Petisi Mantan Menkes

82

What’s being talked about in social media lately?

Gambar: sayangi.com

This petition.

What about it?
Jadi gengs, belakangan ini rame di media sosial ngebahas soal mantan Menteri Kesehatan Ibu Siti Fadilah Supari yang dipenjara pada tahun 2017 lalu atas tuduhan penyalahgunaan wewenang dalam kegiatan pengadaan alat kesehatan guna mengantisipasi kejadian luar biasa (KLB) pada tahun 2005 lalu.

Wait, kejadian luar biasa apa?
For those of you who still remember, pada taun 2005 itu, Indonesia juga menghadapi pandemik yang gak kalah berbahaya dari Covid-19 sekarang ini; yaitu flu burung. Nah, pada saat itu Indonesia disebut sukses dalam mengendalikan flu burung karena angka kasusnya menurun dari tahun ke tahun. Di era itu, Menkesnya adalah Ibu Siti Fadilah ini.

Go on…
Nah Bu Siti kemudian dinilai banyak pihak mampu mengendalikan pandemik flu burung tadi dan juga flu babi yang muncul berikutnya pada taun 2009. Makanya nih sekarang ini, banyak netizen yang minta Bu Siti buat ikut turun juga dalam melawan virus corona.

Well, can’t she help out from behind the bar?
Bisa aja sih… sekarang beliau juga kerap memberikan instruksi terkait penanganan corona lewat relawan kesehatan yang tergabung dalam DKR (Dewan Kesehatan Rakyat). Namun menurut kelompok yang namanya Rakyat Indonesia Melawan Corona, Bu Siti sebaiknya dibebaskan aja, mengingat keahliannya yang udah terbukti dalam nanganin wabah flu burung dan flu babi. Mereka yakin, keahlian Bu Siti dapat membantu Indonesia dalam menghadapi pandemik corona saat ini.