Tempat Wisata China Penuh

103

Where would you go after the quarantine?

Gambar: cnn.com

Probably the beach. Why?
Well, as you know
, setelah beberapa bulan lamanya China ter-lockdown dan akhirnya sekarang udah gak di-lockdown lagi, well… guess what? Weekend kemarin, tempat-tempat wisatanya langsung penuh dengan ribuan pengunjung even though masih ada warning dari pemerintah tentang wabah virus corona.

Really…?
Yep. Last Saturda
y aja, di provinsi Anhui, khususnya di Huangshan Mountain Park, udah ada 20.000 pengunjung sebelum jam 8 pagi! Jadi, pihak tamannya sampe harus bikin pengumuman kalau kapasitas tamannya udah penuh dan gak muat lagi untuk pengunjung lain. Di Shanghai, Bund Waterfront-nya juga udah rame lagi sama pengunjung. Restoran-restoran di sana juga udah mulai buka dan butuh reservasi untuk makan di sana.

Whoaa segitunya… Emang berapa lama sih mereka di-lockdown?
Lama ugha. Warga China di-lockdown for almost lebih dari empat bulan! Kebayang dong ya, how desperate they were for some fresh air! Anyway, so far, China punya total kasus corona sebanyak 82.641 kasus dan 3.335 kematian. Senin kemarin, mereka masih ngelaporin ada 39 kasus baru, tapi rata-rata imported cases.

I see… Jadi mereka udah bisa jalan-jalan walaupun masih ada kasus baru?
Iya. But, setelah foto-foto turisnya kesebar di internet, ada peringatan di korannya pemerintah, The People’s Daily, untuk gak ngumpul-ngumpul lagi. Menurut Zeng Guang, Chief of the Chinese Center for Disease Control and Prevention, China belum tau kapan “akhir” dari epidemik ini, tapi baru masuk ke tahap baru. Seorang ahli dari Hong Kong, Yuen Kwok-yung, juga bilang kalau kemungkinan bakal ada “a new wave” dari kasus-kasus di China, which refers to kasus-kasus yang diimpor dari Eropa dan Amerika.

Anything else I should know?
Para ahli juga pada khawatir tentang kasus-kasus corona yang diimpor, sekaligus kasus OTG (orang tanpa gejala) yang mungkin bakal nyebar tanpa diketahui. Di Hong Kong aja, dalam waktu dua pekan, infeksi dari imported cases naik, dari 317 jadi 900 kasus. Intinya ya harus tetap waspada aja ‘cause corona is not over yet.