Virtual Earth Day

92

For when you’re looking for something to celebrate this week…

Gambar: unsplash.com

Put it in your calendar: Earth day. Rabu, 22 April, mendatang.

Wait, what is that?
Well, sama kayak namanya, Earth Day alias Hari Bumi ini adalah hari yang dirayakan warga di seluruh dunia untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Meski dirayakan pada 22 April setiap tahunnya, namun rangkaian perayaannya dilakukan beberapa hari sebelum tanggal tersebut dengan berbagai aksi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kelestarian lingkungan.

OK. Tell me more about it.
Jadi, peringatan Earth Day itu dimulai di Amerika Serikat untuk meningkatkan kesadaran publik atas kelestarian lingkungan. Peringatan ini pertama kali dilakukan pada 1970 lalu, ketika jutaan warga turun ke jalan untuk melakukan aksi terkait isu lingkungan.

And they still do it ‘till now?
Yep, though not exactly the same for this year because of… corona. So, since most of us are under quarantine these days, nama Earth Day tahun ini bukan cuma Earth Day doang, tapi ada kepanjangannya, yaitu “Earth Day at Home”. Aksinya pun diganti menjadi aksi ngegambar atau warnain foto yang bisa di-download here. Selain itu, kamu juga bikin semacam prakarya dari bahan-bahan bekas yang ada di rumah masing-masing untuk menyampaikan pesan terkait lingkungan. Menurut pimpinan Earth Day Network, Kathleen Rogers, gara-gara corona, tahun ini Earth Day-nya jadi the first ever digital Earth Day, karena kampanye lingkungan bakal dilakukan secara online.

Tell me more. 
Well, Kathleen menyebut bahwa sebenernya rangkaian kegiatan untuk ngerayain Earth Day tahun ini udah diadain sejak Januari kemarin, salah satunya melalui inisiatif Great Global Cleanups. Rencana awalnya, kegiatan Great Global Cleanups ini bakal diikuti oleh lebih dari sekitar 400 juta orang, termasuk acara dengan 29.000 volunteers di Paris. Namun karena corona, semua kegiatan dialihkan ke online.

Olrite. Anything else I should know?
Yep, as you all know, seiring dengan makin banyaknya yang tinggal #dirumahaja, kondisi bumi pun berangsur-angsur membaik. Hal ini terlihat dari udara yang makin bersih, hewan liar yang bermunculan, hingga konsumsi batu bara yang menurun drastis. Dengan turunnya konsumsi ini, maka pembakaran batu bara juga berkurang, dan hasilnya, efek gas rumah kaca juga akan makin berkurang.

When we finally give Earth Day more meanings…