Kim-Jong-un Sakit

109

For when you miss out on a family event…

Gambar: cnnindonesia.com

We understand. Kadang, emang lebih enak ngumpet daripada ditanya “kapan nikah?” terus-terusan sama sodara yang cuma ketemu setahun sekali. But that’s not the case for pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.

Hah gimana maksudnya?
Iya… jadi Kim Jong-un ini tertangkap kamera nggak ikut menghadiri perayaan ulang tahun mendiang kakeknya, Kim II-sung yang digelar pada 15 April lalu. Nah, secara mendiang Kim Il-sung ini adalah pendiri Korea Utara, maka ulang tahunnya adalah hari nasional yang paling penting di sana, dan dalam hari peringatan itu, Kim Jong-un was nowhere to be seen…

Why?
Yha nggak tau, pastinya sih bukan karena males ditanya “kapan nikah?” kayak kamu, mehehehe. Menurut info dari intel Amerika Serikat, ketidakhadiran Kim Jong-un ini ada hubungannya dengan kondisi kesehatannya yang menurun. Laporan lain menyebutkan bahwa Jong-un abis menjalani prosedur operasi, dan saat ini tengah ada dalam kondisi yang “berbahaya.”

Whoaaa emang dia sakit apa?
Menurut media Korea Selatan, Daily NK, Jong-un mengalami gangguan jantung karena obesitas, kebanyakan ngerokok, dan kebanyakan kerja. Karena kondisi inilah, Jong-un katanya udah menjalani operasi pada 12 April lalu.

I see, and… ?
Setelah menjalani prosedur operasi itu, Jong-un saat ini tengah menjalani proses pemulihan di villanya yang terletak di Hyangsan County. Meski begitu, perlu kamu ingat bahwa semua ini masih spekulasi ya gengs, karena emang belum ada sumber resmi dari Korea Utara yang mau memberikan keterangan. Meski begitu, in general, Kim Jong-un memang diketahui punya masalah jantung karena obesitas dan kebiasaannya merokok.