Himalaya Terlihat di India

85

For when you’ve been seeing the Himalayas from the TV…

Gambar: dailymail.co.uk

Sekarang, kamu bisa melihat gunung Himalaya dengan mata telanjang, gengs. Tapi liatnya dari India. HEHEHE.

Apa sih… emang sebelumnya nggak bisa?
Iya, nggak bisa. Jadi minggu lalu, warga di wilayah utara India, namanya Punjab, dibikin menganga ketika mereka bisa melihat pegunungan Himalaya dengan mata telanjang dari kejauhan sekitar 200 kilometer. FYI, ini adalah pertama kalinya warga di Punjab bisa ngeliat Himalaya langsung dalam 30 tahun terakhir.

Kok bisa sebelumnya nggak keliatan?
Ya, apa lagi donk kalo bukan karena ketutupan polusi? Nah, setelah India memberlakukan national lockdown selama dua minggu terakhir ini, maka udara di negara tersebut berangsur-angsur menjadi bersih dan akhirnya, gunung Himalaya bisa keliatan dari jauh, deh.

Whoaa cool.
Right? Nah, terkait fenomena ini, warga pun langsung heboh dan… update status,

Uhm… ok… anything else?
Yep, jadi sejak di-lockdown dalam dua minggu terakhir ini, kualitas udara di India berangsur membaik. Padahal sebelumnya, India sering banget masuk ke daftar negara di dunia yang polusinya paling parah. Nah, dalam laporan terkait polusi ini, diketahui bahwa dalam minggu pertama lockdown, tercatat setidaknya ada 85 kota di seluruh India yang mengalami penurunan angka polusi secara signifikan.