Pengguna Pinjol Milenial

65

For when shopping is your favorite sport…

Be careful gengs. Apalagi kalo kamu sampe harus minjem duit dari pinjol aka pinjaman online…

Wait, what about it?
Karena ditemukan bahwa mayoritas orang yang paling banyak minjem duit ke fintech atau pinjol adalah kelompok usia millennial.

Really?
Yep. Begitu kata hasil survei yang dilakukan sama Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi dalam data OJK pada Bulan Maret lalu, diketahui bahwa 70,07 persen orang yang minjem duit ke pinjol berusia 19 sampai 34 tahun.

Whoaa terus?
Nah, di posisi kedua baru deh didominasi oleh orang-orang di atas usia milenial, yakni 27,79 persen berusia antara 35 tahun – 54 tahun, dan hanya 1,37 persen peminjol yang berusia di atas 54 tahun. Selain itu, sebagian kecilnya lagi berusia kurang dari 19 tahun.

Interesting. Tell me more…
Penemuan lainnya adalah dari segi jenis kelamin, di mana jumlah peminjam laki laki dan perempuan hampir sama, walaupun yang laki-laki terhitung sedikit lebih banyak. Jadi untuk peminjol berjenis laki-laki persentasenya adalah 50,58 persen dari total peminjam sebanyak 24,15 juta orang. Sedangkan, peminjam perempuan mencapai 49,29 persen.

I see. Anything else I need to know?
Yep, jadi diketahui juga bahwa per Maret 2020, jumlah pinjol yang mengalir adalah sebanyak Rp14,79 triliun atau naik 90 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Namun sayangnya, peningkatan pinjol ini nggak diiringi dengan kualitas kredit. Buktinya, masih menurut data OJK, tercatat bahwa Tingkat Keberhasilan Bayar 90 Hari (TKB90) pada kuartal ini menurun jika dibandingkan kuartal lalu.