PSBB diperpanjang

75

What’s having an extension?

Gambar: liputan6.com

Definitely not my eyelashes (though I need it. BADLY).
Can relate. But we’re actually going to talk about PSBB aka Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Heard about it. Any updates?
Yep. Jadi kamu inget kan, bahwa sekitar dua minggu lalu, berbagai daerah di Jawa Barat kayak Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bekasi menerapkan aturan PSBB selama dua minggu untuk menghambat penyebaran virus Covid-19 di daerah-daerah tersebut? Nah kemarin, Gubernur Jawa Barat Kang Ridwan Kamil mengumumkan bahwa kebijakan PSBB akan diperpanjang di daerah-daerah tadi, for another two weeks.

For real?
Iya. Jadi kata Kang Emil dalam keterangannya di Bandung kemarin, sejak PSBB diterapkan pada 15 April lalu di Bodebek, terjadi penurunan tren persebaran penularan Covid-19 di tiga wilayah yakni Kota dan Kabupaten Bogor serta Kota Depok. Namun begitu, masih terdapat kenaikan kasus di Kota dan Kabupaten Bekasi, sehingga PSBB di Bodebek perlu diperpanjang lagi.

Terus, terus…
Well, memasuki PSBB tahap dua ini, para kepala daerah di lima kabupaten/kota tadi meminta pemerintah pusat untuk menghentikan operasi kereta commuterline aka KRL. Hal ini karena KRL dinilai sebagai salah satu tempat penyebaran virus Covid-19. Selain itu, Bupati Bogor Ade Yasin juga menyebut bahwa PSBB tahap awal kemaren  kurang maksimal, karena masih banyak aturan yang nggak harmonis antara kementerian dan pemerintah daerah.

Olrite. Anything else I should know?
Di Jawa Barat sendiri, angka pasien yang sembuh dari Covid-19 terus meningkat. Adapun berdasarkan data yang diperoleh dari Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jabar (Pikobar) kemarin, diketahui bahwa jumlah pasien sembuh adalah 93 orang, naik dari sebelumnya yang berjumlah 87 pasien.