Corona di Latin Amerika

96

Who’s singing “I’ve been all around, all around the world…”?

Gambar: cnn.com

Coronavirus.
Jadi setelah pertama kalinya muncul di Tiongkok, virus yang menyerang paru-paru ini kemudian melumpuhkan Eropa dan bikin Italia sebagai episentrum baru Covid-19. Nah, setelah kondisi di Tiongkok maupun Eropa mulai membaik, kini Covid-19 telah menemukan episentrum barunya lagi. Please welcome: Latin America.

What?
Yep. Jadi menurut Pan American Health Organization (PAHO) Selasa kemarin, jumlah kasus Covid-19 di Amerika Latin saat ini udah lebih tinggi daripada di Amerika Serikat dan Eropa. Hal ini kemudian menjadikan wilayah tersebut sebagai pusat wabah Covid-19 global saat ini.

 How many cases are we talking about?
More than 2.4 million cases and more than 143.000 deaths in all of the Latin Americas.

Wow, kok bisa banyak gitu sih?
Karena ada tiga negara di kawasan tersebut yang jumlah kasus Covid-19 nya naik terus; yaitu Brazil, Peru, dan Chile. Per kemarin, Chile punya 77.961 kasus dengan 806 orang meninggal. Sedangkan di Peru, jumlah kasus mencapai angka 129.751 dengan 3.788 jumlah kematian. Adapun yang paling parah adalah Brasil dengan total kasus 391.222 dan 24.512 jumlah kematian. Saat ini, Brasil adalah negara kedua dengan kasus Covid-19 terbanyak di dunia setelah Amerika Serikat.

OMG…
Yep, hal ini juga diperparah dengan banyaknya warga di wilayah tersebut yang berada di bawah garis kemiskinan hingga bikin physical distancing atau WFH is nearly impossible. Contohnya aja nih di Peru, cuma 49 persen populasinya yang punya kulkas, jadi mereka harus tetep bolak-balik ke pasar buat belanja. Di Chile, warga yang kehilangan penghasilan dan kekurangan sembako juga menggelar demo di ibu kota Santiago hingga bikin risiko pencegahan Covid-19 lebih besar. And Brazil… Good Lord, Brazil…

Hah, Brasil kenapa?
Sebagai negara dengan kasus Covid-19 terbanyak di Latin Amerika, kepemimpinan Presiden Brasil Jair Bolsonaro menuai kritikan pedas karena dinilai menganggap enteng pandemi Covid-19. Bolsonaro menolak kebijakan WFH dan bilang bahwa Covid ini cuma “little flu” aja. Sikap Bolsonaro ini bikin kondisi di Brasil memburuk, khususnya buat para masyarakat adat yang tinggal di pedalaman Amazon karena akses kesehatan mereka kurang banget.

🙁 anything else?
Atas kondisi ini, Amerika Serikat udah memberlakukan ‘travel ban aka larangan masuk bagi pengunjung yang mau masuk ke AS dari Brasil. Menanggapi kebijakan ini, pihak Brasil sans aja dan bilang bahwa nggak ada yang spesifik dari keputusan tersebut.

Baiklah..