Ngantri untuk Tahun Baru Thailand

762

For when you think that hoarding toilet paper is LOL enough…

Gambar: reuters.com

Thailand says: hold my booze.
Yep. 
Minggu lalu, pemerintah Thailand secara resmi melarang penjualan alkohol selama 10 hari sebagai upaya biar warganya nggak kumpul-kumpul demi menghindari penyebaran Covid-19. Kebijakan ini ditetapkan bersamaan dengan perayaan Tahun Baru Thailand yang dikenal juga dengan Songkran Festival yang jatuh pada hari ini. Untuk merayakan festival ini, warga biasanya minum-minum sambil main air, yang of course, a big no no karena nggak mempraktekkan physical distancing.

Nah, setelah pemerintah mengumumkan peraturan ini, warga Thailand kemudian banyak yang buru-buru nyetok minuman alkohol dan menyebabkan antrian panjang di toko-toko yang menjual minuman keras. Hal ini kemudian memunculkan spekulasi bahwa warga bakal tetap merayakan festival sonkran secara private, 

Advertisement
dan nggak mau kecolongan, pemerintah langsung mengingatkan warganya bahwa acara kumpul-kumpul, walaupun yang dateng cuma dikit, tetep dilarang. Pemerintah juga menegaskan bahwa bakal ada konsekuensi hukum mulai dari denda sampe penjara kalo warganya ada yang ketauan melanggar aturan ini.

Advertisement