Update COVID-19 per tanggal 6 April 2020: Indonesia dan Dunia

116

Monday is for corona updates…

Gambar: kompas.com

Yep, tell me, tell me!
You got it. First stop… home. 

  • Jadi update terbaru kemarin, pemerintah Indonesia mengumumkan total kasus positif corona di Indonesia udah mencapai 2.273 kasus, dengan 198 orang meninggal, dan 164 orang sembuh.
  • Sad news from our frontline heroes… 🙁 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyebutkan, sejauh ini udah ada 18 orang dokter di Indonesia yang meninggal karena terjangkit corona.
  • Kemarin, pemerintah baru aja ngeluarin kebijakan baru yang mengharuskan seluruh masyarakat Indonesia untuk pake masker ketika terpaksa berkegiatan di luar rumah. Hal ini sesuai sama rekomendasi World Health Organization (WHO) untuk mencegah corona.
  • Ada beberapa standar masker yang bisa dipake, yaitu untuk masayakat umum boleh pake masker dari bahan kain, sedangkan untuk tenaga kesehatan wajib pake masker bedah atau masker N95. Adapun untuk jangka waktu pemakaiannya, pemerintah nganjurin bahwa untuk penggunaan masker kain, maka maksimal pemakaian adalah empat jam. Setelah itu, masker bisa dicuci dan digunakan kembali.
  • Selain pake masker, pemerintah tetap nganjurin untuk jaga jarak, cuci tangan pake sabun dan air mengalir, dan nggak keluar rumah kalau nggak ada keperluan penting.
  • Kemarin, pemerintah juga menyampaikan bahwa mereka baru aja menerima dana sumbangan sebesar Rp82,5 miliar dari masyarakat yang rencananya akan digunakan untuk menangani wabah corona di tanah air.

Also, on economy…

  • Sebagai efek dari penyebaran virus corona di Jakarta, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi DKI Jakarta bilang bahwa udah ada 30.137 pekerja yang di-PHK dan 132.279 pekerja yang dirumahkan.
  • Sedangkan di Jawa Barat, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi juga menyebut bahwa saat ini, udah ada 43.000 pekerja di 502 perusahaan skala kecil hingga besar yang dirumahkan atau di-PHK.
  • Begitu juga dengan provinsi Jawa Tengah yang melaporkan bahwa tercatat sudah ada 2.869 buruh yang di-PHK dan 454 dirumahkan tanpa upah.
  • Sedangkan di Jawa Timur, ada 6.111 pekerja yang dirumahkan dan 852 pekerja yang di-PHK.

And globally…

  • Per kemarin, angka positif corona secara global sudah menembus angka 1.226.644 orang di seluruh dunia, dengan kasus tertingginya ada di Amerika Serikat dengan total kasus 312.245.
  • Di Filipina, ada pria berusia 68 tahun yang ditembak mati gara-gara nolak pake masker dan ngancem pengurus desa dan polisi setempat pake sabit. Jadi emang baru-baru ini, Presiden Filipina Rodrigo Duterte memerintahkan satuan polisi dan militernya untuk nembak siapapun yang melanggar hukum di masa pandemi. Tsk tsk tsk…
  • Kemarin, Belanda mengalami penurunan angka kematian akibat coronavirus yang sangat signifikan. Jadi kemarin itu, angka kematiannya adalah 115 orang, hal ini menurun jauh dibanding hari sebelumnya yang menyentuh angka kematian sebanyak 164 orang dalam satu hari.
  • Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez pada minggu lalu menulis untuk 10 media besar di Eropa terkait tantangan yang dihadapi Uni Eropa terkait wabah coronavirus ini. Menurutnya, wabah corona menjadi cobaan yang berat untuk solidaritas Uni Eropa sebagai institusi multi-negara. Ia juga menyebut bahwa untuk membangun kembali ekonomi negara-negara Uni Eropa, maka dibutuhkan kerjasama yang kuat dan didukung penuh oleh warganya.
  • Dalam keterangannya kemarin, China juga menyatakan bahwa negaranya tidak akan membatasi kuota ekspor alat-alat kesehatan untuk dikirim ke negara lain. China menyebut, seiring dengan semakin berkurangnya kasus baru di dalam negeri, maka Negeri Tirai Bambu itu berkomitmen untuk membantu negara-negara lain yang masih berjuang menghadapi corona.

Repeat after us: This, too, shall pass…