Wagub DKI Jakarta

80

Who’s not single anymore?

Gambar: detik.com

Definitely not me. Thanks for asking ūüėõ
LOL. Nope, we’re talking about¬†Gubernur DKI Jakarta, Pak Anies Baswedan, yang setelah belasan purnama lamanya, akhirnya dapet pendamping juga.

Wah siapa??
None other than Pak Ahmad Riza Patria dari partai Gerindra. Beliau adalah Ketua DPP Partai Gerindra dan juga salah satu juru bicara (jubir) resmi partai tersebut. Pak Riza juga pernah jadi anggota DPR RI pada periode 2014-2019, waktu itu beliau menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI. Terus, tahun lalu terpilih lagi jadi anggota DPR-RI periode 2019-2024 mewakili dapil Jawa Barat 3 (Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor). Sebelum jadi anggota DPR, beliau pernah jadi anggota KPUD DKI Jakarta tahun 2003-2008.

Btw, terpilihnya gimana?
Jadi,¬†pemilihannya dilakukan pada Senin siang kemarin dalam Rapat Paripurna¬†DPRD DKI¬†Jakarta. Awalnya ada dua calon wagub, ¬†Ahmad Riza Patria (Gerindra) dan Nurmansjah Lubis (PKS). Terus, 100 anggota DPRD DKI Jakarta masing-masing punya hak untuk milih pilihan mereka masing-masing.¬†And…¬†menurut Ketua Panlih Wagub DKI, Farazandi Fidinansyah, Pak Riza dapet 81 suara dari total 100 suara, sedangkan Pak Nurmansjah dapet 17 suara, dan ada dua suara yang gak sah.

Terus, terus?
Well… obviously¬†secara dapet suara terbanyak, beliau lah¬†yang terpilih jadi Wagub DKI Jakarta.¬†The next step is that¬†DPRD DKI Jakarta harus ngelaporin hasilnya ke Kementerian Dalam Negeri untuk kemudian dilantik secara resmi.