Presiden Brazil diinvestigasi

92

Who’s making the headlines in Brazil?

Gambar: cnn.com

O presidente, Jair Bolsonaro.

Not corona? 
Strange but, apparently, no. Jadi kemarin, Mahkamah Agung Brasil baru aja memberikan perintah bagi otoritas berwenang untuk melakukan investigasi terhadap presidennya sendiri, Jair Bolsonaro.

What, seriously? Why?
Jadi hal ini diputuskan sama hakim agung di Brasil, namanya Celso de Mello, atas dugaan adanya upaya intervensi yang dilakukan sama Bolsonaro terhadap penyidikan kepolisian yang tengah berlangsung.

Coba, coba tolong jelasin dari awal.
You got it. Jadi dalam beberapa bulan terakhir ini, anaknya Bolsonaro yang merupakan anggota DPR di Brasil lagi diinvestigasi atas dugaan kasus korupsi. Nah investigasi ini dilakukan oleh Kementerian Kehakiman di bawah menterinya yang juga mantan hakim, namanya Sergio Moro. Nah, minggu lalu, Moro menyatakan pengunduran dirinya dari kursi menteri kehakiman karena menyebut adanya tekanan dan campur tangan Bolsonaro atas kerja polisi yang lagi menginvestigasi anaknya. Yhaa namanya lagi kerja direcokin gitu KZL kan…

Whoaaaa…
Yep, dan menanggapi hal ini, Bolsonaro udah bilang bahwa dirinya nggak bersalah, dan menyebut bahwa dirinya adalah korban politik, but the Supreme Court was like, “Well, let’s investigate, then…” 

So they actually investigated it?
Yep, kata Hakim Agung Brasil, nggak ada satupun warga Brasil yang berada di atas hukum. Pokoknya semua sama di mata hukum. Dalam keputusannya, hakim ngasih polisi waktu selama 60 hari untuk menginvestigasi Bolsonaro, dan kalo beliau terbukti melakukan tindakan kriminal, maka the next phase would be: Impeachment.

Whoaa… I’ve heard about that.
Yha memang, karena emang belakangan ini lagi banyak banget drama-drama antara Bolsonaro sama jajaran pemerintahannya sendiri di Brasil. Beberapa minggu kemarin, Bolsonaro juga baru aja memecat Menteri Kesehatannya, namanya Luiz Henrique Mandetta, karena keduanya nggak ketemu soal cara menghadapi Covid-19. Jadi Mandetta ini mendorong banget adanya kebijakan social distancing dan rapid tests, sedangkan Bolsonaro cenderung untuk “downplaying” the Covid-19 pandemics. Dia bahkan pernah ikut warganya demo karena memprotes kebijakan lockdown. Kata Bolsonaro, “Covid-19 is just little flu.”