Corona Recap, Iuran BPJS Naik, Hospital iPads

136

Hello again, Monday.

Good morning. It’s the last week of Ramadan and who would’ve thought that we would be spending the holy month without a single night at the mosque? Or without a single bukber? Or without a single Jum’at prayer or Tarawih together? Ramadan this year is difficult, unusual, and sad. Thus, in these last six days of Ramadan, let’s pray that we will not be having this kind of Ramadan again. Ever


Round up, round up, it’s your Covid-19 round up…

Gambar: cnnindonesia.com

Yep, let’s hear it! Monday is for your Covid-19 recap.

Dan seperti biasa, we start from home…

  • Hingga kemarin, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia adalah 17,514 kasus, dengan angka meninggal sebanyak 1,148, dan sembuh sebanyak 4,129.
  • Minggu lalu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) baru aja menerbitkan fatwa yang isinya adalah panduan salat Idul Fitri di rumah.
  • Untuk Salat Ied nanti, Pemprov Jawa Timur udah mengeluarkan surat edaran yang mengizinkan untuk salat di masjid. Meski begitu, kebijakan ini harus sesuai dengan protokol PSBB yang merenggangkan jarak salat dan warga tetep nggak boleh bergerombol.
  • Mulai tanggal 25 Mei mendatang, karyawan BUMN yang umurnya berada  di bawah 45 tahun udah boleh mulai masuk kantor dengan batasan. Selain itu, Kementerian BUMN juga udah nyiapin protokol perlindungan karyawan, pelanggan, pemasok, mitra bisnis, dan stakeholder penting lainnya. Protokol tersebut meliputi social distancing, penggunaan masker, menjaga kebersihan, dll.
  • Maskapai penerbangan tanah air Garuda Indonesia kemarin baru aja mengumumkan bahwa pihaknya bakal merumahkan sekitar 800 orang karyawannya yang berstatus kontrak dan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT). Garuda bilang, kebijakan ini diambil untuk keberlangsungan perusahaan di tengah kondisi operasional penerbangan yang belum kembali normal.
  • Gubernur DKI Jakarta Pak Anies Baswedan meminta warganya untuk nggak ‘mudik lokal’ atau pergi lebaran ke rumah-rumah saudara yang ada di Jakarta.  Kata Pak Anies, yang boleh adalah ‘mudik virtual’.
  • Gara-gara membuka peti dan memandikan jenazah pasien yang meninggal karena Covid-19, 15 orang warga Sidoarjo dinyatakan positif corona. Hal ini diketahui ketika pasien yang sudah meninggal itu dibawa pulang ke kampungnya buat dimakamkan. Eh bukannya langsung dimakamkan, jenazah pasien sempat dibuka dari petinya dan dimandikan. Akibatnya selain 15 orang positif, warga di kampung tersebut juga dinyatakan PDP.
  • Kemendikbud bilang, pihaknya berencana untuk membuka kembali sekolah pada pertengahan Juli, atau pada tahun ajaran baru. Disebutkan bahwa rencana ini dimungkinkan untuk sekolah di daerah-daerah yang udah dinyatakan aman dari wabah corona.

And now, from the other parts of the world…

  • Hingga kemarin, jumlah pasien Covid-19 di seluruh dunia udah mencapai 4,667,109 kasus positif, dan 312.381 meninggal.
  • Adapun negara dengan kasus Covid-19 terbanyak adalah Amerika Serikat (1,471,674 kasus), Russia (281,752 kasus), Inggris (241,461 kasus), Brazil (233,511 kasus) dan Spanyol (230,698 kasus).
  • Untuk membatasi penyebaran Covid-19, khususnya di waktu lebaran, Perdana Menteri Mesir Mostafa Madbouly mengumumkan bahwa Mesir akan menerapkan jam malam dan larangan berkumpul dari tanggal 24 – 29 Mei 2020.  Seluruh toko, mal, pantai, taman akan ditutup pada periode tersebut.
  • Seiring dengan bertambahnya kasus Covid-19 di Saudi Arabia, negara tersebut baru aja menerapkan 24-hour curfew aka lockdown dari tanggal 23 – 27 Mei di seluruh kota dan daerah. This means, pas lebaran, Saudi Arabia bakal tengah menjalani lockdown.
  • Perusahaan farmasi Johnson & Johnson menyebut bahwa pihaknya berencana untuk menghasilkan vaksin Covid-19 sebanyak 1 Milyar per tahun depan. Disebutkan juga bahwa kalo emang prosesnya lancar, maka produksinya bisa dimulai tahun ini.
  • Meskipun kasus Covid-19 di Thailand berkurang terus, namun pemerintah setempat memutuskan untuk memperpanjang larangan penerbangan internasional sampai 30 Juni mendatang. Meski begitu, mall dan pusat perbelanjaan di Thailand udah mulai boleh buka sejak kemarin.
  • Iran baru aja mengumumkan bahwa pemerintah bakal mengizinkan pelaksanaan Salat Aid di lapangan terbuka. Kebijakan ini berlaku di seluruh kota yang ada di Iran.
  • India jadi episentrum baru penyebaran virus Covid-19 di Asia setelah terjadi penambahan kasus sebanyak 4,987 dalam sehari. Saat ini, total kasus Covid-19 di India mencapai 90 ribuan orang, dan bikin India jadi negara kedua yang paling banyak terinfeksi Covid 19 di Asia, setelah China. Seiring dengan perkembangan ini, India kemudian memperpanjang kebijakan lockdownnya hingga 31 Mei mendatang

What’s just got an increase?

Gambar: cnnindonesia.com

Not my paycheck for sure…
Same.

Terus apa donk?
Iuran BPJS kesehatan

Huh?
Iya, jadi kenaikannya ini udah yang kedua kalinya setelah kenaikan yang pertama dibatalkan sama Mahkamah Agung.

Gimme some background
Got it. Jadi kalo kamu masih inget, pada akhir 2019 lalu, Pak Jokowi pernah ngumumin soal kenaikan iuran BPJS sebesar 100 persen. Alasannya, BPJS Kesehatan ini udah defisit sampe triliunan, so he’s like “yauda kita naikin aja iurannya…”

Terus…
Ya terus kata masyarakat: “Tidak semudah itu, Fergusso!”. Kebijakan ini kemudian digugat ke Mahkamah Agung oleh Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI) yang menuntut biar kebijakannya dibatalkan karena alasan kenaikan ini nggak jelas dan nggak manusiawi. Nah, gugatan ini kemudian dikabulkan…

Which means…
Bayar iuran BPJS Kesehatan balik lagi ke harga awal aka gajadi naik.

OK, terus…
Yhaaa namanya juga usaha beb. Setelah pada Januari lalu kenaikan ini dibatalkan MA, pada Selasa minggu lalu, Pak Jokowi kembali menaikkan iuran BPJS Kesehatan. Meaning, jarak dari dibatalkan dan dinaikin lagi cuma tiga bulan ajha…

CUI tapikan gue lagi ga punya duit…
Same. Menurut Pak Jokowi, pertimbangan dari kenaikan ini adalah “Untuk menjaga kualitas dan kesinambungan program Jaminan Kesehatan, kebijakan pendanaan Jaminan Kesehatan, termasuk kebijakan iuran perlu disinergikan dengan kebijakan keuangan negara secara proporsional dan berkeadilan serta dengan memperhatikan pertimbangan dan amar Putusan Mahkamah Agung Nomor 7 P/HUM/2020.”

I almost fell back to sleep.
Sorry about that. Alasan lainnya kalo menurut Tenaga Ahli Utama KSP, Ali Mochtar Ngabalin adalah karena katanya Pak Jokowi juga pengen BPJS mendukung pembiayaan pasien Covid-19.

Yaudah terus naiknya jadi berapa? 
Well, before we get there, kamu harus tahu dulu bahwa iuran ini naiknya per tanggal 1 Juli 2020 mendatang. Meanwhile, untuk kenaikannya adalah:

  • Kelas I:  iurannya dari Rp 80 ribu jadi Rp 150 ribu.
  • Kelas II:  iurannya dari Rp 51 ribu jadi Rp 100 ribu.
  • Kelas III:  iurannya dari Rp 25,500 jadi Rp 35,000.  Tapi, khusus untuk kelas ini, kenaikannya mulai berlaku di tahun 2021 nanti.

Terus kalo digugat lagi gimana?
Yha jadi gugatan season II, aka yaa siap aja dan akan dijalani sesuai proses hukum.

Tapi kemungkinannya bakal digugat lagi?
Iya sih. Kata KPCDI (yang ngegugat pertama), mereka juga lagi nyiapin bahan buat ngegugat kebijakan ini lagi untuk yang kedua kalinya. Setelah siap, gugatan rencananya bakal segera diajukan ke Mahkamah Agung.


When talking over your screen is important now more than ever…

Gambar: bbc.com

Yep, kalo dulu kamu memandangi layar hape/iPad kalo lagi ngindarin atau mati gaya buat ngobrol sama orang yang ada di depan kamu, kini layar digital jadi satu-satunya medium buat kamu untuk bisa stay connected with your loved ones.  Nah, talking about screen during this pandemic, meet: John Lynch. Seorang pria asal New Jersey, Amerika Serikat yang bikin project menyumbang iPad, namanya Operation Connection: The iPad project.
Jadi awalnya, John harus melepas kepergian ayahnya yang meninggal akibat Covid-19 bulan lalu lewat sambungan Facetime di iPad. Hal ini dilakukan karena emang aturan penanganan Covid-19 yang nggak membolehkan pengunjung berada di dekat pasien, kecuali tenaga medis. Nah, berangkat dari pengalamannya itu, John kemudian membuat gerakan The iPad Project tadi untuk menyalurkan iPad-iPad yang udah nggak kepake ke rumah sakit untuk dipake saying good bye buat para pasien dan keluarganya. Sejauh ini, John udah menyalurkan 60 unit iPad dan dia bertekad untuk terus melakukan kegiatan ini demi mengenang jasa ayahnya.

Saying goodbye is death by a thousand cuts.


“Yang kemarin saya bilang, kita harus berdamai dengan Covid.”

Gitu kata Presiden Joko Widodo dalam keterangan persnya minggu lalu melalui akun Youtube Sekretariat Presiden. Kata Pak Jokowi, selama vaksin Covid-19 belum ditemukan, maka kita bakal harus hidup berdampingan dengan Covid-19, yang artinya, kita harus rajin jaga jarak dan melakukan protokol pencegahan Covid-19 dalam kehidupan kita sehari-hari.

Talkin’ bout the new normal…


Angel’s Stories 

1. Baru aja kejadiannya nih. Jadi mamaku biasanya tiap mau lebaran dikirimin kue sama temannya. Tapi tahun ini temannya bilang, “Tolong dibeli ya, buat cucuku beli baju lebaran, soalnya anakku kehilangan pekerjaan, gak ada uang.” Akhirnya mamaku order kuenya dan dikirim via ojol. Begitu sampai di rumah, kang ojolnya bilang ongkirnya 21ribu. Dibayar sama mamaku 50ribu. Kang ojolnya langsung terharu, bilang terima kasih berkali-kali sambil mengangkat tangan memanjatkan doa. Dianya nangis, mamaku nangis. Mama masuk rumah dan cerita ke aku sambil nangis juga. Ya Allah…pagi-pagi udah hangat gini di hati 😭
-Ade-

2. Meeting start jam 4 sore. Jam 5 baru ngeh blm ada makanan buat buka puasa. Pesen makan lewat ojol, sekalian beliin buat abang ojolnya. Lanjut meeting tanpa ada beban apa2. Pas maghrib, abang ojol datang kasih pesenan gw. Karena barengan waktu berbuka dan baru kelar meeting, gw clueless banget ga ngecek pesenan (cuma say thank you) – tapi sekilas gw lihat abang ojolnya jalan agak pincang. Pas gw mau makan, baru sadar kalau abang ojol belum ambil paket makanan buat dia. Gw hubungin customer service (you know, I communicated through app only). Long story short, abang ojol hubungin gw. Dia minta maaf tadi agak lama antar pesanannya (dan ya gw baru ngeh emang seharusnya less than 30 minutes pesanan gw datang based on historical experience. Ini tadi hampir 1 jam). Ternyata bapaknya kecelakaan pas antar pesenan gw tadi. Tapi dia tetep anter makanan buru2, karena takut gw buka tanpa makanan 😭. Gw decide untuk kirim makanan ke rumah beliau dan transfer tambahan tips langsung ke beliau. Terima kasih untuk kalian yang masih berjuang di luar demi kenyamanan kami di dalam. Gw belajar untuk memberi bukan sekedar barang/uang, tapi juga empati. FYI, he said thank you many times and doain gw panjang bgt. I found an angel. Terima kasih, Pak 🙂
-Warga Jaksel-

3. Aku tiap hari berangkat dan pulang kerja naik angkot, udah dari Maret gitu rata-rata penumpang angkot turun drastis. Oh ya btw kantorku lokasi di kab Bogor dan gak WFH. Aku jadi kasihan sama supir-supir angkot karena hampiiiiir tiap hari aku naik angkot pp dari depan komplekku sampai depan gerbang kantorku sekitar 7 km cuma aku sendiri yang naik. Jadi aku bayar ongkosnya dilebihin atau kadang aku nggak minta kembalian. Pernah satu kali ada supir yg sampe bilang ‘makasih ya neng’ duh padahal gak seberapa. Seneng rasanya bisa berbagi walau hal kecil. Tanpa supir angkot aku gak bisa kerja. Mereka pahlawan buatku.
-Namira – Jl. Pahlawan Citeureup-

4. Aku punya tetangga yg berprofesi sebagai driver ojol. Semenjak aturan driver ojol gaboleh antar penupang, pendapatannya menurun banget. Sampe tetanggaku bikin share kalau anaknya cuma bisa makan nasi sama kerupuk😭 trus mamaku kaget dengernya, dan mamaku trf dia sejumlah uang biar bisa bantu. Dan sejak saat itu mamaku udh ga belanja sayur online lagi, karna lebih memilih untuk minta tolong ke tetanggaku biar dia bisa dapet penghasilan. Jadi kita bisa saling bantu satu sama lain.
-Jakarta-

(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience first hand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)


Catch Me Up! Recommendations

Bless your Monday morning with the angelic voice of Jojo singing this most “galau” song of all time…