Wakil Menteri Kesehatan Malaysia Didenda

62

For when you wish no one tagged you on Facebook…

Gambar: straitstimes.com

Wakil Menteri Kesehatan Malaysia can relate.

What about it?
Yep, jadi Wamenkes Malaysia, namanya Noor Azmi Ghazali, pada Selasa lalu baru aja kena denda sebesar RM1.000 (Rp3,5 juta). Hal ini gara-gara beliau tertangkap kamera melanggar aturan Movement of Control Order (MCO) aka lockdown di Malaysia.

Wah kok bisa?
Facebook, Facebook. Jadi ceritanya, Pak Wamen ini dilaporkan ke otoritas berwajib setelah meng-upload foto lagi makan bareng-bareng di acara tahfidz di daerah Lenggong, Perak, pada 18 April kemarin ke akun Facebooknya. Sejak foto tersebut di-upload, Noor kemudian menerima banyak kritik dari masyarakat hingga akhirnya foto tersebut dihapus. Selain Noor, ada juga 14 orang anggota rombongannya yang kena denda.

Tell me more…
Jadi awalnya, wamenkes dan rombongannya ini berkunjung ke daerah Lenggong untuk tujuan sosial dan nge-check Klinik Kesehatan di sana. Abis itu, beliau kemudian menghadiri acara tahfidz yang juga dibarengi acara makan bersama. Nah, acara makan bersamanya inilah yang kemudian jadi prahara. FYI gengs, hukuman untuk pelanggaran ini adalah kalo nggak bisa bayar denda, maka pelanggar harus dipenjara selama satu bulan.

So Malaysia actually enforces the rule?
Yep, nggak kayak di …. (isi sendiri wqwqwq). Bahkan menurut laporan, ditemukan bahwa jumlah orang yang dihukum karena melanggar MCO lebih banyak 4 kali lipat dibanding jumlah masyarakat yang kena Covid-19 di Malaysia. Selain Pak Wamenkes, banyak juga politisi Malaysia yang udah dilaporin karena melanggar aturan MCO. Contohnya, Deputy Rural Development Minister Abdul Rahman Mohamad, yang juga dilaporin gara-gara ngadain perayaan ulang tahun di awal April kemarin. Foto-fotonya of course went viral on social media, and the trouble began.

Anything else?
Yha, Pak Noor kemudian minta maaf atas pelanggaran yang dia lakukan, dan bakal berusaha lebih baik supaya nggak ngelanggar aturan yang sudah ada. FYI again, sampe saat ini, Malaysia has 5.820 corona cases, with 99 deaths. Selain itu, kebijakan MCO di Malaysia sendiri udah dimulai sejak 15 Maret dan diperpanjang sampai 12 Mei.