Denda Masker

67

When you’re out for some groceries and left your masks at home…

Be careful because you can get fined for up to Rp250 ribu.

What? Really?
Yep. Jadi dalam peraturan terbaru yang diterbitkan sama Gubernur DKI Jakarta Pak Anies Baswedan, disebutkan bahwa ada berbagai sanksi yang bisa dijatuhkan buat warga yang nggak nurut sama peraturan PSBB di Jakarta, kayak misalnya, nggak melakukan praktek physical distancing…

Terus…
Adapun sanksi yang bakal dijatuhkan itu macem-macem, dan berlaku buat siapa aja, baik perorangan maupun perusahaan. Nah, dalam Pergub tadi juga disebutkan bahwa kalo ada warga yang nggak pake masker di luar rumah, tempat umum, atau fasilitas umum selama PSBB, maka mereka bakal dikenakan sanksi. Adapun sanksinya adalah berupa teguran tertulis, kerja sosial, sampe didenda paling sedikit Rp100 ribu dan paling banyak Rp250 ribu.

Whoaaa who’s gonna enforce this?
Satpol PP dan dibantu juga sama polisi.

Terus terus, apa lagi yang dilarang?
Yhaaa kalo kamu nyetir, jumlah penumpang di mobil kamu nggak boleh lebih dari 50 persen kapasitas mobil. Selain itu, para penumpang juga wajib pake masker, dan kalo ketauan nggak menuruti aturan ini juga bisa kena denda sekitar Rp500 ribu sampe satu juta rupiah.

Can I hang out with my friends then?
Nope, if it’s more than five people. Jadi diatur juga bahwa warga dilarang melakukan kegiatan yang melibatkan lebih dari lima orang. Kalo ketauan melanggar, maka hukumannya adalah sanksi berupa teguran tertulis, sanksi sosial kayak membersihkan sarana fasilitas umum dengan pake rompi, hingga denda paling sedikit Rp100 ribu dan paling banyak Rp250 ribu.

Great. I am just gonna stay at home then. 
Excellent choice. Yhaa sabar-sabar aja stay di rumah sampe at least 22 Mei ini, pas PSBB di ibu kota berakhir (kalo nggak diperpanjang). Tapi kalo masih diperpanjang ya… artinya kita lanjut ke season 3