Pikobar itu Apa

102

For when Kang Emil says: People, meet Pikobar. Pikobar, meet people.

Who?
Pikobar. It stands for Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat. And Kang Emil is, well, in case you haven’t noticed, adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

And Pikobar is…
Kayak aplikasi gitu, yang berisi informasi soal penyebaran Covid-19 di Jawa Barat. Nah, menariknya, dengan Pikobar ini kamu nggak cuma bisa dapet informasi soal Covid-19, tapi juga bisa melakukan tes gejala risiko Covid-19 secara mandiri dari rumah.

Hah kok bisa?
Bisa donk. Kata Kang Emil, aplikasi yang dikembangkan melalui kerja sama antara Pemprov Jabar dengan Prixa ini dilengkapi sama sistem periksa gejala berbasis Artificial Intelligence (AI) yang bisa ngasih prediksi kemungkinan kondisi berdasarkan keluhan kesehatan yang dirasakan. Dengan begini, warga Jabar bisa tetap tenang periksa mandiri di rumah kalo lagi nggak enak badan, sekaligus untuk screening rapid test Covid-19 juga.

Go on…
Ya dengan adanya screening ini, maka pemerintah Jabar jadi bisa prioritize layanan rapid test buat warga yang emang terindikasi mengalami gejala Covid-19. Rumah sakit juga jadi bisa fokus menangani kasus pasien yang kritis dan darurat.

Balik lagi bentar… Prixa? Siapa tuh?
Prixa itu startup lokal berupa platform layanan kesehatan yang memungkinkan kamu untuk bisa periksa mandiri keluhan kesehatan yang dialami secara online. Gratis, kapan pun, di mana pun.

Interesting. Tapi jadinya cuma bisa buat Covid-19 aja nih?
Nggak dong. Jadi Prixa sendiri bisa bantuin kamu melakukan periksa mandiri untuk ratusan jenis penyakit. Dengan teknologi AI-nya tadi, Prixa bisa ngasih kamu informasi soal kemungkinan kondisi yang kamu alami berdasarkan keluhan yang diberikan (disclaimer: Hasilnya Prixa ini bukan pengganti diagnosis dokter ya gengs. Kamu perlu untuk tetap konsultasi ke dokter buat medical diagnosis).

Jadi pasiennya nggak ketemu dokter langsung nih?
Yha enggak. Kan #Prixadarirumah. MEHEHEHE. Jadi Prixa ini punya tim dokter berpengalaman dengan berbagai latar belakang yang ikutan bikin sistemnya, makanya hasil prediksinya gak asal. Selain itu, dengan menggunakan Prixa, kamu bakal tahu lebih lanjut soal keluhan yang kamu alami sebelum berkonsultasi ke dokter.

So it’s legit?
Legit dong. Saat ini aja udah ada lebih dari satu juta orang yang melakukan periksa mandiri melalui Prixa. Nah, kalo kamu juga pengen memeriksakan gejala risiko Covid-19, kamu bisa cek bit.ly/prixacmuid, atau kalo mau periksa kesehatan secara umum aja, kamu bisa cek bit.ly/prixacatchmeup. Cussss.

Ini adalah konten bersponsor*