Corona Updates, Postponed Elections, Nama Korban Covid

65

Hello, Tuesday.

My, my, what a long weekend we just had! For those of you who celebrated, Eid Mubarak. We know you’re finishing that second jar of nastar as you are reading this. Needless to say, other than the taste of that nastar, anything else happening in this year’s Idulfitri is way too different: Talking to your family members on screen, not having the Eid prayer at your local mosque, and not shaking hands when apologizing. Let’s hope that, this is the only time we’d experience Idulfitri like this.


Hi, it’s still your Covid-19 updates. In one place.

Gambar: detik.com

Yep, so many things are happening in your Covid-19 world. Let’s break it down, starting from home, aka nationally. 

  • Per Senin kemarin, total kasus positif Covid-19 di Indonesia adalah sebanyak 22.750. Adapun pasien yang meninggal dunia ada 1.391 jiwa, dan yang sembuh 5.642 orang.
  • Per kemarin juga, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Kalimantan Timur mencatat kalau nggak ada penambahan pasien positif corona. Bukan, bukan karena lab-nya libur hingga gak ada tes Covid-19 kok. Tapi emang beneran gak ada penambahan kasus positif.
  • Kementerian Kesehatan baru aja menerbitkan aturan soal menjalani kehidupan di tengah pandemi Covid-19 aka “the new normal“. Adapun beberapa protokol itu di antaranya adalah:
    • Hindari menyentuh fasilitas yang dipakai bersama
    • Bersih-bersih saat sampai rumah
    • Konsumsi gizi seimbang
    • Kontrol kesehatan kalo punya penyakit-penyakit kayak diabetes, hipertensi, gangguan paru, gangguan ginjal, dll.
    • Hindari menggunakan transportasi umum
  • So, when can I start eating at a restaurant again? Well, apparently soon. Karena Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) di Jakarta bakal berakhir pada 4 Juni ini. Jadi dalam keterangannya, Gubernur DKI Jakarta Pak Anies Baswedan bilang bahwa PSBB kali ini bakal jadi penentu masa transisi menuju “the new normal”. Jadi kalo penambahan kasus baru bisa dikontrol, maka the new normal ini bisa dilakukan, tapi kalo kasusnya justru malah meningkat, maka bisa jadi PSBB diperpanjang lagi.
  • Terkait rencana the new normal tersebut, APPBI, stands for Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia mengumumkan bahwa bakal ada 60 mal yang dibuka lagi per 5 Juni nanti. Meski begitu, protokol the new normal mengatur bahwa jam operasional mall bakal berubah, dari yang biasanya jam 10:00-22:00 WIB, jadi jam 11:00-20:00 WIB (9 jam).
  • Still about Jakarta, Pak Anies juga bilang bahwa warga yang nggak punya Surat Izin Keluar-Masuk (SIKM) dilarang masuk lagi ke Jakarta. Adapun mereka yang dikasih surat ini adalah yang bekerja di 11 sektor yang dibolehkan beroperasi selama masa PSBB. Bhayy temen-temen kamu yang mudik…
  • Pasar Antri di Cimahi, Jawa Barat, ditutup sementara setelah satu orang pedagangnya ditemukan positif Covid-19. Rencananya, dinas kesehatan setempat bakal segera melakukan tes massal terhadap 800 pedagang yang biasa jualan di pasar tersebut.
  • PSBB di Surabaya Raya diperpanjang dari 26 Mei sampai 8 Juni 2020. PSBB ini merupakan PSBB tahap ketiga, dan disetujui dalam rapat evaluasi bersama Provinsi Jawa timur. Adapun keputusan ini mencakup Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Gresik.
  • Per Jumat minggu lalu, PSBB di Kota Makassar resmi berakhir. Dengan berakhirnya aturan ini, maka toko-toko non sembako di Makassar udah boleh buka lagi, asal memenuhi protokol kesehatan.

Meanwhile, internationally…

  • Secara global, jumlah total kasus positif Covid-19 di seluruh dunia adalah sebanyak 5.435.789 orang positif, dan 345.467 orang meninggal.
  • Negara yang paling banyak terinfeksi virus ini adalah Amerika Serikat (1.644.143 kasus), Brazil (363.211 kasus), dan Rusia (353.427 kasus).
  • Afrika Selatan bakal membuka kembali perekonomiannya pada 1 Juni mendatang. Presiden Afsel Cyril Ramaphosa bilang bahwa terkait hal ini, negaranya bakal tetap memberlakukan social distancing dan protokol kesehatan. Sejauh ini Afsel punya 1.200 kasus positif corona.
  • Jepang juga udah mencabut status daruratnya tadi malam setelah kasus baru Covid-19 di sana menurun. Disebutkan juga bahwa kultur warga Jepang yang emang rajin banget pake masker, fasilitas umum yang super bersih, dan cara menyapa yang dilakukan dengan membungkuk instead of salaman bikin penyebaran Covid-19 di negeri tersebut bisa dikendalikan. Adapun penambahan kasus baru di Jepang udah menurun dari ratusan ke belasan aja.
  • Dalam pengumumannya kemarin, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson bilang bahwa toko-toko dan bisnis retail di Inggris udah bisa mulai buka lagi per pertengahan Juni mendatang.
  • Kemarin, Italia baru saja mengumumkan penambahan kasus Covid-19 harian paling sedikit sejak Februari. Selain itu, terjadi juga penurunan jumlah pasien yang dirawat di UGD hingga 12 persen.
  • Per 1 Juli, Spanyol akan menghentikan aturan karantina bagi turis asing. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Spanyol Arancha Gonzales melalui akun Twitter-nya yang menyebut bahwa “the worst is behind us”. Sebagai negara yang 12 persen GDP-nya berasal dari sektor pariwisata, Spanyol merupakan salah satu negara yang ekonominya paling terpengaruh akibat Covid-19.

When Covid-19 is cancelling “I do” and “I voted” around the world…

Gambar: foreignpolicy.com

Yep, Covid-19 is cancelling everything around the globe. From people saying “I do” to people saying “I voted”, aka the elections.

Wait, so people don’t get married and now they don’t get to vote either?
Technically, yes. Thanks to Covid-19. Jadi, masih ingetkan bahwa Pilkada Serentak yang harusnya digelar September ini di Indonesia jadi diundur ke Desember nanti? Nah, kejadian kayak gini ternyata nggak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di banyak negara lainnya.

Whoaa tell me more. 
Jadi menurut the International Institute for Democracy and Electoral Assistance, saat ini setidaknya udah ada 56 negara yang mengundur pemilunya gara-gara corona, baik pemilu di skala nasional, maupun daerah.

Whoaa banyak juga ya… terus gimana?
Yhaa ada sih sih negara yang rencananya bakal menjalankan voting via pos, tapi proses ini juga masih kontroversial karena sulit memastikan kalo prosesnya adil. Selan itu, ada juga beberapa negara yang udah reschedule tanggal pemilunya kayak kita, dan ada juga yang bilang “ditunda” cuma belum tau sampai kapan.

Negara mana aja yang di-reschedule?
At least udah ada 19 negara yang nge-reschedule tanggal pemilihannya. Negara-negara sisanya, ‘menunda’ pemilihan dan belum tahu sampai kapan. Contoh negara-negara yg nge-reschedule adalah Australia (pemilihan daerah New South Wales), Argentina, Kanada, Jerman, sampe UK. Meski begitu, disebutkan bahwa kebijakan ini bisa berubah, tergantung sikon.

I see, emang kita juga di-postpone ya pemilunya?
Yoi. Indonesia mestinya kan ngadain Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) pada 23 September. Tapi, karena corona, pilkadanya diundur ke Desember. Rencananya, pilkada ini bakal digelar untuk memilih sembilan gubernur, 37 walikota, dan 224 Bupati baru di 270 daerah.

I see. Anything else?
Minggu lalu, Polandia mencoba menggelar pemilu presidennya via pos, dan hasilnya, nggak ada warga yang merespon suratnya, alias nggak ada yang milih. Jadi untuk pertama kalinya juga dalam sejarah kepemiluan, ada negara yang voters turnout-nya beneran nol, sampe pemilu ini kemudian disebut “ghost election”. Selain Polandia, Amerika Serikat juga seharusnya ngadain pemilihan presiden pada 3 November 2020, tapi jadwalnya diundur dan belum pasti tanggalnya berapa. Ada 16 negara bagian di Amerika Serikat dan dua territories yang menunda pemilihan umumnya.


For when you realize Covid-19 victims are more than just numbers…

Gambar: nytimes.com

Yep, at this point, kamu mungkin udah kebiasa tiap sore nontonin update pemerintah soal berapa jumlah pasien Covid-19 yang meninggal, positif, sembuh, sampe jumlah ODP atau PDP. Your new normal  is probably a conversation like… “Wah hari ini yang positif 600 orang yha” atau “Yang meninggal udah lebih dari seribu orang”, and eventually, those victims become numbers. Nothing but numbers. But, you know, they are way more than that. Those people who died of coronavirus are someone’s father, mother, lovers… dan hal ini yang ingin ditegaskan sama New York Times dalam cover koran hari Minggu kemarin.

Jadi dalam edisi spesialnya itu, alih-alih mengisi cover depan dengan foto berwarna, NYT menulis nama-nama orang yang meninggal karena Covid-19 yang tersebar di seluruh Amerika Serikat. Nggak cuma nama dan umur, daftar itu juga berisi trivia kecil terkait sang pasien, contohnya kayak “Harvey Bayard, 88, New York, Grew up directly across from the old Yankee Stadium” atau “Helen Kafkis, 91, Chicago, known for her Greek chicken and stuffed peppers“. Tim editorial NYT menyebut bahwa ide untuk menyusun obituari ini muncul karena saat ini, jumlah korban meninggal akibat Covid-19 di AS udah hampir mencapai 100 ribu jiwa. Jadi untuk menandai pencapaian kelam tersebut, mereka menyusun obituari tadi untuk mengingat siapa aja para korban dan bagaimana mereka menjalani kehidupannya :’)

Check out the cool graphic here


“Rencananya mall kan kembali dibuka mulai 5 Juni 2020.”

Gitu kata Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat yang menyebut bahwa bakal ada sekitar 60 mall yang berencana untuk beroperasi kembali pasca PSBB di Jakarta berakhir pada 4 Juni mendatang. Meskipun udah boleh buka lagi, namun ada beberapa aturan yang diterapkan, misalnya mall hanya boleh buka selama sembilan jam, yakni jam 11 siang sampe jam 8 malem, dan fasilitas-fasilitas yang sulit mempraktekkan physical distancing kayak bioskop atau wahana mainan anak tetep harus tutup dulu.

What is the first store you wanna visit once the mall reopens?


Angel’s Stories 

1. Kemarin weekend setelah saya mengisi kegiatan di webinar, sekilas saya lihat ada anak muda yang memanggil tukang dagang. Saya sih masih memantau dari jendela, setelah terlihat ternyata yang dipanggil adalah tukang dagang keliling makanan ringan (kue aci, kue cincin dll.) berumur mungkin sekitar 65-70 tahun. Anak muda itu beserta temannya membeli jajanan tersebut (alhamdulillah). Akhirnya kebaikan orang tersebut menular kepada saya dan saya panggil bapak tersebut, saya beli juga dan tidak lama ada mobil yang memberi sembako ke bapak tersebut. Saya tanya kan, “Pak, lumayan tuh buat seminggu ke depan sembakonya.” Bapaknya menjawab, “Iya, kalau beli mah kayanya gak sanggup.” Ya Allah dari sana saya dapet pelajaran banyak seperti yang pertama jalan rejeki sudah ada yang atur jika bapak itu tidak dipanggil oleh anak muda di awal, mungkin bapak itu tidak akan dapat sembako yang dibagikan keliling oleh mobil van. Lalu yang kedua, berbuat baik dapat menular dan lebih menghargai makanan yang kita beli jangan boros, gaes, lebih baik sisihkan uang kita untuk beramal.
-Sukabumi vibes-

2. Jadi karena WFH dan PSBB, banyak banget waktu dirumah dan jadi nyuci baju sendiri. Tapi karena pas puasa panas banget, kita gak kuat buat nyuci sendiri dan akhirnya nge-laundry kaya biasa. Terus kakakku inisiatif ngasi pegawai laundry langganan kita sembako. Gak gitu banyak sih. Tapi tiap kita nganter atau ambil laundry-nya, mbak-mbak yang jaga mesti bilang, “Makasih banget loh, Mbak, kita sangat kebantu.” Jadi karena PSBB ini, laundry-nya jadi sepi, dan hari kerjanya gantian sehingga bayaran juga jado gak full.
-Anak rantau yang gak bisa pulang-

3. Gara-gara corona, kantorku udah nerapin WFH sekitar dua setengah bulan. Sebagai anak rantau tentu aja hal ini bikin aku dan temen-temen stres dan bosen banget di kos. Apalagi bertepatan sama bulan puasa. Untungnya ada salah satu seniorku yang tinggal bareng orang tuanya terus suka undang aku sama temen-temen buat buka puasa di rumahnya. Bahkan waktu lebaran juga! Terus terang aku sama temen-temen jadi seneng dan terharu sama kebaikan mereka karena sedikit mengobati rasa sedih nggak bisa kumpul bareng keluarga 🙂
-K, Pelosok Banten-

(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience first hand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)


Catch Me Up! Recommendations

What’s a better way to start your week other than reminiscing some of the old but gold comedy series?