Postponed Elections

77

When Covid-19 is cancelling “I do” and “I voted” around the world…

Gambar: foreignpolicy.com

Yep, Covid-19 is cancelling everything around the globe. From people saying “I do” to people saying “I voted”, aka the elections.

Wait, so people don’t get married and now they don’t get to vote either?
Technically, yes. Thanks to Covid-19. Jadi, masih ingetkan bahwa Pilkada Serentak yang harusnya digelar September ini di Indonesia jadi diundur ke Desember nanti? Nah, kejadian kayak gini ternyata nggak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di banyak negara lainnya.

Whoaa tell me more. 
Jadi menurut the International Institute for Democracy and Electoral Assistance, saat ini setidaknya udah ada 56 negara yang mengundur pemilunya gara-gara corona, baik pemilu di skala nasional, maupun daerah.

Whoaa banyak juga ya… terus gimana?
Yhaa ada sih sih negara yang rencananya bakal menjalankan voting via pos, tapi proses ini juga masih kontroversial karena sulit memastikan kalo prosesnya adil. Selan itu, ada juga beberapa negara yang udah reschedule tanggal pemilunya kayak kita, dan ada juga yang bilang “ditunda” cuma belum tau sampai kapan.

Negara mana aja yang di-reschedule?
At least udah ada 19 negara yang nge-reschedule tanggal pemilihannya. Negara-negara sisanya, ‘menunda’ pemilihan dan belum tahu sampai kapan. Contoh negara-negara yg nge-reschedule adalah Australia (pemilihan daerah New South Wales), Argentina, Kanada, Jerman, sampe UK. Meski begitu, disebutkan bahwa kebijakan ini bisa berubah, tergantung sikon.

I see, emang kita juga di-postpone ya pemilunya?
Yoi. Indonesia mestinya kan ngadain Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) pada 23 September. Tapi, karena corona, pilkadanya diundur ke Desember. Rencananya, pilkada ini bakal digelar untuk memilih sembilan gubernur, 37 walikota, dan 224 Bupati baru di 270 daerah.

I see. Anything else?
Minggu lalu, Polandia mencoba menggelar pemilu presidennya via pos, dan hasilnya, nggak ada warga yang merespon suratnya, alias nggak ada yang milih. Jadi untuk pertama kalinya juga dalam sejarah kepemiluan, ada negara yang voters turnout-nya beneran nol, sampe pemilu ini kemudian disebut “ghost election”. Selain Polandia, Amerika Serikat juga seharusnya ngadain pemilihan presiden pada 3 November 2020, tapi jadwalnya diundur dan belum pasti tanggalnya berapa. Ada 16 negara bagian di Amerika Serikat dan dua territories yang menunda pemilihan umumnya.