Skenario Vaksin Tito

72

For when there is more update on Covid vaccine…

Gambar: cnbcindonesia.com

Kalo di Indonesia, vaksinnya kemungkinan baru ada di tahun 2022 gengs.

HAH?
Iya, hal itu disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Pak Tito Karnavian pas meeting sama DPR RI kemarin. Jadi kata Pak Tito, vaksin Covid-19 buatan Kemenristek baru bakal selesai pada akhir 2021 mendatang, dan penggunaannya secara massal, kalo menurut skenario pemerintah, baru bakal dilakukan pada 2022 atau 2023 mendatang.

Lah kemaren katanya awal Januari 2021?
Iya, itu kan yang lagi dibuat sama perusahaan di Amerika Serikat, tapi kalo di Indonesia, kata Pak Tito sih tipe aka strain-nya beda sama yang ada di negara lain. Jadi ya ada kemungkinan ga sama.

Tell me more.
OK. Jadi Pak Tito menjelaskan bahwa Kemenristek udah menemukan bahwa ada empat tipe strain corona yang ada di dunia ini; yaitu yang ada di Amerika Serikat, Tiongkok, Eropa, atau “others”. Nah, masih kata Pak Tito nih, strain Covid-19 yang ada di Indonesia ini masuknya ke golongan ‘others’, jadi beda sama yang ada di negara-negara tadi.

I see….
Smart cookie. Nah, a little background on the vaccine development, dijelaskan Pak Tito bahwa meskipun sudah ditemukan, penggunaan vaksin ini nggak bisa langsung massal karena harus dites dulu secara bertahap. Kalo emang tesnya sukses, baru deh vaksin bisa diproduksi secara massal.

So I won’t get any haircut until 2022? Legit?
Most likely. Pak Tito bilang sih vaksinnya bisa ready di tahun 2022, bahkan sampai 2023, tapi untuk skenario optimisnya ya sekitar tahun 2021-2022.

KTHXBYE.