Corona Updates 11 Mei 2020

73

And nothing screams Monday louder than… your corona updates

Gambar: cnn.com

Yes. Catch Me Up! Starting from here aka home aka dalam negeri.
Got it. Here we go. 

Di Indonesia…

  • Total Kasus Covid-19 udah mencapai 14.032 kasus positif, dengan 973 orang meninggal, dan 2.698 sembuh.
  • Adapun total orang yang udah dites adalah 113.452 orang, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) adalah 248.690 orang, dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) adalah 30.317 orang.
  • Wabah Covid-19 juga ditemukan pada para WNI yang ada di luar negeri. Adapun jumlah kasus positifnya adalah 733 kasus, 363 orang sembuh, dan 41 orang meninggal.
  • Hello, hello East Java! Siap-siap untuk kamu yang tinggal di wilayah Malang Raya, Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Malang, Kota Batu, dan Kota Malang. Hal ini karena pemerintah setempat udah fix bakal ngajuin status PSBB ke Kementerian Kesehatan. Keputusan ini diambil weekend kemarin setelah ditemukan bahwa terjadi penyebaran Covid-19 yang masif di daerah-daerah tadi.
  • If you live in Surabaya, make sure to always stick to PSBB rules. Hal ini karena kata Gubernur Jawa Timur Bu Khofifah Indar Parawansa, kalo kamu ketauan melanggar PSBB, maka sebagai sanksinya, kamu nggak bisa memperpanjang SIM dan SKCK di kepolisian selama enam bulan ke depan. Whoaaa…
  • Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi minggu lalu baru aja menerbitkan surat edaran yang mengimbau warga Sumut untuk doa bersama menghadapi Corona. Adapun doa bersama ini rencananya akan dilaksanakan pada 14 Mei mendatang di rumah masing-masing dan sesuai dengan agama masing-masing.
  • Bagi yang mau ‘curi-curi’ mudik, especially for Jakartans, think again. Karena diketahui bahwa sejak 24 April-9 Mei lalu, Kepolisian udah mencatat ada 37.701 kendaraan pemudik yang disuruh putar balik.
  • Per hari Minggu kemarin, disebutkan pemerintah bahwa ada 14 provinsi di Indonesia yang kasus positif virus coronanya tidak bertambah lagi aka nol. Adapun ke-14 provinsi tersebut adalah:  Aceh, Bengkulu, Jawa Barat, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Lampung, Maluku Utara, Maluku, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Gorontalo.

Around the world…

  • Saat ini, jumlah total kasus positif Covid-19 di seluruh dunia adalah 4.047.915 kasus dan 279.705 kematian.
  • Amerika Serikat masih menjadi negara dengan kasus positif Covid-19 tertinggi, dengan total kasus 1.309.541 dan 78.794 kematian.
  • Pada Selasa mendatang, India bakal membolehkan lagi kereta api beroperasi, namun hanya untuk rute-rute tertentu. Layanan kereta ini bakal diprioritaskan buat pekerja migran yang terdampar di berbagai wilayah di negara itu. India sendiri udah menjalani lockdown nasional sejak 24 Maret lalu dan bakal berlangsung terus sampe at least 17 Mei mendatang.
  • Angka kasus positif dan kematian akibat Covid-19 di Italia telah berangsur-angsur menurun. Kemarin, penambahan pasien yang meninggal akibat Covid-19 adalah 165; yang merupakan angka terendah sejak bulan lalu.
  • Perusahaan farmasi raksasa asal Amerika Serikat, Johnson & Johnson, menyatakan bahwa mereka bakal mulai memproduksi vaksin Covid-19 tahun depan. J&J menyebut bahwa saat ini mereka tengah melakukan tahapan penelitian klinis, dan kalo sesuai rencana, tahun depan mereka harusnya udah bisa memproduksi vaksin.
  • Para orang tua berusia 65 tahun ke atas di Turki akhirnya udah boleh keluar rumah. Ini adalah untuk pertama kalinya mereka dibolehin cabs setelah menjalani masa karantina selama 49 hari. Selain itu, mulai hari ini, Turki juga udah mengurangi sedikit-sedikit aturan lockdown-nya, di mana mal dan salon udah boleh buka tapi secara terbatas.
  • Dalam layanan mingguannya kemarin, Paus Fransiskus menyerukan pada para pemimpin Eropa untuk bekerjasama dan berkolaborasi dalam upaya menangani Covid-19. Pesan ini disampaikannya bersamaan dengan peringatan ke-70 tahun Deklarasi Schuman yang menjadi awal mula terbentuknya Uni Eropa.
  • Setelah lebih dari satu bulan nggak ada satu pun kasus baru, kemarin Wuhan melaporkan satu kasus Covid-19 positif. Adapun pasiennya berada dalam keadaan kritis, dan istrinya positif tanpa gejala.  Diketahui bahwa pasangan ini tinggal di lingkungan yang sebelumnya memiliki  20 kasus positif korona.