45 tahun ke Bawah Boleh Kerja

87

For when you’ve been missing your 9-to-5 routine…

Gambar: cnnindonesia.com

Udah kangen ngantor banget? Well, your wish is granted karena rencananya, pemerintah bakal membolehkan orang berusia di bawah 45 tahun untuk ngantor lagi.

Seriously?!
Yep! Hal itu disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Pak Doni Monardo, kemarin. Pak Doni bilang, keputusan ini diambil berdasarkan aturan Kemenkes soal PSBB. Selain itu, cuma ada 11 sektor yang boleh melakukan kebijakan ini.

Which are…

  • pertahanan dan keamanan
  • ketertiban umum
  • kebutuhan pangan
  • bahan bakar minyak dan gas
  • pelayanan kesehatan
  • perekonomian
  • keuangan
  • komunikasi
  • industri
  • ekspor dan impor
  • distribusi
  • logistik, dan
  • kebutuhan dasar lainnya

So wait, alesannya apa kok udah dibolehin ngantor lagi?
Kata Pak Doni sih, strategi ini diambil untuk menghindari Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang marak belakangan ini. Menurut beliau, kelompok usia di bawah 45 tahun nggak rentan kena corona, jadi risikonya lebih rendah dibanding orang tua di atas 45 tahun. Selain itu, Jubir Presiden soal corona, Achmad Yurianto, juga bilang bahwa masyarakat di bawah usia 45 tahun adalah tenaga-tenaga produktif yang dinilai memiliki imunitas tinggi.

Oh gitu, emang banyak yang di-PHK ya?
Yes. Jadi menurut Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), ada sekitar 2 juta sampai 3,7 juta orang yang kena PHK atau dirumahkan sejak kasus corona muncul di Indonesia. Data ini beda-beda antar kementerian (We’d be surprised if it’s not!). Kalau menurut Kementerian Ketenagakerjaan, ada 1,7 juta orang yang kena PHK. Terus, menurut versi Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Indonesia, total orang yang di-PHK bahkan mencapai 6 juta orang.

Whooaa… Did anyone have a comment on this?
Of course, the doctors. Menurut Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Professor Zubairi Djoerban, kebijakan yang ngebolehin warga dengan usia di bawah 45 tahun untuk kembali bekerja malah bakal bikin lebih banyak lagi orang yang terinfeksi Covid-19.

Karena…
Ya, karena emang sih, daya tahan tubuh orang muda lebih kuat dibanding yang tua, tapi tetap bisa terinfeksi.  Kalau orang tua, biasanya Covid-19 nyerang saluran pernapasan, sedangkan kelompok muda biasanya arahnya ke stroke. Hal ini juga disampaikan oleh Sekretaris Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Paru Indonesia (PDPI), Erlang Samoedro. Menurutnya, sebaiknya nggak usah buru-buru meringankan kebijakan PSBB ini

Well, why don’t we just see the data?
OK! Jadi kalo ngeliat data dari gugus tugas percepatan penanganan Covid-19, kelompok usia 31-45 tahun justru adalah kelompok usia paling banyak kedua yang terinfeksi corona. Emang di tingkat pertama adalah usia 46-59 tahun, namun angka ini disusul oleh usia 31-45 tahun dengan jumlah positif 4.123 orang. Sedangkan kelompok umur 18-30 tahun, ada sebanyak 2.696 orang yang positif corona. Artinya, setengah dari total kasus positif di Indonesia adalah orang di bawah 45 tahun.