi pada 4-6 Mei, dan penerapan PSBB secara penuh pada 7 Mei. Rencananya, PSBB akan diterapkan sampai 18 Mei 2020.
  • Kayaknya dalam beberapa bulan ke depan bakal ada ledakan bayi yang baru lahir nih gengs. Karena menurut Kepala BKKBN Pak Hasto Wardoyo, penggunaan KB menurun selama pandemi Covid-19. Pak Hasto menyebut, pada Februari, pengguna alat kontrasepsi dalam rahim (IUD) adalah sejumlah 36.155, dan pada Maret, penggunaannya menurun menjadi 23.383.
  • Kemarin, Pemerintah DI Yogyakarta mengeluarkan Surat Edaran (SE) Gubernur tentang pemeriksaan massal di tiga wilayah; yaitu Kabupaten Sleman, Gunungkidul, dan Bantul. Keputusan ini diambil karena ditemukan adanya penambahan kasus Covid-19 yang signifikan di provinsi tersebut.

For when you sing, “Hai, selamat bertemu lagi…”

Gambar: cnn.com

“Tahu diri” banget kak lagunya? Masih pagi gini udah galau.
Bukan, bukan. Ini kita lagi mau ngomongin Kim Jong-un.

Who?
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. Jadi Jong-un ini sempet nggak keliatan selama tiga minggu terakhir dan bikin warga dunia berspekulasi bahwa dia sakit parah, bahkan ada yang mikir dia meninggal.

Whoaa serius?
Yep, udah heboh gitu, eh taunya minggu lalu, tepatnya pada Jumat, beliau muncul donk di acara pembukaan pabrik pupuk fosfat yang digelar di Sunchon, Korea Utara. Alive and well. 

Wait, emangnya dia dari mana?
Yha gak tau. Cuma yang pasti, beliau sempat nggak muncul di acara peringatan ulang tahun kakeknya (pendiri Korea Utara) Kim Il-sung yang dirayakan sebagai hari libur nasional dan merupakan perayaan penting di sana. More like our 17 Agustusan gitu deh. Nah, gara-gara gak keliatan di acara itulah, masyarakat kemudian berspekulasi soal keberadaan Jong-un.

Catch Up! with the full story here.

Terus jadi spekulasinya soal apa aja?
Yha macem-macem. Ada yang bilang bahwa beliau lagi pemulihan habis operasi jantung, ada yang bilang doi takut kena corona hingga memilih untuk menyendiri, bahkan ada yang berspekulasi bahwa beliau meninggal. At this point, udah banyak juga yang berspekulasi soal rumor penggantinya Kim Jong-un dalam memimpin Korut.

Who?
His sister, namanya Kim Yo-jong. Selama ini, Yo-jong juga aktif dalam menjalankan pemerintahan di Korea Utara.  Banyak juga berita yang bilang bahwa Yo-jong itu anak favoritnya mendiang ayahnya, Kim Jong-il. “He used to call her ‘Princess Yo-jong’,” kata salah satu chef yang pernah kerja untuk mereka. Kabarnya, kalau Jong-un meninggal, Yo-jong adalah kandidat terkuat untuk memimpin Korut, although some says it’s not possible karena budaya patriarki di Korut cukup tinggi.

Whooaa I see, I didn’t even know he has a sister…
Lol. Wajar sih, soalnya nggak ada yang tau pasti juga silsilah keluarga pemimpin Korea Utara itu persisnya gimana, secara mereka sangat menjaga kerahasiaan keluarganya. Anyway, now that he’s back, setidaknya kemunculan Jong-un bisa meluruskan spekulasi-spekulasi yang muncul kemarin. To put the cherry on top, gak bisa ngomongin isu luar negeri kalo gak bahas komentar dari presiden yang paling rajin ngetwit, Donald Trump. Kata Trump, dia hepi ngeliat Jong-un ternyata sehat-sehat. “I, for one, am glad to see he is back, and well!” gitu kata cuitannya.


For when Ramadan always brings a new tradition…

Gambar: cnn.com

As you know that this year, bukber, ngabuburit, atau taraweh berjamaah is off the list.
But, there’s always something new to celebrate during Ramadan, 
salah satunya adalah yang dilakukan oleh komunitas Muslim di Dearborn, Michigan, Amerika Serikat. Jadi biar bulan Ramadan di sana nggak sepi-sepi amat, komunitas Muslim yang tinggal di Dearborn mengadakan Ramadan Lights ChallengeJadi challenge-nya adalah para pemilik rumah berlomba-lomba untuk mendekor rumahnya dengan lampu warna-warni bertema Ramadan. Nah, terus para tetangganya diminta untuk memilih rumah dengan dekorasi paling bagus untuk kemudian rumah yang paling kreatif akan ditetapkan oleh panitia sebagai pemenang.

Menurut seorang panitia penyelenggara, namanya Razi Jafri, challenge ini adalah hal yang positif karena nggak cuma masyarakat Muslim aja yang ngerayain, tapi komunitas non-Muslim juga ikut excited untuk ngeliat rumah-rumah yang dekornya meriah.

Menarik ugha yha…


“I burned my gym down, unfortunately…”

Gitu kata aktris pop, Britney Spears, dalam akun Instagram-nya ketika cerita bahwa dia udah nggak nge-gym selama hampir enam bulan karena gym pribadinya kebakaran. Britney menyebut bahwa awalnya, dia nyalain dua lilin, terus ya udah kebakar deh semuanya, dan yang kesisa cuma tinggal dua alat aja. However, thank God, kata Britney, nggak ada korban terluka dan dia emang lebih seneng olahraga di luar ruangan anyway….

You: I’m going to the gym to burn some calories!
Britney: Hold my candles….


Angel’s Stories 

1. Ini tahun kedua aku di perantauan. Hari kedua puasa, kita satu kosan lagi sibuk ngerjain deadline dan gak sempet masak untuk buka puasa, padahal di kosan juga lagi gak ada makanan. Sore menjelang buka, tiba-tiba ada senior di kampus yang WA, “Lagi di rumah gak? Saya di depan.” Pas disamperin, ternyata beliau datang bareng anaknya dan langsung ngasih bakso tiga porsi plus takjil. Kosan aku ternyata tempat terakhir yang didatangin setelah beliau keliling bagiin makanan buka puasa ke mahasiswa lain. Subhanallah, bersyukur banget dikelilingi orang-orang baik!
Sydney-

2. Ini mungkin kalo diceritain hal yang biasa dan gw juga kalo denger dari orang lain biasa aja . Tapi kemaren gw merasakan langsung dan bikin gw sedih dan merasa kita ini hidup bukan sekadar sendiri, keluarga, dan teman. Karena di luar sana ada yang jauh tidak beruntung dari kita. Ceritanya kantor saya ada rencana bagi-bagi sembako selama bulan ramadhan dan seminggu sekali kita keliling membagikan sembako dari kabupaten dan kota Cirebon. Kita awal start membagikan jam 5 sore karena waktu gak cukup kita bagikan lagi setelah buka puasa, dan saat dilanjutkan malam hari kita melihat bapak-bapak mendorong gerobak sampah lalu kita mendekat untuk kasih sembako kepada beliau. Di saat kita kasih, bapak-bapak itu menangis dan di saat ngomong, bibirnya bergetar mengucapkan terima kasih. Dan kami rencana kasih dua bungkus tapi dia tolak karena dia bilang, “Saya satu aja, buat yang lain di sana banyak yang kelaparan seperti saya.” Kami diam beberapa detik, yakin di luar sana masih banyak orang yang gak beruntung tapi hatinya baik dan mentalnya kuat. Tidak memikirkan diri sendiri. Di situ kita makin semangat untuk melakukan hal lebih baik untuk orang lain dan selalu bersyukur apa yang telah kita punya. Terima kasih.
-Sekut 2020, Cirebon-

3. Jadi kalo bulan puasa gini di kantorku pasti ada pembagian piket buat nyiapin takjil buat buka puasa anak-anak kantor. Nah aku kebagian hari pertama. Everything is ok till aku dapet kabar kalo kuenya terlambat. Sempat kesal karena bakal pulang terlambat. Karena harus nunggu kue datang dan harus beres-beres setelahnya. Akhirnya kuenya sisa banyak karena beberapa memutuskan untuk pulang daripada nunggu kue takjil. Singkat cerita aku bawa pulang buat dibagiin ke temen kosan. Sebelum pulang aku mampir minimarket dulu. Pas keluar, di depan aku liat seorang ibu pengemis dan bapak tukang becak lagi ngobrol. Aku tawarin mereka kue tadi. Aku minta mereka buat ambil lebih. Mereka bilang makasih sambil tersenyum manis banget. Tersentuh wkwk. Sekarang aku merasa bahagia karena kuenya telat.
-Bro-

(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience first hand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)


Catch Me Up! Recommendations

“You know what it’s like to finally meet someone your age who gets you? Love, it’s not finding your perfect half. It’s the trying, and reaching, and falling.”