Bandara Tersibuk

65

What’s the busiest airport in the world right now?

Gambar: gannett-cdn.com

Bukan Soetta. Bukan JFK. Bukan Changi. Ayo tebak apaaa?

Incheon? Narita? Kertajati?
HAHAHA good guesses tapi bukan juga. Meet: Anchorage International Airport yang berlokasi di Alaska.

Eh?
Iya. Jadi bandara Anchorage yang terletak antara Tokyo dan New York ini pada minggu lalu baru aja dinobatkan oleh Airport’s Council International sebagai bandara paling sibuk di dunia.

Whooa kok bisa?
Bisa donk, namanya juga Covid-19. Jadi secara penerbangan di seluruh dunia menurun drastis atau bahkan berhenti sementara, di bandara ini angka penerbangan naik pesat… at least tiap Sabtu. Hal ini karena meningkatnya penerbangan kargo antara Amerika Serikat dan Jepang.

Tell me more…
Jadi emang Covid-19 ini menyebabkan penurunan pesawat penumpang hingga lebih dari 90 persen di seluruh dunia. In contrast, penerbangan kargo justru meningkat tajam karena banyaknya kegiatan pengiriman barang, khususnya alat-alat medis. Nah, sebagai bandara kargo, Anchorage ini sebelumnya merupakan bandara kargo tersibuk kelima di dunia, namun in a Covid world, karena penerbangan penumpang banyak yang cancel, maka ranking bandara Anchorage naik ke posisi pertama.

Whoaaa massive.
True. Jadi menurut manajer bandara Anchorage, Jim Szczeniak (siapanya Wojciech Szczęsny, Kak?), telah terjadi peningkatan jumlah penerbangan kargo hingga 744 penerbangan di bandara Anchorage pada 2 Mei lalu. Angka ini mengalahkan bandara Chicago yang jumlah penerbangannya 579, dan juga Atlanta dengan 529 penerbangan.

I see, anything else?
Jadi untuk menghindari penularan Covid-19 di Alaska, para kru pesawat yang bertugas di Anchorage diharuskan naik kendaraan pribadi dari hotel langsung ke pesawat. Hal ini dilakukan untuk menghindari interaksi langsung antara kru pesawat dengan kru darat aka ground crew.