Topan Harold di Pasifik

70

Barely infected by the coronavirus, this region was hit by a deadly cyclone…

Gambar: npr.org

Jadi Senin lalu, Negara Kepulauan Vanuatu baru aja diterjang angin topan yang namanya Topan Harold.

Give me some short geography lesson…
You got it! Jadi Vanuatu ini terdiri dari 83 pulau dan terletak di kawasan Pasifik. Nah, meskipun Vanuatu ini sering kena angin topan, tapi kali ini topannya parah banget, karena kecepatan anginnya mencapai 165 mph. Topan ini juga masuk ke kategori 5, which means kategori badai tertinggi dalam skala Saffir-Simpson.

Any casualties?
So far, nggak ada korban jiwa yang dilaporkan, tapi setidaknya kerusakan dari angin topan itu diperkirakan mencapai US$380 juta.

I see, terus negara sekitarnya kena juga gak?
Sadly, yes. Sebelum menerjang Vanuatu, Topan Harold juga udah lewat ke Kepulauan Solomon sehari sebelumnya dan menyebabkan jatuhnya korban jiwa sebanyak 27 orang. Selain itu, update terbaru menyatakan bahwa Kepulauan Fiji juga terdampak, khususnya pulau utamanya, yaitu pulau Viti Levu. Belum ada korban yang dilaporkan, tapi ada 10 rumah warga yang hancur.

Well, did their governments say anything?
Yep. Saat ini, negara-negara pasifik ini juga tengah dalam kondisi tanggap darurat dalam menghadapi virus corona dan kebanyakan dari mereka telah menerapkan kebijakan physical distancing. Namun dengan adanya Harold Cyclone ini, para pemerintah tadi jadi harus menyesuaikan tindakannya sesuai keadaan.

Like what?
Like, kalo di Kepulauan Fiji, Perdana Menteri Frank Bainimarama minta warganya untuk tetap di rumah aja, kecuali mereka harus dievakuasi karena topan. On the other hand, pemerintah Vanuatu batalin sementara physical distancing untuk mastiin keselamatan para penduduk yang mengungsi.