Transportasi Udara ditutup

102

For when all flights are cancelled…

Gambar: detik.com

Like, legit, they’re all canceled.
Karena per hari ini, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan udah resmi menutup sementara semua penerbangan, dalam dan luar negeri, charter, maupun komersial, sampe 1 Juni mendatang.

Whaaaaat?
Yep. Jadi dalam keterangannya kepada media kemarin, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto bilang bahwa menyusul aturan larangan mudik yang diumumkan Pak Jokowi pada Rabu lalu, maka seluruh moda transportasi dihentikan sementara.

Whoaa… all flights, really?
Well, 
ada sih beberapa pengecualian untuk kargo, kayak kargo khusus medis, sanitasi, dan logistik yang relevan. Selain itu penerbangan untuk pimpinan lembaga negara, tamu, dan wakil negara dari organisasi internasional juga masih boleh terbang.

Now I’m officially bakal celebrating Lebaran di kosan…
We’re really sorry to hear that 🙁 Jadi emang larangan ini mencakup seluruh moda transportasi massal. Tujuannya, of course untuk menghindari penyebaran Covid-19 ke daerah. Terkait larangan ini, Kemenhub menyebut bahwa untuk kendaraan bermotor, maka larangannya adalah hingga 31 Mei, lalu transportasi laut hingga 8 Juni, kereta api hingga 15 Juni, dan pesawat hingga 1 Juni.

But, I’ve bought my tickets…
Don’t worry, karena kalo kamu udah punya tiket, kamu bisa refund ke masing-masing maskapai kok. Tapi, maskapai nggak diwajibkan untuk mengembalikan dalam bentuk uang tunai, kata Bu Novie. Jadi ya ujung-ujungnya ganti jadwal aja atau ganti rute ketika udah boleh terbang lagi. Atau maskapai juga boleh ngasih voucher tiket senilai sama tiket yang kita udah beli, dan voucher-nya bisa dipake minimal satu tahun dan diperpanjang satu kali ke depan.

Terus kalo masih ada yang ngotot pengen mudik?
Bakal ada sanksinya gengs. Jadi kata Menteri Perhubungan Ad Interim Luhut Pandjaitan, mulai 7 Mei nanti akan ada sanksi bagi masyarakat yang tetap mudik. Opung Luhut bilang, sanksinya ini bakal diterapkan secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut.