Sekolah dilarang di Filipina

62

Who’s out of school until… TBH… IDK…?

Gambar: aljazeera.com

Kids in the Philippines. 

What?
Yes. Hari Senin kemarin, Presiden Filipina Rodrigo Duterte baru aja mengumumkan bahwa anak-anak sekolahan di negaranya ga boleh back to school dulu sampe vaksin Covid-19 ditemukan.

HAH?
Iya gitu. Jadi kata Duterte, risiko untuk membuka sekolah lagi itu terlalu besar, jadi mendingan anak-anak jangan sekolah dulu. In his words, “Kalo emang nggak ada yang lulus, yaudah gpp”. Intinya, Duterte cuma bakal membolehkan anak-anak Filipina sekolah lagi kalo vaksinnya udah ditemukan. Kalo belom ya gausah dibahas. Gitu katanya.

Emang tadinya mereka mau back to school kapan?
Normalnya sih musim sekolahan di sana berjalan dari Juni sampe April, tapi karena Covid-19, sekolahan baru bakal dimulai 24 Agustus nanti. FYI, saat ini ada lebih dari 25 juta pelajar tingkat SD sampe SMA di sana, dan mereka udah nggak masuk sekolah sejak Maret kemarin.

Go on…
Terkait kebijakan ini, Kementerian Pendidikan Filipina udah menyiapkan protokol soal pembelajaran jarak jauh dan online learning, tapi emang kendalanya, jutaan pelajar di negara tersebut nggak punya akses terhadap komputer dan internet di rumahnya.

But I thought schools are already reopening?
Yes, in other countries like China, South Korea, France, Australia, and others. Jadi seiring dengan menurunnya jumlah kasus Covid-19 di negara-negara tersebut, maka anak-anak juga udah boleh sekolah. Meski begitu, mereka harus menerapkan aturan physical distancing kayak nggak boleh duduk berdekatan, harus selalu cuci tangan, dan menjalankan protokol kesehatan lainnya.

New normal, new normal…