KTT ASEAN Online

71

For when ASEAN countries are meeting virtually for the first time…

Gambar: cnbcindonesia.com

Yep. Selasa kemarin, 10 negara anggota ASEAN (Association of Southeast Asia Nationslogged in to their Zoom accounts to hold a virtual conference.

Whoaaa, I am sure they talked about corona.
100% right. Jadi dalam konferensinya itu, para kepala negara dari ASEAN membahas soal upaya bersama ASEAN dalam menangani virus corona dan juga bagaimana para negara bisa bekerjasama khususnya dalam bidang sosial ekonomi.

Go on…
Dalam virtual conference tersebut, para kepala negara udah setuju untuk membentuk ASEAN Covid-19 Response Fund yang merupakan dana alokasi khusus dari negara-negara anggota untuk menanggulangi corona di kawasan Asia Tenggara.

OK. Tell me more.
Nah, menurut Menteri Luar Negeri Indonesia Bu Retno Marsudi, dana untuk Covid-19 ini bakal diambil dari anggaran kerjasama organisasi ASEAN sebesar 10%. Dana ini bakal direlokasi untuk nanganin corona di kawasan Asia Tenggara, seperti untuk beli APD dan berbagai kebutuhan lainnya yang dibutuhkan oleh negara-negara ASEAN.

Is everybody on board?
Yep, bahkan nggak cuma disepakati sama 10 negara anggota ASEAN, tapi juga sama negara-negara ASEAN+ yaitu Korea Selatan, China, dan Jepang. Rencananya, ketiga negara ini juga bakal ikut patungan dalam ASEAN Covid-19 Response Fund.

Jadi kerjasamanya soal dana aja nih?
Nggak juga. Para kepala negara juga udah menyetujui rencana untuk bikin prosedur protokol pelacakan dan investigasi bersama penyebaran corona. Kata Bu Retno, tujuan dari plan ini adalah untuk menyetop penyebaran corona secara lintas batas kawasan. Selain itu, sekitar 235 kegiatan pertemuan ASEAN juga bakal di-postpone atau di-cancel.