Kim Jong-un Muncul ke Publik

83

For when you sing, “Hai, selamat bertemu lagi…”

Gambar: cnn.com

“Tahu diri” banget kak lagunya? Masih pagi gini udah galau.
Bukan, bukan. Ini kita lagi mau ngomongin Kim Jong-un.

Who?
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. Jadi Jong-un ini sempet nggak keliatan selama tiga minggu terakhir dan bikin warga dunia berspekulasi bahwa dia sakit parah, bahkan ada yang mikir dia meninggal.

Whoaa serius?
Yep, udah heboh gitu, eh taunya minggu lalu, tepatnya pada Jumat, beliau muncul donk di acara pembukaan pabrik pupuk fosfat yang digelar di Sunchon, Korea Utara. Alive and well. 

Wait, emangnya dia dari mana?
Yha gak tau. Cuma yang pasti, beliau sempat nggak muncul di acara peringatan ulang tahun kakeknya (pendiri Korea Utara) Kim Il-sung yang dirayakan sebagai hari libur nasional dan merupakan perayaan penting di sana. More like our 17 Agustusan gitu deh. Nah, gara-gara gak keliatan di acara itulah, masyarakat kemudian berspekulasi soal keberadaan Jong-un.

Catch Up! with the full story here.

Terus jadi spekulasinya soal apa aja?
Yha macem-macem. Ada yang bilang bahwa beliau lagi pemulihan habis operasi jantung, ada yang bilang doi takut kena corona hingga memilih untuk menyendiri, bahkan ada yang berspekulasi bahwa beliau meninggal. At this point, udah banyak juga yang berspekulasi soal rumor penggantinya Kim Jong-un dalam memimpin Korut.

Who?
His sister, namanya Kim Yo-jong. Selama ini, Yo-jong juga aktif dalam menjalankan pemerintahan di Korea Utara.  Banyak juga berita yang bilang bahwa Yo-jong itu anak favoritnya mendiang ayahnya, Kim Jong-il. “He used to call her ‘Princess Yo-jong’,” kata salah satu chef yang pernah kerja untuk mereka. Kabarnya, kalau Jong-un meninggal, Yo-jong adalah kandidat terkuat untuk memimpin Korut, although some says it’s not possible karena budaya patriarki di Korut cukup tinggi.

Whooaa I see, I didn’t even know he has a sister…
Lol. Wajar sih, soalnya nggak ada yang tau pasti juga silsilah keluarga pemimpin Korea Utara itu persisnya gimana, secara mereka sangat menjaga kerahasiaan keluarganya. Anyway, now that he’s back, setidaknya kemunculan Jong-un bisa meluruskan spekulasi-spekulasi yang muncul kemarin. To put the cherry on top, gak bisa ngomongin isu luar negeri kalo gak bahas komentar dari presiden yang paling rajin ngetwit, Donald Trump. Kata Trump, dia hepi ngeliat Jong-un ternyata sehat-sehat. “I, for one, am glad to see he is back, and well!” gitu kata cuitannya.