Nama Korban Covid 19

513

For when you realize Covid-19 victims are more than just numbers…

Gambar: nytimes.com

Yep, at this point, kamu mungkin udah kebiasa tiap sore nontonin update pemerintah soal berapa jumlah pasien Covid-19 yang meninggal, positif, sembuh, sampe jumlah ODP atau PDP. Your new normal  is probably a conversation like… “Wah hari ini yang positif 600 orang yha” atau “Yang meninggal udah lebih dari seribu orang”, and eventually, those victims become numbers. Nothing but numbers. But, you know, they are way more than that. Those people who died of coronavirus are someone’s father, mother, lovers… dan hal ini yang ingin ditegaskan sama New York Times dalam cover koran hari Minggu kemarin.

Jadi dalam edisi spesialnya itu, alih-alih mengisi cover depan dengan foto berwarna, NYT menulis nama-nama orang yang meninggal karena Covid-19 yang tersebar di seluruh Amerika Serikat. Nggak cuma nama dan umur, daftar itu juga berisi trivia kecil terkait sang pasien, contohnya kayak “Harvey Bayard, 88, New York, Grew up directly across from the old Yankee Stadium” 

Advertisement
atau “Helen Kafkis, 91, Chicago, known for her Greek chicken and stuffed peppers“. Tim editorial NYT menyebut bahwa ide untuk menyusun obituari ini muncul karena saat ini, jumlah korban meninggal akibat Covid-19 di AS udah hampir mencapai 100 ribu jiwa. Jadi untuk menandai pencapaian kelam tersebut, mereka menyusun obituari tadi untuk mengingat siapa aja para korban dan bagaimana mereka menjalani kehidupannya :’)

Check out the cool graphic here

Advertisement