Trend Bersepeda, Denda Masker, Disneyland Kembali dibuka

81

Hi, good morning.

It’s been almost three months since we’re stuck at home. And our thoughts are with those graduates, either in high school or universities, that have to let go of their dream to graduate in a huge, beautiful, proud ceremony attended by their proud parents and families. School or college is already a hard battle to win, and to hit the finish line alone and virtual is the wildest thing anyone could have ever imagined. Class of 2020, thank you for making it this far, and thank you for not giving up. Better days are coming. We promise.


What’s just gaining a momentum?

Gambar: reuters.com

Bike to work (and literally to anywhere else).

Wait, can we go to work already?
Not yet, but most Europeans can. Jadi seiring dengan makin berkurangnya angka penambahan kasus Covid-19 di negara mereka, beberapa negara di Eropa udah mulai melonggarkan kebijakan lockdown-nya. Ini berarti masyarakat bakal mulai ‘mobile’ lagi. Namun berhubung masih pada harus jaga jarak, it’s probably not a good idea to use public transportsThis is when biking comes to the rescue. 

Tapi bukannya dari dulu udah banyak yang pake sepeda ya?
True.  Tapi, karena Covid-19, peminat sepeda jadi tambah banyak. Apalagi WHO juga udah nganjurin masyarakat untuk sepedaan atau jalan kaki demi memastikan physical distancing.

Go on…
Terkait imbauan ini, negara kayak Inggris misalnya, udah nyiapin dana sebesar US$308 juta untuk mendorong masyarakatnya biar sepedaan. Ada juga pemerintah Perancis yang udah menyampaikan rencananya berinvestasi sebesar US$22 juta untuk subsidi pengembangan transportasi roda dua, dan Belanda yang juga udah siap sepedaan lagi secara infrastrukturnya juga mendukung banget buat transportasi roda dua tersebut.

I see, terus?
Well, karena para pekerja “takut” dan nggak dianjurkan untuk naik transportasi publik yang rame, penjualan sepeda pun meningkat. Misalnya, sepeda listrik VanMoof yang penjualannya naik sampai 48% antara bulan Februari sampai pertengahan Maret. Bahkan di Inggris, penjualannya naik 184% dari awal Februari sampai akhir April. Penjualan sepeda di Halfords juga nambah 26% setelah Menteri Tranportasi Inggris nyaranin untuk sepedaan atau jalan kaki ke kantor.

Olrite. Anything I should know?
Sejak disarankan oleh pemerintahnya untuk mempertimbangkan pake sepeda atau jalan kaki kalo emang harus keluar rumah, angka penjualan sepeda merek Halford’s di Inggris meningkat sampe 26 persen. Selain itu, pabrikan sepeda asal Belanda, VanMoof, juga banyak meraih untung karena berhasil menjual 80 persen dari sepedanya secara online. Hal ini justru kebalikan dari para pesaingnya yang struggling gara-gara toko offline-nya banyak yang tutup.


When you’re out for some groceries and left your masks at home…

Be careful because you can get fined for up to Rp250 ribu.

What? Really?
Yep. Jadi dalam peraturan terbaru yang diterbitkan sama Gubernur DKI Jakarta Pak Anies Baswedan, disebutkan bahwa ada berbagai sanksi yang bisa dijatuhkan buat warga yang nggak nurut sama peraturan PSBB di Jakarta, kayak misalnya, nggak melakukan praktek physical distancing…

Terus…
Adapun sanksi yang bakal dijatuhkan itu macem-macem, dan berlaku buat siapa aja, baik perorangan maupun perusahaan. Nah, dalam Pergub tadi juga disebutkan bahwa kalo ada warga yang nggak pake masker di luar rumah, tempat umum, atau fasilitas umum selama PSBB, maka mereka bakal dikenakan sanksi. Adapun sanksinya adalah berupa teguran tertulis, kerja sosial, sampe didenda paling sedikit Rp100 ribu dan paling banyak Rp250 ribu.

Whoaaa who’s gonna enforce this?
Satpol PP dan dibantu juga sama polisi.

Terus terus, apa lagi yang dilarang?
Yhaaa kalo kamu nyetir, jumlah penumpang di mobil kamu nggak boleh lebih dari 50 persen kapasitas mobil. Selain itu, para penumpang juga wajib pake masker, dan kalo ketauan nggak menuruti aturan ini juga bisa kena denda sekitar Rp500 ribu sampe satu juta rupiah.

Can I hang out with my friends then?
Nope, if it’s more than five people. Jadi diatur juga bahwa warga dilarang melakukan kegiatan yang melibatkan lebih dari lima orang. Kalo ketauan melanggar, maka hukumannya adalah sanksi berupa teguran tertulis, sanksi sosial kayak membersihkan sarana fasilitas umum dengan pake rompi, hingga denda paling sedikit Rp100 ribu dan paling banyak Rp250 ribu.

Great. I am just gonna stay at home then. 
Excellent choice. Yhaa sabar-sabar aja stay di rumah sampe at least 22 Mei ini, pas PSBB di ibu kota berakhir (kalo nggak diperpanjang). Tapi kalo masih diperpanjang ya… artinya kita lanjut ke season 3


For when all you wanna do is to be happy….

Gambar: startribune.com

The happiest place on earth is finally reopened.
Yep, jadi sejak kemarin, Disneyland Shanghai mulai kembali buka setelah tutup sejak Januari lalu karena corona. Meski begitu, pihak pengelola mewajibkan pengunjung untuk bener-bener ngikutin protokol pencegahan Covid-19, kayak physical distancing, cek temperatur, sampe wajib pake masker selama di dalem taman bermain kecuali pas lagi makan. Selain itu, jumlah pengunjung yang boleh masuk juga dikurangi dan nggak akan ada foto-foto sama karakter Disney.

Meski banyak aturan, warga teteup antusias untuk akhirnya bisa jalan-jalan lagi ke Disneyland, karena cuma dalam waktu beberapa menit aja, tiket masuk untuk hari pertama pembukaan kemarin langsung habis. FYI gengs, kebijakan untuk membuka kembali Disneyland ini diambil setelah Shanghai nggak menemukan satupun penambahan kasus Covid-19 sejak Maret lalu.


“Itu harus setengah gedung dibongkar. Tikusnya banyak banget.” 

Gitu kata legenda bulu tangkis Indonesia yang kini sudah gantung raket, Taufik Hidayat, saat bahas soal dirinya yang pernah jadi stafsus di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Dalam acara bincang-bincangnya sama Deddy Corbuzier di Youtube, Taufik mengakui bahwa dia pernah jadi kurir penerima duit buat Menpora saat itu, Imam Nahrowi, karena dia nggak tau. Long story short, Imam kemudian jadi tersangka korupsi karena diduga menerima suap, dan Taufik juga sempet dipanggil KPK untuk jadi saksi di kasusnya Imam.

Raise your hand if you think about the literal “rat”…


Angel’s Stories 

1. Rencananya tahun ini aku mau kerja lg setelah sebelumnya kena PHK. Lalu dapetlah kerjaan freelance. Tapi ga sangka saat corona udah mewabah, aku mendadak harus kehilangan kerjaan itu. Mau cari kerja lagi pun bingung. Aku sampe ga enak sama mamahku karena udah ga bisa kasih uang belanja lagi. Tabunganku pun hampir habis buat kasih makan tiga kucing kami. Tp meski keadaan keluargaku sulit, ada aja rezeki lewat kakakku yang driver ojol. Udah beberapa kali, dia dapet sembako dari customer-nya. Bahkan ada yg beliin pizza dan nasi padang, yang mana ini jadi makanan mewah buat kami sekarang. Rasanya terharu bangeeett :’)
-Mina, Jakarta-

2. Kemarin aku sedang nunggu dijemput kakakku di depan sebuah mall setelah appointment dengan klien. Di sana banyak driver ojek online yang sedang ngetem nunggu penumpang. Karena wabah corona, banyak drivers yang susah cari penumpang and I feel bad for them, tapi saat itu aku nggak bawa apa-apa to share with them. Sampai ada satu driver keluar dari mall, habis ngambil orderan Starbucks dari customer, dia pegang dua kantong. Satu berisi pesanan customer, satunya lagi berisi beberapa gelas minuman dari Starbucks yang dia bagi-bagi ke drivers di situ. “Nih, dibeliin customer,” katanya (who cuts onions here?!).
-Hazel, BSD-

3. Jadi, bapak udah setahun ini kena stroke. Bagian tubuh sebelah kanan belum berfungsi dengan baik. Karena sebelumnya bapak adalah penjahit, pas pandemik covid-19 gini bapak berpikiran buat jahit lagi. Beliau pengen buat masker kain buat dibagiin tetangga. Bapak pake mesin jahit dengan kaki dan tangan bagian kirinya. Aku terharu liat semangat bapak. Bapak, you’re so amazing!
-Herma, SMG-

(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience first hand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)


Catch Me Up! Recommendations

This all-girl metal band performance leaves many rockstars in awe.