Kopi Sehat

92

For when you’ve been living by “but first, coffee” mantra…

Gambar: coffeesesh.com

Yep, we understand. You’ve been ignoring those health articles telling you to limit your coffee intake during fasting time. Fine. No judgement. But here’s how to make your coffee healthier: use filter.

Jadi dalam penelitian terbaru yang baru aja diterbitkan oleh European Journal of Preventive Cardiology, disebutkan bahwa cara menikmati kopi yang paling sehat adalah dengan cara memfilternya dengan filter kertas. Tau kan? itu lho, yang suka dipake di coffee shop-coffee shop dengan metode manual brewing. Nah, back to the research, yang menarik ternyata minum kopi yang udah difilter lebih sehat daripada nggak minum kopi sama sekali (whaaaat?).

Hal ini karena penelitian tersebut menemukan, minum kopi yang udah difilter bisa meningkatkan fokus, memperbaiki mood, dan bikin kita lebih semangat ketika berolahraga. Sebaliknya, minum kopi yang nggak difilter dulu (kayak french press atau kopi tubruk misalnya), berpotensi meningkatkan resiko gangguan jantung, karena emang bubuk kopi itu mengadung zat kimia yang namanya kafestol dan kahweol yang bisa meningkatkan kolestrol. Dengan difilter dulu, kandungan-kandungan kimia tadi nggak masuk ke minuman kamu.

Hasilnya? Berkurangnya resiko kematian akibat penyakit cardiovascular sebesar 12% pada cowok, dan berkurangnya resiko yang sama sebesar 20% terhadap cewek, dibandingkan dengan nggak minum kopi sama sekali.

Adding coffee filter to our “checkout abis gajian” list…